Strategi, Struktur, dan Proses Organisasi: Review terhadap Model Miles Dan Snow

Authors

  • Levi Nilawati Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya
  • Engelbertha E. Silalahi Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya
  • Irenius Dwinanto Bimo Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya
  • Endang Sulistyaningsih Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya

DOI:

https://doi.org/10.61179/ejba.v17i2.512

Keywords:

Strategi, Adaptasi Organisasional, Defender, Prospector, Analyser, Reactor

Abstract

Keselarasan antara kinerja manajemen dan proses organisasi yang dikembangkan untuk mengkoordinasikan dan mengendalikan teknologi memberikan kontribusi bagi kelangsungan hidup organisasi. Proses asosiasi tersebut dapat terjadi melalui tiga proses yaitu seleksi alam, seleksi rasional dan seleksi strategis. Child dalam Miles dan Snow (2003) berpendapat bahwa proses penyelarasan yang paling akurat adalah pendekatan pilihan strategis, karena struktur organisasi hanya sebagian ditentukan oleh kondisi lingkungan, pendekatan artikel ini menekankan peran pembuat keputusan senior yang bertindak sebagai penghubung utama antara organisasi dan lingkungannya. Empat tipe bentuk stabil organisasi seperti defender, prospector, analyzer, dan reactor. Disamping itu, dengan mempertimbangkan posisi organisasi di kuadran I, II, III atau IV strategi adaptasi dapat didefinisikan sebagai formulasi sukses dan implementasi strategi. Eksistensi evolusi dari teori manajemen juga akan mempengaruhi pengambilan keputusan.  Selain itu, strategi dan struktur campuran juga memiliki tantangan seperti kompleksitas manajemen dan koordinasi yang lebih tinggi, resiko terjadinya konflik yang dapat menghambat pelaksanaan strategi dan mencapai tujuan organisasi. Kesimpulannya, peran pembuat keputusan sangat penting dalam menghadapi perubahan lingkungan dan memastikan adaptasi organisasi yang tepat. Mereka harus mampu mengenali perubahan yang signifikan, menganalisis peluang dan risiko, serta mengambil keputusan strategis yang sesuai dengan tipe bentuk stabil organisasi yang ada (defender, prospector, analyzer, dan reactor). Pemanfaatan teknologi sebagai alat untuk mendukung strategi dan adaptasi juga menjadi bagian penting dari peran pembuat keputusan dalam lingkungan bisnis yang dinamis.

References

Hrebiniak, L.G., & Joyce, W, F. 1985. Organizational adaptation: Strategic choice and environmental determinism. Administrative Science Quarterly. 30: 336-349.

Jaeger, A.M., & Baliga, B.R. 1985. Control systems and strategic adaptation: Lesson from the Japanese experience. Strategic Management Journal. 6: 115-134.

Miles, R.E., & Snow, C.C. 2003. Organizational Strategy, Stucture, and Process. Stanford-California: Stanford Business Books.

Downloads

Published

2023-10-31