Pengaruh Program Promotion, Price Discount dan E-Service Quality Terhadap Repurchase Order dengan Satisfaction sebagai Variabel Intervening Pelanggan Shopeefood di Sleman

Authors

  • Krisna Yanti Humendru Universitas Kristen Immanuel
  • George Iwan Marantika Universitas Kristen Immanuel
  • Raden Teja Yokanan Universitas Kristen Immanuel

DOI:

https://doi.org/10.61179/ejba.v19i1.734

Keywords:

Komunikasi Pemasaran Terpadu, Ekuitas Merek, Keputusan Pembelian, Kepuasan Pembelian

Abstract

Penelitian ini merupakan hasil penelitian yang menggambarkan dan menganalisis seberapa besar pengaruh faktor-faktor dari program promotion, price discount, e-service quality terhadap repurchase order melalui satisfaction sebagai variabel intervening pada pelanggan ShopeeFood di Sleman. Jenis penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang disebar kepada 120 responden melalui Google Form. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling yaitu teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dengan menggunakan software Smart PLS, telah dilakukan uji validitas dan reliabilitas maka diperoleh bukti direct bahwa promotion tidak berpengaruh terhadap satisfaction sedangkan price discount dan e-service quality berpengaruh terhadap satisfaction, satisfaction tidak berpengaruh terhadap repurchase order, promotion dan price discount tidak berpengaruh terhadap repurchase order sedangkan e-service quality berpengaruh terhadap repurchase order. Secara indirect  promotion tidak berpengaruh terhadap repurchase order melalui satisfaction sedangkan price discount dan e-service quality berpengaruh terhadap repurchase order melalui satisfaction.

References

Anggita, M., & Trenggana, A. M. (2020). Pengaruh Customer Engagement Dan E-Service Quality Terhadap Niat Beli Ulang Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Mediator Tiket.Com. Jurnal Ekonomi Dan Perbankan, 5, 83-99.

Ashari, A. P., Hardiyono, H., & Aswar, N. fadilah. (2020). Analissi Pengaruh Citra Merk, Kualitas Produk, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Samsung Di makassar. Management Development and Applied Research Journal, 3(2654–4504), 18–32.

Ekanova, A. P. (2021). Analisis Pengaruh Kemudahan Penggunaan dan Keamanan Bertransaksi Terhadap Kepuasan Konsumen Pada E-Commerce Shopee Food.

Ha, Y., & Stoel, L. (2004). ). Internet apparel shopping behaviors: the influence general innovativrness. International Journal of Retail & Distribution Management, , 32.

Iskandar, A. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk dan Keputusan pembelian Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Variabel Kepuasan (Studi Kasus GoFood)

Kotler, P., & Keller, K. L. (2012). Marketing Management . Prentice Hall.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management (15e ed.). Pearson Education Limited.

Kusumawardhani, S. (2022). Survei Persepsi & Perilaku Konsumsi Online Food Delivery (OFD) di Indonesia.

Mirandi, O. A., & Rimiyati, H. (2023). Pengaruh Diskon, Kualitas Produk, Dan Citramerek Terhadap Minat Pembelian Ulangdengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening Pada Matahari Department Store Yogyakarta. Journal of Business and Halal Industry, 1, 1-10.

Nurdiansah, A., & Widyastuti. (2022). Pengaruh Price Discount terhadap Customer Satisfaction dan Repurchase Intention (Studi pada Pengguna ShopeeFood). Jurnal Ilmiah Bidang Sosial, Ekonomi, Budaya, Teknologi dan Pendidikan, 1-2.

Qibtiyah, D., Hurruyati, R., & Hendrayati, H. (2020). The Influence of Discount on Repurchase Intention. Advances in Economics, Business and Management Research, 187, 385–389.

Sayekti, S. P. (n.d.). Pengaruh Promosi Penjualan dan Kualitas layanan terhadap Pembelian Ulang dengan Kepuasan sebagai variabel Intervening pada layanan GrabFood di Yogyakarta.

Sekaran, U., & Bougie, R. (2016). Research Methods and Business: A Skill Building Approach. John Wiley and Sons Ltd.

Setiomuliono, M., & Tanjung, F. (n.d.). Analisis Pengaruh Promosi Harga Terhadap Minat Beli Ulang Dengan Kepuasan Sebagai Variabel Perantara Di De Boliva Surabaya Town Square. 298–310.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.

Wardani, I. Y. (2022). Pengaruh Kualitas Produk Dan Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Pembelian Ulang Melalui Kepuasan Pelanggan Pada 200 Cafeand Food Di Kotamalang. JUBIS, 3, 89-100.

Downloads

Published

2025-04-30