Pengaruh Price Dicount, Bonus Pack dan In-Store Display Terhadap Impulse Buying Pada Konsumen Pamella Supermarket 7 di Kabupaten Sleman

Authors

  • Debora Br Tarigan Universitas Kristen Immanuel
  • Agus Prasetyanta Universitas Kristen Immanuel

DOI:

https://doi.org/10.61179/ejba.v16i2.698

Keywords:

Price Discount, Bonus Pack, In-Store Display, Impulse Buying

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk: (1) mengetahui bagaimana profil responden konsumen Pamella Supermarket 7 di Kabupaten Sleman, (2) mengetahui pengaruh price discount, bonus pack dan in-store display secara parsial terhadap impulse buying pada konsumen Pamella Supermarket 7 di Kabupaten Sleman, (3) mengetahui pengaruh price discount, bonus pack dan in-store display secara simultan terhadap impulse buying pada konsumen Pamella Supermarket 7 di Kabupaten Sleman, dan (4) mengetahui variabel apakah yang paling berpengaruh terhadap impulse buying pada konsumen Pamella Supermarket 7 di Kabupaten Sleman. Metode penelitian yang di gunakan bersifat kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen Pamella Supermarket 7 di Kabupaten Sleman. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner. Alat analisis yang digunakan adalah analisis persentase, uji asumsi klasik, analisis regresi linear sederhana, uji t, analisis regresi linear berganda, uji F, dan uji koefisien determinasi (R square). Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) persentase tertinggi konsumen Pamella Supermarket 7 adalah sebagian besar berstatus belum menikah, jenis kelamin perempuan, usia 18-25 tahun, pendidikan terakhir SMA, pekerjaan mahasiswa, dan pendapatan per bulan  Rp 1.000.000, (2) price discount, bonus pack dan in-store display baik secara parsial maupun simultan berpengaruh positif terhadap impulse buying pada konsumen Pamella Supermarket 7 di Kabupaten Sleman, dan (3) price discount merupakan variabel yang paling berpengaruh secara positif terhadap impulse buying pada konsumen Pamella Supermarket 7 di Kabupaten Sleman.

References

Abrivianto, O, Swasto, B, dan Utami, H.N. 2014. Pengaruh Motivasi Kerja dan Komitmen Organisasional Terhadap Kinerja Karyawan: Studi Kasus Pada Karyawan Bagian HRD PT. Arthawena Sakti Gemilang Malang. Jurnal Administrasi Bisnis.

Anin, Rasimin & Atamimi. (2008). Hubungan Self Monitoring dengan implusive buying terhadap produk fashion remaja. Jurnal psikologi Fakultas Psikologi Universitas Gajah Mada.

Cahyorini & Rusfian. (2011). The Effect of Packaging Design on Impulsive Buying. Journal of Administrative Science & Organization.

Divianto. 2013. Pengaruh faktorfaktor in-store promotion terhadap impulse buying decision pada konsumen Hypermart PIM. Jurnal Ekonomi dan Informasi Akuntansi.

Fatimah, Meilani Husnul. 2017. Pengaruh price discount, bonus pack dan in-store display terhadap keputusan impulse buying (studi kasus pada konsumen Janu Putra Swalayan di Yogyakarta). Jurnal Fakultas Ekonomi Universitas PGRI Yogyakarta.

Herabadi, A. G. Verplanken, B. Van Knippenberg, A. 2009. Consumption experience of impulsive buying in Indonesia: emotional arousal and hedonistic considerations. Asian Journal of Sosial Psychology.

Prihastama, Brian Vicky. 2016. Pengaruh price discount dan bonus pack terhadap impulse buying pada pelanggan minimarket (Studi pada Pelanggan Minimarket Indomaret Jl. Demangan Baru, Depok, Sleman, Yogyakarta). Skripsi Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta.

Putri, Y.T.A dan Edwar, M. (2015). Pengaruh Bonus Pack dan Price Discount Terhadap Impulse Buying Pada Konsumen Giant Hypermarket Diponegoro Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN).

Sari, Devid Ulva . 2017. Pengaruh price discount, sales promotion dan in-store display terhadap keputusan impulse buying pada PT. Matahari Departement Store tbk Panakkukang Makassar. Skripsi Manajemen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam UIN Alauddin Makassar.

Sinamo, Rade Lesmana. 2018. Analisis pengaruh iklan online terhadap pembelian impulsif pada mahasiswa di kabupaten sleman (studi kasus toko online lazada). Skripsi Fakultas Ekonomi Universitas Kristen Immanuel Yogyakarta.

Syazkia, Sindy Nur. Yuliati Ai Lili. 2018. Pengaruh bonus pack dan price discount terhadap impulse buying pada konsumen pt lion super indo gerai antapanai. Jurnal Administrasi Bisnis Fakultas Komunikasi Dan Bisnis Universitas Telkom.

Waani, Rivie C.T. & Willem J.F. Alfa Tumbuan. (2015). The Influence of Price Discount, Bonus Pack, and In-Store Display on Impulse Buying Decision in Hypemarket Kairagi Manado. Jurnal EMBA.

Downloads

Published

2022-10-28