Pengaruh Direct Marketing, Content Marketing, dan Content Creator Terhadap Impulsive Consumption Pada TikTok Live Di Yogyakarta

Authors

  • Oktuesdua El-viera Gunawan Universitas Kristen Immanuel
  • George Iwan Marantika Universitas Kristen Immanuel
  • Sri Herlina Universitas Kristen Immanuel

DOI:

https://doi.org/10.61179/ejba.v18i2.655

Keywords:

Direct Marketing, Content Marketing, Content Creator, Impulsive Consumption

Abstract

Penelitian ini berjudul “Pengaruh Direct Marketing, Content Marketing, dan Content Creator Terhadap Impulsive Consumption Pada TikTok Live Di Yogyakarta”. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh Direct Marketing, Content Marketing, dan Content Creator, secara parsial maupun simultan, terhadap Impulsive Consumption pada TikTok Live di Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif yang merupakan penelitian terhadap hubungan antar dua variabel atau lebih. Data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder yang dikumpulkan melalui kuesioner, jurnal, dan buku. Informasi terkait teknik pengumpulan data melalui kuesioner dengan responden sebanyak 100 responden yang diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling. Alat yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis persentase, uji asumsi klasik, analisis regresi linear sederhana dan berganda, dilengkapi dengan uji t, uji F dan koefisien determinasi R2. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah variabel Direct Marketing, Content Marketing, dan Content Creator secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap Impulsive Consumption pada TikTok Live Di Yogyakarta. Hasil lainnya adalah variabel Direct Marketing, Content Marketing, dan Content Creator secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Impulsive Consumption pada TikTok Live Di Yogyakarta.

References

Alalwan, A. A. (2018). Investigating the impact of social media advertising features on customer purchase intention. International Journal of Information Management, 42, 65–77.

Daeli, I. P., Yokanan, R. T., & Kaloeti, A. K. (2024). The Influence of Work Life Balance, Job Embeddedness, and Organizational Culture on Performance with Work Productivity as An Intervening Variable of Employees at Andi Publisher in Yogyakarta. SEIKO?: Journal of Management & Business, 7(2), 410–424. https://doi.org/10.37531/sejaman.v7i2.7495

Chan, G. F., Akhmad, I., & Hinggo, H. T. (2022). Pengaruh Promosi Dan Harga Terhadap Impulse Buying Pada Pengguna E-Commerce Shopee Di Pekanbaru. Economics, Accounting and Business Journal, 2(1), 151–159. https://jom.umri.ac.id/index.php/ecountbis/article/view/400

Fuadi, F., Fachri, A., & Amelia, F. (2024). Pengaruh Direct Marketing terhadap Keputusan Pembelian pada Live Streaming Tiktok dengan Kepercayaan sebagai Variabel Moderasi dalam Perspektif Bisnis Islam. Journal of Islamic Economics and Finance, 2(2), 171–197. https://doi.org/10.59841/jureksi.v2i2.1137

Gulo, E. R., Yokanan, R. T., Kristianus Kaloeti, A., Kristen, U., & Yogyakarta, I. (2023). THE INFLUENCE OF PERSONALITY & TRAINING ON EMPLOYEE PERFORMANCE WITH JOB SATISFACTION AS INTERVENING VARIABLES. Dynamic Management Journal, 7(4). https://doi.org/10.31000/dmj.v7i4

Halawa, N. H., & Saragih, N. (2024). Pengaruh Personal Selling Dan Direct Marketing Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Motor Beat Pada PT HONDA INDAKO BINJAI. KUKIMA: Kumpulan Karya Ilmiah Manajemen, 3(1), 21–32. https://doi.org/10.54367/kukima.v3i1.3783

Herlina, S., Gea, I. H., & Kaloeti, A. K. (2023). The Analysis of Differences in Financial Performance of Conventional Commercial Banks and Sharia Commercial Bank. ProBisnis: Jurnal Manajemen, 14(6), 561–571. https://doi.org/10.62398/probis.v14i6.368

Kaloeti, A. K. (2024). CORRELATION ANALYSIS OF BASIC ENGLISH PROFICIENCY TO TOEFL SCORE OF STUDENTS AT COLLEGE OF HEALTH SCIENCES IN SEMARANG. PARAPLU JOURNAL |, 1(3), 136–144. https://doi.org/10.70574/pnbz7z91

Kaloeti, A. K. (2024). English Proficiency of Lecturers at a Private University in Indonesia: TOEFL and CEFR Standards. SAGA: Journal of English Language Teaching and Applied Linguistics, 5(2), 136–148. https://doi.org/10.21460/saga.2024.52.198

Liu, X., & Zheng, X. (2024). The persuasive power of social media influencers in brand credibility and purchase intention. Humanities and Social Sciences Communications, 11(1). https://doi.org/10.1057/s41599-023-02512-1

Maulidya Nurivananda, S., Fitriyah, Z., Pembangunan, U., Veteran, N. ", & Timur, J. (2023). The Effect Of Content Marketing And Live Streaming On Purchase Decisions On The Social Media Application Tiktok (Study On Generation Z Consumers @Scarlett_Whitening In Surabaya) Pengaruh Content Marketing Dan Live Streaming Terhadap Keputusan Pembelian Pada Aplikasi Media Sosial Tiktok (Studi Pada Konsumen Generasi Z @Scarlett_Whitening Di Surabaya). In Management Studies and Entrepreneurship Journal (Vol. 4, Issue 4). http://journal.yrpipku.com/index.php/msej

Purnama, R., & Pralina, A. R. (2016). PENGARUH DIRECT MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI RESTORAN THE CENTRUM BANDUNG. The Journal: Tourism and Hospitality Essential Journal, 6(1), 2016–2973. https://doi.org/10.17509/thej.v6i1.2008

Qureshi, R. M., & Rashid, S. (2023). Impact of Digital Marketing on Impulsive Buying Behavior. Journal of Marketing Strategies, 5(1), 23–45.

Rahmawati, C. H. T., Purnomo, H., Purnamarini, T. R., Kurniawan, I. S., & Hartono, M. E. (2023). THE INFLUENCE OF SPIRITUAL LEADERSHIP ON ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR: MEDIATION OF EMOTIONAL INTELLIGENCE. Business Management Journal, 19(2), 187–197. https://doi.org/10.30813/bmj.v19i2.4806

Saptomo, C. A., Pomantow, C., & Kristianus Kaloeti, A. (2024). The Impact of Service Quality, Price, and Promotion on Customer Satisfaction at Mirota Kampus Yogyakarta. Manager?: Jurnal Ilmu Manajemen, 7(1), 15–24. http://ejournal2.uika-bogor.ac.id/index.php/bidik/about

Singh, P., Sharma, B. K., Arora, L., & Bhatt, V. (2023). Measuring social media impact on Impulse Buying Behavior. Cogent Business and Management, 10(3). https://doi.org/10.1080/23311975.2023.2262371

Yulia, I., & Mujtahid, I. M. (2023). FENOMENA CONTENT CREATOR DI KALANGAN REMAJA CITAYAM FASHION WEEK. Majalah Ilmiah Warta Dharmawangsa, 17(2), 677–690. https://doi.org/10.46576/wdw.v17i2.3180

Downloads

Published

2024-10-30