Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian McDonald di Kota Yogyakarta

Authors

  • Wilfridus Aprianto Herdiyanto Universitas Kristen Immanuel
  • Sri Herlina Universitas Kristen Immanuel

DOI:

https://doi.org/10.61179/ejba.v16i1.694

Keywords:

Kebudayaan, Sosial, Gaya Hidup, Psikologi, Keputusan Pembelian

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk: (1) mengetahui pengaruh faktor kebudayaan, sosial, gaya hidup dan psikologi secara parsial terhadap keputusan pembelian pada konsumen MCDonald`s di kota Yogyakarta, (2) mengetahui pengaruh faktor kebudayaan, sosial, gaa higup dan psikologi secara simultan terhadap keputusan pembelian pada konsumen MCDonald`s di kota Yogyakarta, dan (3) mengetahui variabel apakah yang paling berpengaruh terhadap keputusan pembelian pada konsumen MCDonald`s di kota Yogyakarta. Metode penelitian yang di gunakan bersifat kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen MCDonald`s di kota Yogyakarta. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner. Alat analisis yang digunakan adalah analisis persentase, analisis regresi linear sederhana, uji t, analisis regresi linear berganda, uji F, analisis p-value dan uji asumsi klasik. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) persentase tertinggi konsumen McDonald`s di kota Yogyakrta adalah sebagian besar berstatus belum menikah, jenis kelamin perempuan, usia 18-25 tahun, pendidikan terakhir SLTA, pekerjaan mahasiswa, pendapatan per bulan ? Rp 1.000.000 dan frkuensi kunjungan setahun > 5x, (2) faktor kebudayaan, sosial, gaya hidup dan psikologi baik secara parsial maupun simultan berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian MCDonald`s di kota Yogyakarta, dan (3) faktor sosial merupakan variabel yang paling berpengaruh secara dominan terhadap keputusan pembelian pada konsumen MCDonald`s di kota Yogyakarta.

References

Algifari, 2000.Analisis Regresi, BPFE: Yogyakarta.

Durianto, Sugiarto, dan Sitinjak. 2001. Strategi Menaklukkan Pasar Melalui Riset Ekuitas Dan Perilaku Merek. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Umum.

Djarwanto, P. S., dan Pangestu Subagyo, 2001, Statistika Induktif, Edisi Keempat, Cetakan Kelima, BPFE: Yogyakarta.

Ghozali, Imam, 2005. Aplikasi Analisa Multivariate Dengan Program SPSS, Semarang: Badan Penerbit Undip.

Ghozali, Imam. 2009. Aplikasi Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hartono, Jogiyanto, 2004. Metodologi Penelitian Bisnis, BPFE, Yogyakarta.

Hasan, Iqbal, 2002. Analisis Data Penelitian dengan Statistika, Bumi Aksara, Jakarta.

Herdi, Jayakusuma. 2010. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Konsumen Dalam Keputusan Pembelian Teh Celup Sariwangi (Studi Kasus Pada Masyarakat Kota Bekasi ). skripsi, UIN Syarif Hidayatullah.

Jogiyanto. 2010. Metodologi Penelitian Bisnis. BPFE UGM, Yogyakarta. Kotler, 2007. Manajemen Pemasaran. Jilid I, Edisi kedua belas. Jakarta : Indeks.

Kotler, 1997. Manajemen Pemasaran. Bahasa indoneia, Penerbit Erlangga, Jakarta.

Kotler, Philip dan Gary Armstrong. 2001. Prinsip-Prinsip Manajemen.

Alih Bahasa Oleh Damos Sihombing. Jakarta: Erlangga.

Kotler, dan Armstrong. 2001. Keputusan pembelian. Bahasa indonesia. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip, (2005). Manajemen Pemasaran, Edisi Milenium 1, Bahasa Indonesia, Prehallindo: Jakarta.

Kotler, Philip dan Kevin L. Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Terjemahan Oleh Bob Sabran, MM. Jakarta: Erlangga.

Kuncoro, Mudrajat, 2003. Metode Riset Untuk Bisnis dan Ekonomi, FE- UGM, Erlangga, Yogyakarta.

Nasution, Rizki Affandy. 2010. “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Konsumen Dalam Pengambilan Keputusan Pembelian Produk Mie Instan Merek Sedaap Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Program Ekstensi Universitas Sumatera Utara”. Skripsi, Program Studi Manajemen Ekstensi Fakultas Ekonomi Universitas Sumatera Utara Medan.

Prasetio, Ristiyanti dan Ihalauw, Jhon. 2004. Perilaku Konsumen. Yogyakarta: Andi Offset.

Prayoga, Putra Saguh. 2010. “Pengaruh Faktor Budaya, Sosial, Pribadi, Dan Psikologis Terhadap Pengambilan Keputusan Pembelian Mie Instan Merek Sedaap (Studi Kasus Mahasiswa Yang Kost Di Lingkungan Kampus USU) Skripsi, Program Studi Manajemen Reguler Fakultas Ekonomi Universitas Sumatera Utara Medan.

Priyatno, Dwi. 2010. Teknik Mudah dan Cepat Melakukan Analisis Data Penelitian dengan SPSS.Gava Media, Yogyakarta.

Scifman, dan Kanuk. “consumer behavior”. Prentice Hall, USE, 2000 Setiadi, Nugroho J. 2003. Perilaku Konsumen. Jakarta: Prenada Media Utama.

Sugiyono, 2014. Metode Penelitian Bisnis, Edisi Kedua, Alfabeta, CV Bandung.

Sumanto, 2017. Metode Penelitian. Yogyakarta: Andi Offset. Sumanto. 2002. Statistika & Metode Riset. Andi Offset, Yogyakarta.

Susana, Erni.2000. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumendalam Membeli Film Kamera Merk Fuji Di Kotamadya Surabaya. Skripsi, UNTAG.

Virginta, Dauly. 2014,.Persepsi Konsumen Dalam Memilih Makanan Cepat Saji (Studi Di Restoran Cepat Saji KFC Suprapto Kota Bengkulu). Skripsi, Universitas Bengkulu.

Downloads

Published

2022-04-29