Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk dan Harga Terhadap Niat Beli Ulang Konsumen Pada E-Commerce Shoppe di Yogyakarta

Authors

  • Terima Telaumbanua Universitas Kristen Immanuel
  • Chrisentianus Abdi Saptomo Universitas Kristen Immanuel

DOI:

https://doi.org/10.61179/ejba.v16i2.699

Keywords:

Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk, Harga, Niat Beli Ulang

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana profil responden yang berbelanja di e-commerce Shoppe. Untuk mengetahui pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Niat Beli Ulang konsumen. Untuk mengetahui pengaruh Kualitas Produk terhadap Niat Beli Ulang konsumen. Untuk mengetahui pengaruh Harga terhadap Niat Beli Ulang konsumen. Untuk mengetahui pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk, dan Harga secara bersama-sama atau simultan terhadap Niat Beli Ulang konsumen. Untuk mengetahui variabel manakah yang lebih dominan mempengaruhi Niat Beli Ulang konsumen pada e-commerce Shoppe. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan data sekunder dan data primer. Motode pemilihan sampel yang digunakan adalah metode snowball sampling. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis presentase, uji asumsi klasik, analisis regresi sederhana, analisis regresi berganda, dan analisis P-value. Berdasarkan hasil analisis regresi sederhana dan uji t menunjukkan bahwa variabel Kualitas Pelayanan berpengaruh signifikan terhadap Niat Beli Ulang konsumen. Berdasarkan hasil analisis regresi sederhana dan uji t menunjukkan bahwa variabel Kualitas Produk berpengaruh signifikan terhadap Niat Beli Ulang konsumen. Berdasarkan hasil analisis regresi sederhana dan uji t menunjukkan bahwa variabel Harga berpengaruh secara signifikan terhadap Niat Beli Ulang konsumen. Berdasarkan hasil analisis regresi berganda dan uji F menunjukkan bahwa variabel Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk dan Harga secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap Niat Beli Ulang konsumen. Berdasarkan hasil analisis P-value terhadap alpha menunjukkan bahwa variabel independen yang berpengaruh dominan terhadap variabel dependen adalah Harga.

References

Akmal Andriadi, Nindria Untarini 2013. Pengaruh Persepsi Kualitas Layanan Dan Citra Merk Telkom Flexi Terhadap Niat Beli Ulang. Jurnal Ilmu Manajemen | Volume 1 Nomor 2 Maret 2013. Universitas Negeri Surabaya.

John Gountas , Sandra Gountas 1, 2007. Personality orientations, emotional states, customer satisfaction, and intention to rep urchase. Journal of Business Research 60 (2007) 72–75. La Trobe University, Victoria 3086, Australia.

Ilias O. Pappas and Adamantia G. Pateli, 2012. Moderating effects of online shopping experience on customer satisfaction and repurchase intentions. Management science journal 50 (2012). Ionian University, Corfu, Greece.

Nurul Ain, 2015. Pengaruh Citra Merk Melalui Sikap Konsumen Terhadap Niat Beli Ulang Pada Produk busana Muslim Zoya diSurabaya. Jurnal skripsi Nurul Ain, JESTT Vol. 2 No. 7 Juli 2015. Universitas Airlangga Surabaya.

Paulus Rachmat Chayana, 2014. Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa “House Of Balloon” Terhadap Niat Beli Ulang Konsumen”. Jurnal Manajemen, Vol.13, No.2, Mei 2014 Universitas Katholik Parahyangan Bandung.

Rutoto, Sabar. 2007. Pengantar Metodologi Penelitian. FKIP: Universitas Muria Kudus

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: ALFABETA, cv.

Kotler, Philip, 2000, Marketing Management. Edisi Milenium, Prentice Hall Intl, Inc New Jersey.

Kotler, Philip. 2001. Manajemen Pemasaran di Indonesia : Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Pengendalian. Salemba Empat. Jakarta.

Stanton, William J. 2001. Prinsip Pemasaran. Erlangga. Jakarta.

Swastha, Basu dan Irawan. 2005, Manajemen Pemasaran Modern, Liberty, Yogyakarta.

Sumanto, 2017. Teori Dan Aplikasi Metode Penelitian. Universitas Kristen Immanuel Yogyakarta.

Downloads

Published

2022-10-28