Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Kemudahan Akses dan Citra Perusahaan Terhadap Kepuasan Pelanggan Empire XXI di Yogyakarta

Authors

  • Gresimon Kristiani Universitas Kristen Immanuel
  • Riko Gesmani Universitas Kristen Immanuel

DOI:

https://doi.org/10.61179/ejba.v15i2.688

Keywords:

Kualitas Pelayanan, Harga, Kemudahan Akses, Citra perusahaan, Kepuasan Pelanggan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan, harga, kemudahan akses dan citra perusahaan terhadap kepuasan pelanggan Empire XXI di Kota Yogyakarta. Penelitian ini dilakukan pada seluruh pelanggan yang membeli tiket menonton di Empire XXI di Kota Yogyakarta. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Purposive sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan pendekatan lapangan. Analisis data menggunakan uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, uji F, uji t dan uji koefisien determinasi.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemudahan akses dan citra perusahaan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan Empire XXI dikota Yogyakarta, sedangkan kualitas pelayanan dan harga tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan di Empire XXI dikota Yogyakarta. Berdasarkan koefisien determinasi dalam penelitian ini sebesar 0,545 menunjukkan bahwa variasi kualitas pelayanan, harga, kemudahan akses dan citra perusahaan dapat menjelaskan variasi kepuasan pelanggan sebesar 54,5 persen, sedangkan sisanya sebesar 45,5 persen disebabkan oleh variabel- variabel lain yang tidak dimasukkan dalam model penelitian.

References

Ade Syarif Maulana. 2016. “ Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan PT TOI” Jurnal Ekonomi Volume 7 Nomor 2, November 2016. Fakultas Ekonomi dan Bisnis . Universitas Esa Unggul Jakarta.

Ani Lestari,Edy Yulianto.2018.” Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Pelanggan dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Mediasi (Survei pada Pelanggan Citra Kendedes Cake & Bakery Jl. S. Hatta B3 Kav. A, Kota Malang) Fakultas Ilmu Administrasi. Univ?rsitas Brawijaya. Malang.

Dessica Dinar Sari. 2016 Aanalisis Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Kasus Pada Konsumen Sim Card Gsm Prabayar XL di Kota Yogyakarta)” Prodi Manajemen. Universitas Negeri

,Yogyakarta.

Florensia Kurnia Puung, Achmad Fudholi , Basu Swastha Dharmmesta. 2014. “Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Pada Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggaan Di Salon dan SPA”. Journal of Management and Pharmacy Practice. Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.

fornell ,C. et al. 1996. The American Customer Satisfaction Index: Nature,Purpose and Findings. Journal of Marketing. Vol.6 (4):6-21

Griffin, Jill. 2005. Customer Loyalty: Menumbuhkan dan Mempertahankan Kesetiaan Pelanggan. Alih Bahasa Dr. Dwi Kartini Yahya. Jakarta: Erlangga.

Ghozali, H. Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23 ( Edisi 8). Cetakan Ke VIII. Semarang : Universitas Diponegoro semarang.

Hidayati, Ernani. 2010. “ Analisis Kualitas Pelayanan dan Pengaruhnya Terhadap Loyalitas Pelanggan ( Studi Kasus Pada PT. Pos Indonesia (Persero) Kantor Pos Lawang)”. Jurnal Manajemen Pemasaran Modern Jurnal Manajemen Pemasaran Modern Vol 2 No. 2 Juli- Desember 2010.Universitas Jambi.

Inka Janita Sembiring, Suharyono, Andriyani Kusumawati.2014.” Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Dalam Membentuk Loyalitas Pelanggan” (Studi pada Pelanggan McDonald’s MT.Haryono Malang).

Jogiyanto.2012. Metode Penelitian Sistem Informasi : Salah Kaprah dan Pengalaman- Pengalaman. Edisi Ke-5. Yogyakarta : BPFE.

Jogiyanto.2008. Metode Penelitian Sistem Informasi. Yogyakarta : CV Andi Offset Kotler,Philip & Armstrong, Gary. 2011 . ( terj Anwar Sanusi). Edition,” Marketing On

Introduction”. Indonesia : Perason

Kotler , Philip & Armstrong, Gary.2008. ( terj. Bob Sabran). Prinsip-prinsip Pemasaran.

Jilid 1. Edisi 12. Jakrta : Erlangga

Kotler , Philip & Armstrong, Gary .2009. ( terj. Bob Sabran). Manajemen Pemasaran.

Edisi ke- 13. Jilid 1. Jakarta : PT. Gelora Aksara Pratama.

Kotler, Philip. 2005. ( terj. Benyamin Molan). Manajemen Pemasaran. Jilid 1. Edisi 11.

Jakarta : PT . Indeks

Kotler, Philip & Keller, Kevin Lane . 2008.(terj). Manajemen Pemasaran. Jakarta : Erlangga

Kotler, Philip & Keller, Kevin Lane. 2009. Manajemen Pemasaran, Edisi Ketiga belas Jilid 2, Erlangga, Jakarta.

Kotler, Philip, 2004. Manajemen Pemasaran. PT Prenhallindo : Jakarta

Kukuh Familiar, Ida Maftukhah.2015 “Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan ” Management analysis Journal 4 (4) (2015). Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Semarang.

Lupiyoadi, Rambat. 2013. Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta : Selemba Empat. Mustafa EQ, Zainal dan Toni Wijaya.2012. Paduan Teknik Stastistik SEM & PLS dengan

SPSS AMOS. Yogyakarta : Cahaya Atma Pustaka.

Nindy Ryska Amalia ,Saryadi Saryadi.2018.” Pengaruh Kemudahan Akses dan Diskon Terhadap Keputusan Pembelian Pada Situs Online Tiket.com . Administrasi Bisnis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Diponegoro.

Natalino Alarico Barreto Ximenes.2017.” Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap kepuasan dan Loyalitas Mahasiswa Pada Institude Of Business (IOB) di Timor- Leste” . Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, Bali, Indonesia.

Roy Parto Purba. 2017. “Pengaruh Citra Perusahaan Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Kasus PT. Bintang Utara Perwakilan Dolok Sanggul)”

Suwandi, Andi Sularso, Imam Suroso.2015. “pengaruh Kualitas Pelayanan , Harga dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan Pos Ekspres di Kantor Pos Bondowoso dan Situbondo”

Suratno,Aziz Fathoni ,Andi Tri Haryono. Journal Of Management, Volume 2 No.2 maret 2016.” pengaruh citra perusahaan dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan dengan kepuasan pelanggan sebagai variabel intervening pada pt pelabuhan indonesia iii semarang”

Sekaran, Uma dan Bougie Roger.2010. Research Methode For Businees : A Skill Building Apporach. Edisi Kelima. New York : Jhon Wiley.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta. Sugiyono.2014. Metode Penelitian Kombinasi ( Mixed Methods). Bandung : Alfabeta.

Swasatha, Basu & Irawan .2005. Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta : Liberty Syamsuddin, dkk. 2011. Metode Penelitian Pendidikan Bahasa. Bandung: PT. Remaja

Rosdakarya.

Tjiptono , Fandy. 2008. Strategi Pemasaran, EdisiTiga, Yogyakarta :ANDI Tjiptono, Fandy. 2002. Strategi Pemasaran.Yogyakarta: Andi Offset.

Umar, Husein . 2002. Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama.

Umar , Husein.2003. Metode Riset Bisnis : Panduan Mahasiswa Untuk Melaksanakan Riset Dilengkapi Contoh Proposal dan Hasil Riset Bidang Manajemen dan Akuntansi, Cetakan Kedua. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.

Zeithaml,V.A., Parasuraman , A., and Berry, L.L. 1996. The Behavioral Consequences of Service Quality. Journal Of Marketing. Vol 60. (2).

Downloads

Published

2021-10-28