Pengaruh Komunikasi Pemasaran Terpadu dan Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening dalam Berbelanja Online di Yogyakarta
DOI:
https://doi.org/10.61179/ejba.v19i1.735Keywords:
Integrated Marketing Communication,, Brand Equity, Purchase Decision, Purchase SatisfactionAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis pengaruh komunikasi pemasaran terpadu dan ekuitas merek terhadap keputusan pembelian dengan kepuasan pelanggan sebagai variabel intervening dalam berbelanja online di Yogyakarta. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan berbagai alat penelitian yaitu analisis persentase, uji asumsi klasik, analis regresi sederhana, analisis regresi linier berganda dan P-value untuk mencari variabel mana yang lebih dominan analisis jalur untuk mengetahui sebab akibat yang terjadi, dengan tujuan menerangkan akibat langsung dan akibat tidak langsung seperangkat variabel, sebagai variabel penyebab terhadap variabel lainya yang mereupakan variabel akibat. Profil responden dalam berbelanja online Lazada di Yogyakarta berdasarkan hasil analisis persentase adalah jenis kelamin didominasi oleh perempuan, sebesar 84 orang 84% berdasarkan tingkat usia didominasi oleh 17-25 tahun, sebesar 38 orang 38% berdasarkan tingkat pendidikan didominasii oleh tamat Sarjana sebesar 43 orang 43% berdasarakan pekerjaan didominasi oleh Wiraswasta sebesar 30 orang 30% dan berdasarkan tingkat pendapatan/penghasilan didominasi oleh ?Rp 2.000.000 sebesar 33 orang 33%.Berdasarkan analisis regresi sederhana menunjukan bahwa variabel IMC berpengaruh tehadap keputusan pembelian dengan hasil uji t 3,470 > t tabel 1.66105 variabel ekuitas merek berpengaruh terhadap keputusan pembelian dengan hasil uji t 4,486 > t tabel 1.66105 variabel keputusan pembelian berpengaruh tehadap kepuasan pelanggan dengan hasil uji t 5,220 > t tabel 1.66105 variabel IMC tidak berpengaruh tehadap kepuasan pelanggan dengan hasil uji t 4,047 > t tabel 1.66105 variabel ekuitas merek tidak berpengaruh tehadap kepuasan pelanggan dengan hasil uji t 4,509 > t tabel 1.66105 variabel IMC tidak berpengaruh tehadap kepuasan pelanggan melalui keputusan pembelian sebagi variabel intervening dengan hasil uji t 1,950 > t tabel 1.66105 variabel ekuitas merek berpengaruh tehadap kepuasan pelanggan melalui keputusan pembelian sebagai variabel intervening dengan hasil uji t 2,854 > t tabel 1.66105 jadi dapat dikatan bahwa variabel IMC, ekuitas, tehadapa keputusan pembelian, dengan kepuasan pelangan sebagai variabel intervening, berpengaruh signifikan dalam berbelanja online di Lazada di Yogyakarta.
References
Atimi,R.L., & Partama, E. E. (2022). Implementasi Model Klasifakasi Sentimen Pada Reviwe Produk Lazada Indonesia. Jurnal sains dan Imformatika, 8(1), 88-96.
Artono, A., & Wahyono, W. (2015). Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Terhadap Kepuasan Konsumen melalui Kepuasan Pembelian sebagai Variabel Intervening. Management Analysis Jurnal, 4(2)
Arief, A. S., Pulung, D. R., Warella, S. Y., Simanjuntak, M., Sahir, S. H., Hutabarat, M. L. P & Purba, B. (2021). Metologi Riset Pemasaran. Yayasan Kita Menulis. Me
Asih, A. T., Zulkarnain, Z., & Alwie, A. F. (2017). Pengaruh komunikasi pemasaran terpadu terhadap ekuitas merek dan keputusan pembelian (studi pada hotel swiss-belinn ska pekanbaru). Jurnal Tepak Manajemen Bisnis, 10(1), 1-24.
Bakti, U. (2020). Pegaruh Kualitas Pelayanan, Produk dan Harga Terhadap Minat Beli Pada Toko Online Lazada Bandar Lampung. Jurnal Ekonomi, 22(1), 101-118.
Bulandari, D., & Manalu, S. R. (2020). Pengaruh presepsi komunikasi pemasaran terpadu terhadap keputusan pembelian konsumen kurogi. Interaksi Onlinesia, 8(2), 75-94
.
Budiono, A. (2020). Pengaruh kualitas pelayanan, hara, promosi, dan citra nerek terhadap keputusan pelanggan melalui keputusan pembelian. Equilibrium: urnal Penelitian Pendidikan dan Ekonomi, 17(02), 1-15.
Budhi, G. S. (2016). Analisis Sistem E-Commerce Pada Perusahan Jual-Beli Online Lazada Indonesia. Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education), 1(2), 78-83.
Densa, E. P . B ., & Nurnida, I. (2016). Pegaruh komunikasi pemasaran terhadap keputusan pembelian CD kt48 di Bandung. eProceedings of Management,
Digdowiseiso, K. (2017). Metologi Penelitian Ekonomi dan Bisnis
Ervana, R. S. (2020). Pengaruh ekuitas merek dan kesukaan merek terhadap minat beli ulang dengan kepuasan sebagai variabel intervening pada konsumen shopie martin (Doctoral dissertation, IAIN Pekalongan).
Firmansyah, A. (2020). Komunikasi Pemasaran.. Pasuruan: Qiara Media
Harahap, D. A. (2018). Perilaku belanja online di Indonesia: Studi kasus. JRMSI-Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia, 9(2), 193-213
.
Ismail, M,, q Murnisari, R, (2017). Analisis Afektivitas Strategi Interated Marketing Communication guna Meningkatkan kepuasan konsumen CV Barisan Nyawiji Meubel Malang. Jurnal Penelitian Manajmen Terapan (PENATARAN), 2(1). 93-106.
Indiani, N. L. P. (2022). Peran lokasi, variasi produk, dan ekuitas merek terhadap keputusan pembelian konsumen. Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Bisnis, 7(2), 158-165.
Kolter, Philip & Kevin Lane Keller. (2008).Manajmen pemasaran, Edisi 12 Jililid 2. Jakarta. Kotler, Philip & Kevin Lane Keller. (2010) Manajmen Pemasaran. Edis 13 Jilitd 1 . Jakarta.
Kotler, Philip & Kevin Lane Keller. (2009) Prisip-prisip Pemasaran, Edisi 12. Jakkarta : Erlangga
Kusniadji, S. (2016). Strategi Komunikasi Pemasaran dalam Kegiatan Pemasaran Produk Consumer Goods (Studi kasus Pada PT Expand Berlian Mulia Di Semarang. Jurnal Komunikasi, 8(1), 83-98.
Kartika Sari, (2014). Pengaruh komunikasi pemasaran terpadu terhadap ekuitas merek.interaksi. Jurnal ilmu kmunikasi 3(2), 162-167
Lqbal, M., & Asniar, l. (2021). Pengaruh komunikasi pemasaran shopee terhadap keputusan pembelian produk fashion (Studi Pada Mahasiswai angkatan 2017-2018 Fisipol Prodi llmu Komunikasi dan Ilmu Pemerintahan Universitas Mahammadiyah Lampung Tahun 2020). INTERCODE, I (I).
Lukman, M. D. (2014). Analisis pengaruh ekuitas merek terhadap keputusan pembelian dan kepuasan konsumen produk teh botol Sosro kemasan kotak. Jurnal Administrasi Bisnis, 10(1).
Mahendra, M. H., Waluyo, H. D., & Prabawani, B. (2014). Pengaruh Ekuitas Merek, Kualitas Pelayanan, Dan Switching Cost Tehadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai ariabel Intervening Studi Kasus Pada PT Garuda Indonesia (persero) Tbk Branch Office Semarang. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnsis , 3(4),375-383.
Mulyadi, A., Eka, D., & Nailis, W, (2018). Pengaruh Kepercayan, Kemudahan, dan kualitas informasi terhadap keputusan pembelian ditoko online Lazada. Jurna Manajmen Bisnsis dan Terapan, 15 (2), 87-94.
Meithiana, l. (2020). Pemasarananann dan kepuasan Pelanggan.
Oktarina, D. (2018). Pengaruh Ekuitas Merek, Motivasi Dan Keputusan Pembelian Terhadap Kepuasan Konsumen. Derivatif: Jurnal Manajemen, 12(1).
Pratiwi, N. R., Pradiani, T ., & Alamsyah, A. R. (2021). Pengaruh haraga dan kualitas produk terhadap keputusan pelanggan dengan keputusan pembelian sebagai variabel intervening. Jurnal Ekonomi Manajmen dan Bisnis, 2(2), 18-27.
Paludin, S., & Nurchorimah, S. (2021). Pengaruh kualitas produk dan citra merek tehadap kepuasan pelanggan memlalui keputusan pembelian sebagai intervening. Jurnal Kajian Manajmen Bisnis , 10(2), 144-160
Putri, L. ., Kumadji, S., & Kusumawati, A. (2014). Pengaruh store atmasphere tehadap keputusan pembelian dan kepuasan pelanggan (studi pada monopoli Café and Resto Soekarno Hatta Malang). Jurnal Administrasi Bisnsis, 15(2).
Pranata, H. I., & Mayliza, R. (2019). Pengaruh Komunikasi Pemasaran Terpadu Dan Ekuitas Merek Terhadap Loyalitas Konsumen Pada CV. Laris Motor Cabang Air Haji.
Hakim, Z., & Mariana, A. R. (2018). Sistem Pendukung Keputusan Kepuasan Pelanggan di Minimarket dengan menggunakan Metode SAW. Jurnal Sisfotek Global, 8(2).
Ramadhayanti, A ., Barat, R., & Barat, C. . (2019). Analisis Gaya Komunikasi pemasaran Online Dan pPengembangan Infrastuktur E-Commerce Tehadap Keputusan Pembelian. Jurnal Manajemen Indonesia, 19(3), 216.
Subagya, F ., Ramadan, A. M., & Danaial, R. D. (2022). The Analisis Ekuitas Merek Dan Komunikasi Pemasaran Terpadu Terhadap Keputusan Pembelian Smarphone Samsung. COSTING: Jurnal of Ekonomi, Business and Accoubting, 6(1), 158-166.
Suryani, S., & Rosalina, S. S. (2019). Pengaruh Brand Image, Brand Trust, Dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Ulang Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Moderating Pada Startup Business Unicorn Indonesia. Journal of Business Studies, 4(1), 41-53.
Santoso, I. (2016). Peran Kualitas produk dan layanan, haraga atmosfer rumah makan cepat saji tehadap keputusan pembelian dan kepuasan konsumen. The Asian Jurnal of Technology Managemet, 15(1), 94.
Sarie, R . F . (2018). Analisis Pengaruh Keberagaman Produk, Persepsi Harga, Promsosi Penjualan Terhadap Kepuasan Konsumen Hypermartket Pakuwon Supermall Di Surabaya. Relasi Jurnal Ekonomi, 14(2), 149-169.
Syahputri, E., & Utama (2022) Pengaruh Kualitas Informasi dan Sistem layanan tehadap minat beli ualangan pengunan E-Cammerce situs Lazada. Com pada Masyarakatdesa limau manis Kecamatan tanjung morawa Kab..Deli Serdang. Jurnal Akuntasi, Manajmen dan Ekonomi Digital, 25-33
Srisusilawati, P . (2017). Kajian Komunikasi pemasaran terpadu dalam mendorong keputusan pembelian jasa perbankan. Amwaluna Jurnal Ekonomi dan Keuangan Syariah, I (1), 1-18.
Sarfudin, S., & Maya, R. (2019). Implementasi Manjmen Pemasaran Jasa Pendididkan dalam Meningkatan Kepuasan Pelanggan di Madrasah Aliyah
Siskawati, M. (2010). Aktivitas komunikasi pemasaran terpadu dalam upaya membangun ekuitas merek hotel lor in business resort & spa Surakarta.
Sidharta, I., & Suzanto, B. (2015). Pengaruh kepuasan transaksi online shopping dan kepercayaan konsumen terhadap sikap serta perilaku konsumen pada e-commerce. Jurnal Computech & Bisnis (e-Journal), 9(1), 23-36.
Saputri, M. E. (2016). Pengaruh Perilaku Konsumen Terhadap Pembelian Online Produk Fashion Pada Zalora Indonesia. Jurnal Sosioteknologi, 15(2), 291-297.
Sugiyono. 2010. Metologi Penelitian Bandung. Afabeta
Sugiono, 2009.Statistika Untuk Penelitian, Afabeta : Bandung
.
Tania, N. Y ., Taufik, M., & Hidayat, . (2021 , September). Pengaruh Kualitas Produk, HaragaDan Kualitas Pelayanan Tehadap Keputusan Pembelian Konsumen Di Butik Fayya Galery Pulo Kabupaten Lumajang. In Proceedings Progress Conference (Vol. 4, No. l , pp. 216-222).
Widyaningrum, P. W. (2016). Peran Media Sosisal sebagai sartegi pemasaran pada Sewa Kostum Meiyu Aiko Malang. Al Tijarah, 2(20, 20230-257.
Wariki, G. M., Mananeke, L., & Tawas, H. (2015). Pengaruh Bauran Promosi, Persepsi Harga Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Dan Kepuasan Konsumen Pada Perumahan Tamansari Metropolitan Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 3(2).
Widiyawati, Y., Ningsih, C. D. S., Lestari, F., & Pramita, G. (2022). Analisis Pengaruh Belanja Online Terhadap Perilaku Perjalanan Belanja Dimasa Pandemi Covid-19. JICE (Journal of Infrastructural in Civil Engineering), 3(02), 25-31.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Junita Nelly S, Hadi Purnomo, Ade Kristianus Kaloeti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.