Analisis Pengaruh Endorsement Celebrity Atta Halilintar Terhadap Keputusan Pembelian Kopi ABC Susu di Yogyakarta

Authors

  • Vera Wijayanti Universitas Kristen Immanuel
  • Sri Herlina Universitas Kristen Immanuel

DOI:

https://doi.org/10.61179/ejba.v15i2.684

Keywords:

Endorsement Celebrity, visibility, credibility, attraction, power, keputusan pembelian

Abstract

Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui profil responden yang membeli produk Kopi ABC Susu di Yogyakarta, untuk mengetahui pengaruh Endorsement celebrity (visibility, credibility, attraction, power) secara parsial terhadap keputusan pembelian Kopi ABC Susu di Yogyakarta, untuk mengetahui pengaruh Endorsement celebrity (visibility, credibility, attraction, power) secara simultan terhadap keputusan pembelian Kopi ABC Susu di Yogyakarta. Dalam penelitian ini, penulis mengumpulkan data melalui kuesioner, observasi, wawancara, kajian pustaka, dan internet. Metode pemilihan sampel yang digunakan oleh penulis adalah metode purposive sampling. Data yang diperoleh diuji melalui dianalisis dengan menggunakan analisis persentase, uji asumsi klasik, analisis regresi linear sederhana, uji t, analisis regresi linear berganda, uji F. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan, hasil uji validitas dan reliabilitas pada taraf signifikansi (cronbach alpha) 0,05 dan df = N-2 menunjukkan bahwa butir-butir pertanyaan yang disusun dalam kuesioner adalah valid dan semua indikator dinyatakan reliabel karena r hitung lebih besar dari r tabel dimana r tabel sebesar 0,361. Berdasarkan analisis persentase, dapat diketahui bahwa profil responden konsumen Kopi ABC Susu, sebagai berikut: Laki-laki dan perempuan sama banyaknya, usia 21-25 tahun, pada tingkat Pendidikan terakhir SMA/SMK, pekerjaan mahasiswa, pendapatan ? Rp. 1.500.000. Hasil penelitian ini menunjukan regresi linear sederhana yang diperkuat dengan uji t menunjukkan bahwa variabel visibility, credibility, attraction, power secara parsial berpengaruh signifikan terhadap variabel keputusan pembelian. Hasil regresi linear berganda yang diperkuat dengan uji F menunjukkan bahwa seluruh variabel visibility, credibility, attraction, power secara simultan berpengaruh signifikan terhadap variabel keputusan pembelian.

References

A,Shimp,Terence (2003).Periklanan Promosi & Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran.Terpadu, Jilid I ( edisi 5),Jakarta:Erlangga.

Belch, G.E and M.A. Belch. 2004.Advertising And Promotion:An Integrated Marketing Commnunications Perspective, Sixth Edition, The McGrawHill /Irwin: New York.

Biswas, D., Biswas, A. & Das, N. The differential effects of celebrity and expert endorsements on consumer risk perceptions. Journal of Advertising. 35.p.17-31, 2006.

Boone, Louis E. dan David L. Kurtz. (2002). Pengantar Bisnis. Jilid 2. Jakarta. Erlangga.

Bramantya Bayu, Yan, 2016. Pengaruh Celebrity Endoser dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Yahama Jupiter MX di Kota Denpasar. E-jurnal Manajemen Unud,Bali.

Buchari Alma., 2014. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. CV. Alfabeta, Bandung

Charles W. Lamb, Joseph F. Hair, Carl Mc Daniel. 2001. Pemasaran,Edisi pertama Salemba Empat. Jakarta.

Chriswardana Bayu Dewa, 2018. Pengaruh Celebrity Endorser terhadap keputusan pembelian wisatawan Yogyakarta pada produk oleh-oleh Jogya Scrummy.Jurnal manajemen, jurnalfe.ustjogja.ac.id.Yogyakarta.

Cravens, David W. dan Nigel F. Piercy. (2013). Strategic Marketing Tenth Edition.New York: McGrawHill.

Dinggon Rizal, Mohamad. Lumanauw, Bode. Trang,Irvan, 2015. Pengaruh Bauran Pemasaran, Celebrity Endorsement dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Samsung Galaxy pada Mahasiswa FEB UNSRAT MANADO. Jurnal EMBA,Manado.

Evans, Dave. (2010). Praise for Social Media Marketing: The Next Generation of Business Engagement. Wiley Publishing, Inc.,Indianapolis, Indiana

Fandy,Tjiptono.2011. Management Mewujudkan Layanan Prima.Yogyakarta: A ndi.

Febrianto Sony, Widiana Muslichah Erma, Rosyafah Siti, 2018. Pengaruh Visibility, Credibility, dan Power Celebrity Endorser Terhadap Minat Beli Smartphone OPPO Di Surabaya, Jurnal Manajemen Branchmark, Surabaya, fe.ubhara.ac.id. Surabaya

Griffin, Ricky W. dan Ronald J. Ebert, 2007. Bisnis, Jakarta:Erlangga.

Gevin, Sepria Harly.Damayanti, Octavia. Pengaruh Endorsement Fashion Blogger Terhadap Minat Beli Merek Lokal Pada Tahun 2013 – 2014.Jurnal Manajemen Indonesia

Kotler dan Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Jilid I. Edisi ke 13 Jakarta: Erlangga.

Kotler, dan Keller. (2012). Manajemen Pemasaran. Edisi 12. Jakarta: Erlangga

Kotler,Philip dan Amstrong,Gary 2012, Prinsip Prinsip Pemasaran Edisi 13 Jilid 1 Jakarta :Erlangga.

Kriyantono, Rachmat.2008. Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta : Kencana Prenada Media Group.

Lee, Monle dan Carla Johnson. 2007. Prinsip-Prinsip Periklanan Dalam Perspektif Global. Diterjemahkan oleh Haris Munandar dan Dudi Priatna. Jakarta:Kencana Prenada Media.

Philip Kotler, 2002, Manajemen Pemasaran, Edisi Millenium, Jilid 2, PT Prenhallindo, Jakarta.

Ranjbarian, B., Shekarchizade, Z., & Momeni, Z. (2010). Celebrity endorser in?uence on attitude toward advertisements and brands. European Journal of Social Sciences, 13(3), 399-407.

Royan, 2005,Marketing Celebrities, Jilid 1, Elex Media Komputindo, Jakarta.

Ruslan, Rosady. (2010). Manajemen Public Relations dan Media Komunikasi. Jakarta :Rajawali Pers

Schiffman dan Kanuk. 2008. Perilaku konsumen. Edisi 7. Jakarta: Indeks

Shimp, Terence A. 2010. Advertising Promotion and Other Aspects of Interated Marketing Communication 8thEdition.Canada:Nelson Education,Ltd

Shimp, Terence. 2014. Komunikasi Pemasaran Terpadu dalam periklanan dan Promosi. Jakarta: Salemba Empat

Stanton, William J. (1981: 445) (2007). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa, Bandung: Alfabeta.

Stanton,WilliamJ.2012.Prinsip pemasaran,alih bahasa:YohanesLamarto.Penerbit Erlangga, Jakarta.

Sugiyono, 2009, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatifdan R&D, Bandung : Alfabeta.

Sugiyono.2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung Alfabeta.

Superwiratni, 2018. Pengaruh celebrity endorcement terhadap keputusan menginap di Cottage. Bandung. Ejournal.upi.edu.id

Tjiptono, Fandy, 2008, Strategi Pemasaran, Edisi 3, ANDI: Yogyakarta.

Uyung Sulaksana (2005). Integrated Marketing Communication. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

White, J. (2012). Evaluating responses to celebrity endorsements using projective techniques.Qualitative Market Research: An Internal Journal.

Wijanarko, Puthud. Suharyono. Arifin, Zainul. 2016. Pengaruh Celebrity Endorser Terhadap Citra Merek Dan Dampaknya Pada Keputusan Pembelian. administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id.Malang

Downloads

Published

2021-10-28