Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Pelanggan Kartu Internet Simpati Telkomsel di Yogyakarta)

Authors

  • Riska Hartini Universitas Kristen Immanuel
  • Lukas Agung Heriputranto Universitas Kristen Immanuel

DOI:

https://doi.org/10.61179/ejba.v19i1.732

Keywords:

Citra Merek, Kualitas Produk, Loyalitas Pelanggan, Kepuasan Pelanggan

Abstract

Tujuan penelitian ini membuktikan pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk terhadap Loyalitas Pelanggan melalui Kepuasan Pelanggan. Metode penelitan yang digunakan adalah penelitan kuatitatif dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden pelanggan Telkomsel di Yogyakarta.Tipe penelitian ini adalah Explanatory research. Pengambilan sample menggunakan Teknik Nonprobability Sampling dengan metode Purposive Sampling. Teknik analisis menggunakan SmartPLS versi 4.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa citra merek tidak berpengaruh positif terhadap kepuasan pelanggan, kualitas produk tidak berpengaruh positif terhadap kepuasan pelanggan, citra merek berpengaruh positif terhadap loyalitas pelanggan, kualitas produk berpengaruh positif terhadap loyalitas pelanggan, kepuasan pelanggan berpengaruh positif terhadap loyalitas pelanggan, kepuasan pelanggan tidak mengitervening citra merek terhadap loyalitas pelanggan, kepuasan pelanggan tidak mengintervening pengaruh kualitas produk terhadap loyalitas pelanggan

References

Adam Muhammad, Manajemen Pemasaran Jasa, Bandung: Alfabeta2015

Angelina, Yosephine. (2016). Pengaruh Pengalaman Konsumen Terhadap Loyalitas Pelanggan melalui Kepuasan Pelanggan sebagai Variabel Intervening Produk Iphone. JurnalManajemen,Vol.3.No1. hal1-8. Assuari Sofian, Manajemen Pemasaran, jakarta: PT,. GrafindoPersada,2010

Basu,SwasthadanIrawan. (2003). ManajemenPemasaranModern. (Edisi 2). Cetakan ke sebelas. Yogyakarta:LibertyOffset.

Bitner, Zeithaml. (2003). Reassement Of Expectations As A Compaison Standar In Measuring Service Quality: Implication For Futher Reseacrh.JournalOfMarketing. January(58)111-124.

Buchori A Manajemen Pemasaran JasaBandung:Alfabeta2006

Damayanti, Cintya. (2015). Pengaruh Kualitas Produk, Brand Image Terhadap Loyalitas Dengan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening. MAJ,Vol.4No.3.

Daryanto, sari KualiahManajemen pemasaran. Bandung PT. Sarana tutorial Nuraini Sejahtera,2011

Dewi. (2014). Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk terhadap Kepuasan dan Loyalitas pelanggan (studi pada pelanggan terhadap KFC). Journal business Administration. Vol. 14 No. 2. hal. 1-9.

Ferrinadewi,Erna.2008.Merekdan Psikologi Konsumen. Yogyakarta:GrahaIlmu.

Ghozali imam, Aplikasi Analisis Multivariate dengan ProgramIBMSPSS 19, Semarang : Badan penerbit Universitas Diponegoro,2011

Ghozali, I. Latan, H. 2012. Partial Least Square:Konsep,TeknikdanAplikasi SmartPLS2.0M3.Semarang:Badan PenerbitUniversitasDiponegoro.

Ghozali, ImamdanHengkyLatan(2015). Partial Least SquaresKonsepTeknik danAplikasi denganProgramSmart PLS 3.0. Semarang: Universitas DiponegoroSemarang

Griffin,W,RickydanRonaldJEbert.2002. Management, Erlangga, Jakarta. Puspopranoto,

Harianto, David. (2013). Pengaruh KualitasLayanan,BrandImage, dan Atmosfer Terhadap Loyalitas Konsumen Sebagai Variabel InterveningKonsumenKedaiDeja-vu Surabaya.JMP.Vol.1No.1hal1-4.

HerizondanW.Maylina(2003), “Faktor faktoryangMempengaruhiKesetiaan terhadap Merek pada Konsumen PastaGigi Pepsodent di Surabaya,” Ventura,Vol.6.No.1April.hal.98 115.

Keller. (2007).ManajemenPemasaran.Edisi KeduaBelas. Jilid2.dialihbahasakan oleh Benjamin Molan. Jakarta: PT Index.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller (2009), Manajemen Pemasaran, Edisi 13. Jakarta. Kurniawati,

Kotler,PhilipdanGaryArmstrong.(2001). Prinsip-prinsip Pemasaran. Jilid 1. Erlangga.Jakarta. Kotler,

Kotler,PhilipdanGaryArmstrong.(2008). Prinsip-prinsip Pemasaran. Jilid I. Edisi 12. Diterjemahkan oleh Bob Sabran,Jakarta:Erlangga.

Laksana. (2008). Pemasaran. Manajemen Yogyakarta: Penerbit Graha Ilmu Nugroho adi, Tata Terampil Manajemen, Surabaya: Indah Surabaya, 1995

Philip. (2002). Manajeman pemasaran. Jilid 2. Jakarta: Prenhallindo. Kotler, Philip dan Kevin Lane

Prasastiningtyas, Tabhita Ratna. 2016. “Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Jurnal Kartu Ilmu dan Seluler”, Riset Manajemen, vol. 5, no. 7, pp. 1-15.

Rangkuti, Freddy. 2009. Strategi Promosi yang kreatif & Analisis kasus– Integrated

Sawaldjo.2006. ManajemenBisnis.Jakarta : Penerbit PPM.HLM.99.

Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tjahjaningsih, Endang dan Maurine Yuliani. (2009). Analisis kualitas produk dan Citra Merek dalam mempengaruhi Keputusan Pembelian dan dampaknya Terhadap Loyalitas Merek HP Nokia. Tema. Vol. 6 No 2. hal 104-118.

Tjiptono, Fandy. (2008). Strategi Pemasaran, edisi 3. Yogyakarta: Andi

Downloads

Published

2025-04-30