Analisis Kualitas Layanan, Citra Merek Perusahaan dan Persepsi Konsumen Terhadap Kepuasan Konsumen Dalam Menggunakan Jasa Pengiriman Barang J&T Ekspress di Yogyakarta
DOI:
https://doi.org/10.61179/ejba.v15i2.689Keywords:
Kualitas Layanan, Citra Merek Perusahaan, Persepsi Konsumen, Kepuasan KonsumenAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil responden J&T Express di Yogyakarta, tujuan ke dua untuk mengetahui bagaimana Pengaruh Kualitas Layanan, Citra merek perusahaan, dan persepsi konsumen secara parsial terhadap kepuasan Konsumen J&T Express di Yogyakarta, dan tujuan yang ke tiga untuk mengetahui bagaimana kualitas layanan, citra merek perusahaan, dan persepsi konsumen secara simultan terhadap kepuasan konsumen yang menggunakan jasa pengiriman barang J&T Express. Cara penelitian ini menggunakan 100 kuesioner yang dibagikan ke 100 responden secara online, pengambilan sampel menggunakan metode snowball sampling. Data diolah menggunakan Aplikasi SPSS 23. Alat analisis dalam penelitian ini menggunakan analisis presentase, regresi sederhana dan regresi linier berganda. Mayoritas responden yang merupakan pelanggan jasa pengiriman barang menggunakan Jet dan Tony (J&T) terbanyak berdasarkan jenis kelamin di Kota Yogyakarta adalah yang berjenis kelamin perempuan sebanyak 52 orang. Sedangkan berdasarkan kelompok usia adalah responden yang berusia 17-25 tahun berjumlah 57 orang. Responden yang mayoritas pengguna jasa J&T berprofesi sebagai karyawan swasta berjumlah 39 orang. Dan responden terbanyak adalah yang memiliki tingkat pendapatan ? Rp.1.000.000,00 sebanyak 31 orang dan responden yang memiliki tingkat pendidikan SMA/SMK/Sederajat sebanyak 50 orang.Berdasarkan analisis regresi linier sederhana menunjukkan bahwa variabel independen (kualitas layanan, citra merek perusahaan dan persepsi konsumen) secara parsial memiliki pengaruh signifikan terhadap pengaruh dependen (kepuasan konsumen). jasa pengiriman barang J&T Ekspress di Kota Yogyakarta adalah terbukti.Berdasarkan analisis regresi berganda menunjukkan variabel independen (kualitas layanan, citra merek perusahaan dan persepsi konsumen) secara simultan memiliki pengaruh signifikan terhadap variabel dependen (kepusan konsumen) jasa pengiriman barang J&T Ekspress di Kota Yogyakarta adalah terbukti.
References
Algifari. 2000. Analisis Teori Regresi : Teori Kasus dan Solusi. Yogyakarta
Boedijoewono, Noegroho. 2011. Pengantar Statistik Ekonomi dan Perusahaan jilid 2. Yogyakarta: UPP UMP YKPN
Djarwanto, P.S, dan Pangestu Subagyodan Tony, Sitinjak. 2001. Strategi Menaklukkan Pasar: melalui Riset Ekuitas dan Perilaku Merek. Penerbit Gramedia.
Ghozali, Imam. 2009. Aplikasi analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Cetakan lv,Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.
Hartono, Jogiyanto. 2004. metode penelitian bisnis Edisi kedua, FE-UGM, Erlangga: Yogyakarta
Kotler, Philip. 2003. Marketing Management, The Millenium Edition, Prentice.
Kotler, Philip. 2005. Manajemen Pemasaran, PT. Prenhallindo, Jakarta.
Kotler, Philip, Armstrong, Garry. 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran, Jilid 1.Jakarta : Erlangga.
Kotler, Armstrong, 2007. Manajemen Pemasaran 1,Edisi Keduabelas, Jakarta
Kotler, Keller, 2009. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa, Bandung: Alfabeta
Kuncoro, Mudrajad. 2003. Metode Riset Untuk Bisnis dan Ekonomi, Penerbit Erlangga, Jakarta.
Rahman, 2010. Strategi Dahsyat Marketing Mix. Jakarta: Transmedia.
Rangkuti, Freddy, 2003. Teknik Mengukur dan Strategi Meningkatkan Kepuasan Pelangan. Edisi pertama. PT.Gramedia.
Sudarmanto,R.Gunawan.2005. Analisis Regresi Linier Ganda dengan SPSS. Graha Ilmu:Yogyakarta.
Sugiyono. 2006. Metode Penelitian Bisnis. Cetakan Keempat, Bandung: CV
Alfabeta.
Sugiyono, 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif,R&D. Bandung:Alfabeta
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Rini Larasati, Chrisentianus Abdi Saptomo

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.