Pengaruh Citra Merek, Harga, Kualitas Produk dan Promosi Terhadap Minat Beli Sepatu Ventela di Provinsi Yogyakarta

Authors

  • Harni Universitas Kristen Immanuel Yogyakarta
  • Lukas Agung Heriputranto Universitas Kristen Immanuel Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.61179/ejba.v17i2.510

Keywords:

Citra Merek, Harga, Kualitas Produk, Promosi, Minat Beli

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh citra merek, harga, kualitas produk dan promosi terhadap minat beli sepatu Ventela. Metode penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang diolah SPSS 16. Alat analisis yang digunakan adalah analisis presentase, uji asumsi klasik, analisis regresi sederhana analisis regresi berganda, uji t dan uji F. Berdasarkan hasil analisis dari uji t dijelaskan bahwa citra merek, harga, kualitas produk dan promosi secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli sepatu Venetela, dimana masing masing variabel independent yaitu citra merek, harga, kualitas produk dan promosi memiliki nilai t sig < 0,05 yaitu 0,000. Berdasarkan hasil uji F dijelaskan bahwa citra merek, harga, kualitas produk dan promosi secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli, dimana nilai F sig sebesar 0,000 < 0,05.

References

Babin, Zikmund. (2011). Menjelajahi Riset Pemasaran. Edisi Kesepuluh. Penerbit Salemba empat. Jakarta.

Cooper, D.R. and Schindler, P.S. (2006). Bussines Research Method, 9th Edition. New York: McGraw-Hill Companies,Inc.

Dinawan, M. Rhendria. (2010). Analisis Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Konsumen Yamaha Mio Pt Harpindo Jaya Semarang).Jurnal Sains Pemasaran Indonesia,IX.

Firmansyah, Anang. (2018), Perilaku Konsumen, Deepublish, Budi Utama, Yogyakarta.

Ferdinand, Augusty (2006). Metode Penelitian Manajemen: Pedoman Penelitian Untuk Penulisan Skripsi, Tesis dan Disertasi Ilmu Manajemen. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, I. (2017). Model Persamaan Struktural Konsep Dan Aplikasi Program AMOS 24. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, Imam. (2009). “Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program

SPSS “. Semarang: UNDIP.

Ghozali, I. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Yogyakarta: Badan Penerbit BPFE.

Hasan, Ali. (2009). Manajemen Bisnis Syari’ah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kismono, G. (2001). Bisnis Pengantar. Yogyakarta Indonesia: BPFE. Kotler, P and Keller, K.L. (2009). Manajemen Pemasaran. Alih Bahasa

Bob Sabran. Edisi 13, jilid 2. Jakarta:PT Indeks.

Kotler, Philip dan Keller, L. Kevin (2007). Manajmen Pemasaran. Edisi 12 Jilid 1. Terjemahan: Benyamin Molan. PT. Indeks Kelompok. Gramedia: Jakarta.

Kesuma, J.A, Budiono, K, & Edi, B. Q. R. (2015). Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Volume Penjualan Holcim Solusi Rumah Bintang Jaya Di Jember. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 1(2), 162–181.

Kotler P & Armstrong, A. (2012). Prinsip-prinsip Pemasaran, Edisi ke- 12 Jakarta: Penerbit Erlangga.

Kotler, P and Keller, K.L. (2012). Manajemen Pemasaran. Alih Bahasa Bob Sabran. Edisi 13, jilid 2. Jakarta: PT Indeks.

Kotler, A. (2013). Lokasi, Harga, Dan Kualitas Pelayanan. In Jurnal

lEMBAAA A.

Kotler dan Armstrong. (2010). Dasar-Dasar Pemasaran, Jakarta: Perhalindo.

Kotler, Philip. (2005). Manajemen Pemasaran. Edisi kesebelas. Jilid 1.

Jakarta: Indeks Mulia Pustaka, Jakarta

Kotler dan Keller. (2009). Manajemen Pemasaran. Jilid I. Edisi ke 13 Jakarta: Erlangga.

Kotler dan Amstrong. (2008). Dasar-dasar Pemasaran, Jakarta: Perhallindo.

Kotler dan Amstrong. (2012). Dasar-dasar Pemasaran, Jakarta: Perhallindo.

Kurniawan, R., & Krismonita, Y. A. (2020). Pengaruh Kelengkapan Produk dan Lokasi Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Giant Expresss Sukabumi. Jurnal Ilmiah Manajemen.

Murwartiningsih, K. N. (2015). Minat Beli Sebagai Mediasi Pengaruh Brand Image dan Sikap Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Batik di Pekalongan . Management Analysis Journal , 129 -141.

Manuntun, Marihot. (2014). Metode Penelitian Proses Penelitian Praktis. Bandung: Indonesia.

Pradipta, H. O. (2015). Pengaruh Citra Merek, Periklanan Terhadap Minat Beli Konsumen Thermometer Onemed di Surabaya. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, Volume 4 Nomor 7.

Rizki, M. F. (2014). Pengaruh Promosi dan Harga Terhadap Minat Beli Perumahan Obama PT. Nailah Adi Kurnia Sei Mencirim Medan. JURNAL MANAJEMEN & BISNIS VOL.14, 135 - 143.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Managemen, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, Penelitian Tindakan, Penelitian Evaluasi. Bandung Indonesia: Alfabeta.

Swastha, Basu dan Ibnu Sukotjo. (2001). Pengantar Bisnis Modern.

Edisi Ketiga. Liberty, Yogyakarta.

Sugiyono. (2004). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta. Sugiyono. (2004). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D,

Bandung: Alfabeta.

Sugiyono.(2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung Indonesia: Alfabeta.

Setyaningsih dan Darmawan. (2004). Pengaruh Citra merek Terhadap Efektivitas Iklan. Jurnal Mahardika Vol 2 No 3.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian bisnis. Cetakan ke-15. Penerbit Bandung: Alfabeta.

Satria, Arieff. (20l7). Pengaruh Harga, Promosi, serta Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Perusahaan A-36. Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis. Volume 2; Nomor l.

Shahnaz, N. B. (2016). Faktor yang Mempengaruhi Minat Beli Konsumen di Toko Online. Management Analysis Journal, halaman 389 - 399.

Susanto, Wijanarko. (2004). Power Branding Membangun Merek Unggul dan Organisasi Pendukungnya. Jakarta: Indonesia

Salfina, L. (2018). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Minat Beli Pakaian Anak-Anak Studi Kasus Toko Rizky Dan Afdal Pariaman. Jurnal Indovisi Volume 1, halaman 83 - 100.

Supardi. 2005. Metodologi Penelitian Ekonomi dan Bisnis. Yogyakarta: UII Press

Tjiptono, Fandy. (2008). Strategi Pemasaran. Edisi ke 3. Yogyakarta: Andi.

Tjiptono, Fandy dan Diana, Anastasia. (2005). Total Quality Manajemen.

Yogyakarta: Andi.

Tjiptono, F. (2007). Manajemen Jasa. Jakarta: Andi.

Tjiptono, Fandy , (2001), Strategi Pemasaran. Edisi Ketiga, Cetakan Kesatu. Yogyakarta: Andi

Tjiptono, Fandy. (2008). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Downloads

Published

2023-10-31