Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Pelanggan Kartu Internet Simpati Telkomsel di Yogyakarta)
DOI:
https://doi.org/10.61179/ejba.v19i1.732Keywords:
Citra Merek, Kualitas Produk, Loyalitas Pelanggan, Kepuasan PelangganAbstract
Tujuan penelitian ini membuktikan pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk terhadap Loyalitas Pelanggan melalui Kepuasan Pelanggan. Metode penelitan yang digunakan adalah penelitan kuatitatif dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden pelanggan Telkomsel di Yogyakarta.Tipe penelitian ini adalah Explanatory research. Pengambilan sample menggunakan Teknik Nonprobability Sampling dengan metode Purposive Sampling. Teknik analisis menggunakan SmartPLS versi 4.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa citra merek tidak berpengaruh positif terhadap kepuasan pelanggan, kualitas produk tidak berpengaruh positif terhadap kepuasan pelanggan, citra merek berpengaruh positif terhadap loyalitas pelanggan, kualitas produk berpengaruh positif terhadap loyalitas pelanggan, kepuasan pelanggan berpengaruh positif terhadap loyalitas pelanggan, kepuasan pelanggan tidak mengitervening citra merek terhadap loyalitas pelanggan, kepuasan pelanggan tidak mengintervening pengaruh kualitas produk terhadap loyalitas pelanggan
References
Adam Muhammad, Manajemen Pemasaran Jasa, Bandung: Alfabeta2015
Angelina, Yosephine. (2016). Pengaruh Pengalaman Konsumen Terhadap Loyalitas Pelanggan melalui Kepuasan Pelanggan sebagai Variabel Intervening Produk Iphone. JurnalManajemen,Vol.3.No1. hal1-8. Assuari Sofian, Manajemen Pemasaran, jakarta: PT,. GrafindoPersada,2010
Basu,SwasthadanIrawan. (2003). ManajemenPemasaranModern. (Edisi 2). Cetakan ke sebelas. Yogyakarta:LibertyOffset.
Bitner, Zeithaml. (2003). Reassement Of Expectations As A Compaison Standar In Measuring Service Quality: Implication For Futher Reseacrh.JournalOfMarketing. January(58)111-124.
Buchori A Manajemen Pemasaran JasaBandung:Alfabeta2006
Damayanti, Cintya. (2015). Pengaruh Kualitas Produk, Brand Image Terhadap Loyalitas Dengan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening. MAJ,Vol.4No.3.
Daryanto, sari KualiahManajemen pemasaran. Bandung PT. Sarana tutorial Nuraini Sejahtera,2011
Dewi. (2014). Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk terhadap Kepuasan dan Loyalitas pelanggan (studi pada pelanggan terhadap KFC). Journal business Administration. Vol. 14 No. 2. hal. 1-9.
Ferrinadewi,Erna.2008.Merekdan Psikologi Konsumen. Yogyakarta:GrahaIlmu.
Ghozali imam, Aplikasi Analisis Multivariate dengan ProgramIBMSPSS 19, Semarang : Badan penerbit Universitas Diponegoro,2011
Ghozali, I. Latan, H. 2012. Partial Least Square:Konsep,TeknikdanAplikasi SmartPLS2.0M3.Semarang:Badan PenerbitUniversitasDiponegoro.
Ghozali, ImamdanHengkyLatan(2015). Partial Least SquaresKonsepTeknik danAplikasi denganProgramSmart PLS 3.0. Semarang: Universitas DiponegoroSemarang
Griffin,W,RickydanRonaldJEbert.2002. Management, Erlangga, Jakarta. Puspopranoto,
Harianto, David. (2013). Pengaruh KualitasLayanan,BrandImage, dan Atmosfer Terhadap Loyalitas Konsumen Sebagai Variabel InterveningKonsumenKedaiDeja-vu Surabaya.JMP.Vol.1No.1hal1-4.
HerizondanW.Maylina(2003), “Faktor faktoryangMempengaruhiKesetiaan terhadap Merek pada Konsumen PastaGigi Pepsodent di Surabaya,” Ventura,Vol.6.No.1April.hal.98 115.
Keller. (2007).ManajemenPemasaran.Edisi KeduaBelas. Jilid2.dialihbahasakan oleh Benjamin Molan. Jakarta: PT Index.
Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller (2009), Manajemen Pemasaran, Edisi 13. Jakarta. Kurniawati,
Kotler,PhilipdanGaryArmstrong.(2001). Prinsip-prinsip Pemasaran. Jilid 1. Erlangga.Jakarta. Kotler,
Kotler,PhilipdanGaryArmstrong.(2008). Prinsip-prinsip Pemasaran. Jilid I. Edisi 12. Diterjemahkan oleh Bob Sabran,Jakarta:Erlangga.
Laksana. (2008). Pemasaran. Manajemen Yogyakarta: Penerbit Graha Ilmu Nugroho adi, Tata Terampil Manajemen, Surabaya: Indah Surabaya, 1995
Philip. (2002). Manajeman pemasaran. Jilid 2. Jakarta: Prenhallindo. Kotler, Philip dan Kevin Lane
Prasastiningtyas, Tabhita Ratna. 2016. “Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Jurnal Kartu Ilmu dan Seluler”, Riset Manajemen, vol. 5, no. 7, pp. 1-15.
Rangkuti, Freddy. 2009. Strategi Promosi yang kreatif & Analisis kasus– Integrated
Sawaldjo.2006. ManajemenBisnis.Jakarta : Penerbit PPM.HLM.99.
Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Tjahjaningsih, Endang dan Maurine Yuliani. (2009). Analisis kualitas produk dan Citra Merek dalam mempengaruhi Keputusan Pembelian dan dampaknya Terhadap Loyalitas Merek HP Nokia. Tema. Vol. 6 No 2. hal 104-118.
Tjiptono, Fandy. (2008). Strategi Pemasaran, edisi 3. Yogyakarta: Andi
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Riska Hartini, Lukas Agung Heriputranto

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.