Persepsi Akuntan Pendidik dan Akuntan Publik Terhadap Kualifikasi Entry Level Accountant
DOI:
https://doi.org/10.61179/ejba.v19i1.740Keywords:
Persepsi, Akuntan Pendidik, Akuntan Publik, Entry Level AccountantAbstract
Penelitian ini mengukur perbedaan persepsi antara akuntan pendidik dan akuntan public di Surakarta terhadap kualifikasi entry level accountant yang diukur berdasarkan ketrampilan, karakteristik, pengetahuan dan kecerdasan emotional yang harus dimiliki oleh lulusan jurusan akuntansi. Penelitian menggunakan data primer dengan populasi para akuntan pendidik di Perguruan Tinggi Swasta dan para akuntan publik di Kantor Akuntan Publik di Surakarta. Pengambilan sampel menggunakan 2 tahap yaitu: Cluster Random Sampling dan Purposive Sampling. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas data dan uji hipotesis independent sample T-Test. Berdasarkan hasil dari hasil uji Independent Sample T-Test untuk pernyataan ketrampilan dan karakteristik tidak terdapat perbedaan persepsi yang signifikan antara akuntan pendidik dengan akuntan public. Kesimpulan selanjutnya menyatakan bahwa pengetahuan dan kecerdasan emotional terdapat perbedaan persepsi yang signifikan antara akuntan pendidik dan akuntan publik di Surakarta
References
Anthony Robert and Vijay Govindrajan. 2005. Managemen Control System. 11th Edition. Salemba Empat : Jakarta.
Bhuono Agung Nugroho, 2005. Strategi Jitu Memilih Metode Statistik Penelitian dengan SPSS. Andi : Yogyakarta.
Dunk, AS. 2000. The Effect of Budget Emphasis and Information Assymetry on Relation Between Budgetary Participation and Slack. The Accounting Reviews, Vol. 68 : 400 – 410.
Eka Yuliwarni, 2021, Pengaruh Kebiasaan Belajar Dan Disiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar Praktikum Akuntansi Perusahaan Jasa Dagang Siswa Kelas XI Akuntansi Di SMK Negri 48 Dan 50 Jakarta. Sarjana thesis, Universitas Negeri Jakarta.
Franciska Diva Setiani, Maria Rio Rita. 2021, Motivasi, Pemahaman Akuntansi Dan Minat Mahasiswa Untuk Mengikuti Sertifikasi Akuntan Profesional, SEGMEN Jurnal Manajemen dan Bisnis, Vol. 17 No. 1, P : 21 - 41
Gibson, Ivancevich, dan Donnelly. 2020. Organizations: behavior, structure, processes. Edisi 7. Erlangga : Jakarta.
Hernawati Pramesti. 2021. Akuntansi Manajemen. Graha Ilmu : Yogyakarta.
Hilton, Ronald, W. 1999. Manajerial Accounting. International Edition. Mc. Graw Hill Inc.
Imam Ghozali, 2021, Aplikasi Analisis Multivariata dengan Program SPSS 26, Edisi 10, Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.
Mulyadi dan Johny Setyawan. 2000. Sistem Perencanaan dan Pengendalian Manajemen. Cetakan Kedua. Aditya Media : Yogyakarta.
Nggermanto, A. 2015. Kecerdasan quantum: melejitkan IQ, EQ, dan SQ. Nuansa Cendikia.: Bandung.
Purwita Ayu, Kusumawardani. 2005. Pengaruh Informasi Asimetri, Komitmen Organisasi dan Partisipasi Anggaran terhadap Kecenderungan Bawahan untuk Menciptakan Senjangan Anggaran. Skripsi FE UNS. Tidak Dipublikasikan.
Rahmatullaili Ramadhani. 2021. Motivasi Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Dan Lingkungan. Jurnal Akuntansi Kompetitif. Vol. 4. No. 2. P : 105 - 117
Robbins, 2001. Perilaku Organisasi. Edisi Indonesia. Jilid 1. Prehalindo : Jakarta.
Setyaningsih, 2005. Hubungan tingkat intelegensi dengan prestasi belajar fisika pada siswa kelas II di SMU Negeri I Karanganyar tahun pelajaran 2003/2004. Skripsi FE UNS. Tidak Dipublikasikan.
Supriyono. 2004. Pengaruh Komitmen Organisasi dan Keinginan Sosial terhadap Hubungan antara Partisipasi Penganggaran dan Kinerja Manajer. The Accounting Reviews. Vol. II. No. 2 P. : 89 – 106.
Tim Penyusun Kamus Pusat Penelitian dan Pengembangan Bahasa. 2021. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Edisi Kelima. Balai Pustaka : Jakarta.
Yarnest. 2003. Paduan Aplikasi Statistik. Dioma : Malang.
Young, SM. 2000. Participate Budgeting : The Effect of Risk Aversion and Asymetric Information on Budgetary Slack. Jurnal of Accounting, Vol. II. P : 86 – 101.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Hernawati Pramesti, Endang Satyawati, Jules Pradana

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.