Kualitas Produk dan Harga Terhadap Niat Beli dengan Experience Marketing sebagai Pemoderasi pada Produk Ritel Modern

Authors

  • Andreas Ari Sukoco Universitas Kristen Duta Wacana

DOI:

https://doi.org/10.61179/ejba.v19i1.729

Keywords:

Product Quality, Price, Experience Marketing

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui  sejauh mana atribut produk sebuah ritel memiliki pengaruh terhadap niat beli  pada ritel moderen dengan pemoderasi experience marketing.   Indikator experience marketing yang dipergunakan dalam penelitian ini dibatasi pada aspek interaksi antara konsumen dengan produk serta layanan yang diterimanya. Experience  marketing merupakan atribut  yang akhir akhir ini sering diperbincangkan  dalam upaya  mengetahui respon konsumen terhadap produk. Pendekatan ini bukan saja menggunakan konsep  yang didasarkan pada teori kebutuhan konsumen melainkan juga didasarkan pada interaksi konsumen terhadap produk dan layanan yang  dirasakannya. Pengambilan sampel dilakukan pada konsumen Ritel Moderen di Yogyakarta. Dari penelitian ini diharapkan dapat diketahui respon  konsumen terhadap pelaksanaan aktivitas marketing di ritel modern. Aktivitas yang dimaksud meliputi kualitas  produk dan harga dengan memperhatikan  variabel experience marketing sebagai pemoderasinya.

References

Artha, Satya (2019). Analisis Perbandingan Ritel Modern dan Ritel Tradisional di

Kecamatan Buleleng dengan konsep Marketing Mix, Jurnal Kajian Ekonomi

dan Bisnis Vol. 12, pp 220 – 237

Cleveland, M., & Laroche, M. (2007). Acculturation to the Global Consumer Culture:

Scale Development and Research Paradigm. Journal of Business Research,

, 249-259.

De Keyser, A., Lemon, K.N., Klaus, P., & Keiningham, T.L. (2015). A framework for

understanding and managing the customer experience, Marketing Science

Institute Working Paper Series, 85(1), 15-121

Ferrell, O. C., & Hartline, M. D. (2011). Marketing Strategy (Fifth). Manson: South-

Western Cengage Learning

Ghozali, Imam. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS

Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ida Ayu ( 2018), Pengaruh citra merek dan persepsi harga terhadap niat beli ulang

E-Jurnal Manajemen Unud, Vol. 7, No. 10, 2018: 5748-5782

Jeerasantikul, Y., & Liao, C. (2018). Factors Affecting Chinese Consumers’

Willingness to Repurchase Thai Products. BU Academic Review, 17(1), 1-17.

Kertajaya, H. (2010). Connect surfing new wave marketing. Jakarta: PT. Gramedia

Pustaka Utama.

Kotler, Philip (2018) , Marketing Management, Pearson Education, United States

Mahruzar (2011), Marketing Masa Kini, penerbit Djambatan, Jakarta

Mike Tz (2019), Effects of Experiential Marketing on Experience Value and

customer Satisfaction in Ecotourism, Journal of Ecology ed 28, p 3151-3156

Neuman, William L (2006), Social Research Methods, 6th ed, Boston :

Pearson Education,

Nuruni Ika (2011), Experience Marketing, Emotional Branding, and Brand Trust and

Their Effect on Loyalty on Honda Motor Cycle Product, J ournal of

Economics, Business and Accountancy Ventura Volume 14, No. 1 p 19-28

Schmitt, B., & Rhea, D. (2015). Experiential Marketing: A New Framework for

Design and Communications. Design Management Review

Sekaran, Uma & R. Bougie (2016), Research Methods For Business : A Skill Building Approach, John Wiley & Sons, United Kingdom

Sri Astuti (2018), Increasing Customer Loyalty of Ethnic Restaurant Through

Experience Marketing and Service Quality, Journal of Entrepreneurship

Education, Volume 21, No 3,

Schiffman ( 2010), “Perilaku Konsumen”, edisi bahasa Indonesia, Gramedia

Sugiyono. (2018) Metode Penelitian Kuantitatif - Kualitatif, Alfabeta, Bandung

Varga, A., Dla?i?, J., & Vuji?i?, M. (2014). Repurchase intentions in a retail store

exploring the impact of colours. Ekonomski Vjesnik, 27( 2), 229–244

.

Vendy (2020), Aprindo Targetkan Pertumbuhan Bisnis Ritel mencapai 4,5 % pada

, Kontan, edisi Desember 2020

Downloads

Published

2025-04-30