Kinerja Karyawan dan Karakter Pemimpin, Apakah Saling Terkait? Studi Eksplorasi pada Karyawan Generasi Z di Perusahaan Startup Financial Technology

Authors

  • Sondang Talenta Noviana Simamora Universitas Kristen Duta Wacana
  • Jannes Samuel Elfronzo Abhimael Panggabean Universitas Kristen Immanuel

DOI:

https://doi.org/10.61179/ejba.v18i2.644

Keywords:

Startup, financial technology, generasi Z, pemimpin, karyawan

Abstract

Perusahaan startup telah menjamur di Indonesia, hal ini dialami banyak sector perusahaan terutama sektor keuangan. Proporsi karyawan generasi Z merupakan proporsi terbesar. Kinerja karyawan sangat dituntut lewat peran kepemimpinan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepemimpinan yang efektif guna meningkatkan kinerja karyawan generasi Z pada perusahaan startup financial technology. Data diperoleh dengan melakukan wawancara tatap muka. Sampel dengan metode conditional sampling dan dibatasi sebanyak 9 informan dari total 16 individu sebagai staf operasional perusahaan startup multifinance Indonesia di Kota Yogyakarta. Kesimpulan pada penelitian ini adalah pemimpin belum mempraktikkan dan belum memenuhi 4 karakter ideal menurut generasi Z. Saran dari penelitian ini adalah tipe kepemimpinan yang layaknya diterapkan pada perusahaan ini adalah tipe kepemimpinan transformasional atau tipe kepemimpinan situasional.

References

Airyq, I. M., Hubeis, A. V. S., & Sukmawati, A. (2023). Pengaruh Kompetensi, Kepemimpinan dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Sumber Daya Manusia. Jurnal Aplikasi Bisnis Dan Manajemen, 9(1), 285–295. https://doi.org/10.17358/jabm.9.1.285

Aksakal, N. Y., & Ulucan, E. (2024). Revealing the Leadership Characteristics of the Modern Age: Generation-Z Perspective. International Journal of Organizational Leadership, 13(1), 22–38. https://doi.org/10.33844/ijol.2024.60397

Alfariz, M. D., Kurniawan, M., & Lazuarni, S. (2024). Pengaruh Kepemimpinan dan Budaya Kerja Terhadap Kinerja Karyawan pada Yayasan Global Talent Palembang. EKOMA: Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi, 3(3), 1457–1468.

Anderson, P. (2023). How Management Works. Bhuana Ilmu Populer.

Arum, L. S., Zahrani, A., & Duha, N. A. (2023). Karakteristik Generasi Z dan Kesiapannya dalam Menghadapi Bonus Demografi 2030. Accounting Student Research Journal, 2(1), 59–72. https://doi.org/10.62108/asrj.v2i1.5812

Aryanto, A. R. (2024). Leaders Lead: Langkah-Langkah Strategis Menjadi Impactful Leader. Gramedia Pustaka Utama.

Azrial, Adda, H. W., Fatlina, & Anisah. (2024). Analisis Gaya Kepemimpinan Dalam Meningkatkan Kinerja Karyawan. Intelletika?: Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 2(2), 1–5. http://repository.uin-suska.ac.id/59912/%0Ahttp://repository.uin-suska.ac.id/59912/1/SKRIPSI GABUNGAN.pdf

Bharwaney, G., Bar-on, R., & MacKinlay, A. (2007). EQ and the Bottom Line: Emotional Intelligence Increases Individual Occupational Performance, Leadership and Organisational Productivity. In Ei World.

Dwidienawati, D., Abdinagoro, S. B., Gandasari, D., & Tjahjana, D. (2021). Do generation Y and Z really concern about environmental issues? IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 729(1). https://doi.org/10.1088/1755-1315/729/1/012137

Fitri, F. F., Aiman, R. M. P., Angelica, C. N. R., Putri, N. T. A., & Saraswati, K. D. H. (2023). Career Adaptability: Studi Deskriptif pada Karyawan Gen Z. Jurnal Ilmiah PSYCHE, 17(1), 39–56. https://doi.org/https://doi.org/10.33557/jpsyche.v17i1.2510

Hermina, U. N., & Yosepha, S. Y. (2019). The Model of Employee Performance. International Review of Management and Marketing, 9(3), 69–73. https://doi.org/10.32479/irmm.8025

Janji?, I., & Ra?enovi?, T. (2019). The importance of managing innovation in modern enterprises. Ekonomika, 65(3), 45–54. https://doi.org/10.5937/ekonomika1903045j

Karina, D., Alfiyatus Sa’diyah, S., Nabilah, H., & Panorama, M. (2022). Pengaruh Perusahaan Startup Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Selama Pandemi Covid-19. Berajah Journal, 2(1), 156–166. https://doi.org/10.47353/bj.v2i1.69

Komalasari, S., Hermina, C., Muhaimin, A., Alarabi, M. A., Apriliadi, M. R., Rabbani, N. P. R., & Mokodompit, N. J. D. (2022). Prinsip Character of A Leader pada Generasi Z. PHILANTHROPY: Journal of Psychology, 6(1), 77–91. https://doi.org/10.26623/philanthropy.v6i1.4960

Miles, M. B., Huberman, M., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis. SAGE Publications Inc.

Mudarya, I. N., & Kurniawati, N. N. N. (2024). Meningkatkan Sumber Daya Manusia di Era Generasi Z dengan Menumbuhkan Kesadaran Pentingnya Kesehatan Mental. DAIWI WIDYA Jurnal Pendidikan, 11(1), 19–28.

Nikolic, J. L., & Mirkovic, V. (2023). The Engagement of Generation Z in Digital Social Entrepreneurship and Innovation. International Scientific Conference, 123–133.

Nilasari, B. M. (2023). Kepemimpinan dan Inovasi. Rajagrafindo Persada.

Nurwahidah, I., Nisa, R., Nurjamaludin, & Nurhidayat, R. (2024). Karakteristik Kepemimpinan Efektif. Jurnal Pelita Nusantara, 1(4), 449–456. https://doi.org/10.59996/jurnalpelitanusantara.v1i4.300

Prabowo, S. S., Jamaluddin, & Syafari, R. (2022). The Influence of Leadership Style and Interpersonal Communication On The Performance of The Public Relations Department In The Regional Police Force South Kalimantan. International Journal of Politic, Public Policy and Environmental Issues, 2(02), 61–71. https://doi.org/10.53622/ij3pei.v2i02.129

Rubin, H. J., & Rubin, I. S. (2005). Qualitative Interviewing: The Art of Hearing Data (2nd ed.). SAGE Publications Inc.

Sarosa, S. (2017). Penelitian Kualitatif Dasar-Dasar (2nd ed.). Penerbit Indeks.

Thompson, J. J., Hagenah, S., McDonald, S., & Barchenger, C. (2019). Toward a practice-based theory for how professional learning communities engage in the improvement of tools and practices for scientific modeling. Science Education, 103(6), 1423–1455. https://doi.org/10.1002/sce.21547

Zahara, E. (2018). Peranan Komunikasi Organisasi Bagi Pimpinan Organisasi. Jurnal Warta, 56.

Zalukhu, E. (2023). Leadership Habits and Culture Transformation. Gramedia Pustaka Utama.

Downloads

Published

2024-10-30