Kualitas Produk dan Harga Terhadap Niat Beli dengan Experience Marketing sebagai Pemoderasi pada Produk Ritel Modern
DOI:
https://doi.org/10.61179/ejba.v19i1.729Keywords:
Product Quality, Price, Experience MarketingAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana atribut produk sebuah ritel memiliki pengaruh terhadap niat beli pada ritel moderen dengan pemoderasi experience marketing. Indikator experience marketing yang dipergunakan dalam penelitian ini dibatasi pada aspek interaksi antara konsumen dengan produk serta layanan yang diterimanya. Experience marketing merupakan atribut yang akhir akhir ini sering diperbincangkan dalam upaya mengetahui respon konsumen terhadap produk. Pendekatan ini bukan saja menggunakan konsep yang didasarkan pada teori kebutuhan konsumen melainkan juga didasarkan pada interaksi konsumen terhadap produk dan layanan yang dirasakannya. Pengambilan sampel dilakukan pada konsumen Ritel Moderen di Yogyakarta. Dari penelitian ini diharapkan dapat diketahui respon konsumen terhadap pelaksanaan aktivitas marketing di ritel modern. Aktivitas yang dimaksud meliputi kualitas produk dan harga dengan memperhatikan variabel experience marketing sebagai pemoderasinya.
References
Artha, Satya (2019). Analisis Perbandingan Ritel Modern dan Ritel Tradisional di
Kecamatan Buleleng dengan konsep Marketing Mix, Jurnal Kajian Ekonomi
dan Bisnis Vol. 12, pp 220 – 237
Cleveland, M., & Laroche, M. (2007). Acculturation to the Global Consumer Culture:
Scale Development and Research Paradigm. Journal of Business Research,
, 249-259.
De Keyser, A., Lemon, K.N., Klaus, P., & Keiningham, T.L. (2015). A framework for
understanding and managing the customer experience, Marketing Science
Institute Working Paper Series, 85(1), 15-121
Ferrell, O. C., & Hartline, M. D. (2011). Marketing Strategy (Fifth). Manson: South-
Western Cengage Learning
Ghozali, Imam. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS
Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Ida Ayu ( 2018), Pengaruh citra merek dan persepsi harga terhadap niat beli ulang
E-Jurnal Manajemen Unud, Vol. 7, No. 10, 2018: 5748-5782
Jeerasantikul, Y., & Liao, C. (2018). Factors Affecting Chinese Consumers’
Willingness to Repurchase Thai Products. BU Academic Review, 17(1), 1-17.
Kertajaya, H. (2010). Connect surfing new wave marketing. Jakarta: PT. Gramedia
Pustaka Utama.
Kotler, Philip (2018) , Marketing Management, Pearson Education, United States
Mahruzar (2011), Marketing Masa Kini, penerbit Djambatan, Jakarta
Mike Tz (2019), Effects of Experiential Marketing on Experience Value and
customer Satisfaction in Ecotourism, Journal of Ecology ed 28, p 3151-3156
Neuman, William L (2006), Social Research Methods, 6th ed, Boston :
Pearson Education,
Nuruni Ika (2011), Experience Marketing, Emotional Branding, and Brand Trust and
Their Effect on Loyalty on Honda Motor Cycle Product, J ournal of
Economics, Business and Accountancy Ventura Volume 14, No. 1 p 19-28
Schmitt, B., & Rhea, D. (2015). Experiential Marketing: A New Framework for
Design and Communications. Design Management Review
Sekaran, Uma & R. Bougie (2016), Research Methods For Business : A Skill Building Approach, John Wiley & Sons, United Kingdom
Sri Astuti (2018), Increasing Customer Loyalty of Ethnic Restaurant Through
Experience Marketing and Service Quality, Journal of Entrepreneurship
Education, Volume 21, No 3,
Schiffman ( 2010), “Perilaku Konsumen”, edisi bahasa Indonesia, Gramedia
Sugiyono. (2018) Metode Penelitian Kuantitatif - Kualitatif, Alfabeta, Bandung
Varga, A., Dla?i?, J., & Vuji?i?, M. (2014). Repurchase intentions in a retail store
exploring the impact of colours. Ekonomski Vjesnik, 27( 2), 229–244
.
Vendy (2020), Aprindo Targetkan Pertumbuhan Bisnis Ritel mencapai 4,5 % pada
, Kontan, edisi Desember 2020
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Andreas Ari Sukoco

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.