Pengaruh Citra Merek, Harga dan Kepuasan Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) Merek Le Minerale di Yogyakarta

Authors

  • Konstansa Hukum Universitas Kristen Immanuel Yogyakarta
  • Chrisentianus Abdi Saptomo Universitas Kristen Immanuel Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.61179/ejba.v17i2.509

Keywords:

Citra Merek, Harga, Kepuasan Konsumen, Keputusan Pembelian

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis signifikansi pengaruh Citra Merek, Harga, dan Kepuasan Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif menggunakan data sekunder dan data primer yang diperoleh dari kuesioner yang telah di isi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen yang pernah mengkonsumsi air minum dalam kemasan Le Minerale. Pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling dan diperoleh sebanyak 120 responden sampel penelitian. Alat analisis yang digunakan yaitu Analisis Prensentase, Uji Asumsi Klasik, Regresi Linear Sederhana, Uji t, Regresi Linear Berganda dan Uji F. Berdasarkan hasil analisis menunjukkan bahwa Citra Merek, Harga, Kepuasan Konsumen secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian. Kemudian variabel Citra Merek, Harga, Kepuasan Konsumen secara simultan berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian.

References

Aditya, Rendy Wiranda. "Analisis Faktor-Faktor Keputusan Pembelian Produk Air Minum Dalam Kemasan “Studi Kasus Konsumen AMDK Merek Le Minerale di Yogyakarta”." (2019).

Ahmad, Murdianto. Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian air minum dalam kemasan Le Minerale dan di tinjau dari sudut pandang Islam:(Studi kasus Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Yasri). Diss. Universitas YARSI, 2018..

Amanah, Dita. "Pengaruh harga dan kualitas produk terhadap kepuasan konsumen pada majestyk bakery & cake shop cabang HM Yamin Medan." Jurnal keuangan & bisnis 2.1 (2010): 71-87.

Amelia, Mia Siti. Pengaruh Harga Dan Promosi Terhadap Proses Keputusan Pembelian Pada Cafe Coffee Time Kopo Bandung. Diss. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unpas, 2016.

Amilia, Suri. "Pengaruh citra merek, harga, dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian handphone merek xiaomi di kota langsa." Jurnal Manajemen Dan Keuangan 6.1 (2017): 660-669.

Amin, Amirudin M., and Shania Natasha. "Analisis Pengaruh Brand Image, Harga dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Air Minum Dalam Kemasan Merek Nestle Pure Life." Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ) 1.2 (2020): 188-198.

Dwiwinarsih, Rina. "Analisis Tingkat Kepuasan Konsumen Terhadap Pelayanan Bakmi Aisy Di Depok." (2012).

Gati, Rosmiati Binti. “ Pengaruh Iklan dan Citra Merfek terhadap Minat Beli Konsumen pada Produk air Le Minerale di Kabupaten Enrekang.”(2019): 1-82.

Ihrom, Rendi Yanuar. "Pengaruh Store Atmosphere, Design Product dan Celebrity Endorser Terhadap Keputusan Pembelian Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) Le Mineral (Studi: Kantin Sekolah Menengah Atas Negeri di Kecamatan Lumajang)." (2018).

Ihrom, Rendi Yanuar. “Pengaruh Store Atmosphere, Product Design dan Celebrity Endorser Terhadap Keputusan Pembelian Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) Le Mineral (Studi: Kantin SMA Negeri di Kabupaten Lumajang).” (2018).

Lestari, Putri. Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Dan Dampaknya Terhadap Kepercayaan Konsumen Teh Botol Sosro (Studi pada Mahasiswa Reguler Strata 1 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pasundan Bandung). Diss. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unpas Bandung, 2017.

Lestari, Putri. Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Dan Dampaknya Terhadap Kepercayaan Konsumen Teh Botol Sosro (Studi pada Mahasiswa Reguler Strata 1 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pasundan Bandung). Diss. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unpas Bandung, 2017.

Murni, Yanti. "Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian air minum dalam kemasan merek SMS pada Masyarakat VII Koto Sungai Sarik Kabupaten Padang Mariang.” Menara Ilmu 11.78 (2017).

Murty, Dea, dan Imroatul Khasanah. Analisis Pengaruh Harga, Kualitas Produk dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Air Minum Dalam Kemasan Merek Rainbow 600ml Di Semarang . dis. Fakultas Ekonomi dan Bisnis, 2015.

Philip Kotler dan Kevin Lane Keller (2008). Manajemen Pemasaran Edisi 13 Jilid

Jakarta: Penerbit Erlangga

Putra, Doni Adi, and Marheni Eka Saputri. "Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Tiket Online Angkutan Kereta Api (studi Pada Stasiun Bandung." eProceedings of Management 7.1 (2020).

Quattrini, Sara, Barbara Pampaloni, and Maria Luisa Brandi. "Natural mineral waters: chemical characteristics and health effects." Clinical Cases in Mineral and Bone Metabolism 13.3 (2016): 173.

Rahmdhany, Fitria. Pengaruh Citra Merek dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian dan Dampaknya Terhadap Kepuasan Pada Produk Smartphone di Kota Pinang. Diss. 2022.

Saputri, Marheni Eka. "Pengaruh Green Marketing Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Amdk Ades (Studi Pada Konsumen Produk Air Minum Dalam Kemasan Ades Di Kota Bandung)." eProceedings of Management 8.5 (2021).

Setyo, Purnomo Edwin. "Pengaruh kualitas produk dan harga terhadap kepuasan konsumen best autoworks." Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis 1.6 (2017): 755-764.

Suharsimi Arikunto 2010b. Produser Penelitian Suatu Pendekatan Praktek.

Bandung: Rineka Cipta.

Suharsimi Arikunto. 2013. Produser Penelitian Suatu Pendekatan Praktek.

Bandung: Rineka Cipta.

Sulistyawati, Praba. Analisis pengaruh citra merek dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian laptop merek acer di kota semarang. Diss. UNIVERSITAS DIPONEGORO, 2011.

Supratik, Agustinus. Metodologi penelitian kuantitatif & kualitatif dalam psikologi . Universitas Sanata Dharma, 2022.

Tosan Widodo, Pengaruh Brand Image, Atribut Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda Vario di Kulon Progo, (Yogyakarta : (Skripsi) Fakultas Ekonomi UNY, 2016).

Widiyanto, Ghalih Galang Tangguh. Pengaruh Citra Merek, Kualitas Layanan dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Go-Ride (Survei pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Angkatan 2016/2017 dan 2017/2018). Diss. Universitas Brawijaya, 2018.

Wulandari, Elsa Novia, and Lisa Sulistyawati. "Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk terhadap Loyalitas Pelanggan Air Minum dalam Kemasan Le Minerale (Studi pada Mahasiswa UPN ‘’Veteran’’Jawa Timur)." Syntax Literate; Jurnal Ilmiah Indonesia 7.2 (2022): 2011-2026.

Yaniria, Laoili, dan Samsurijal Hasan. "Pengaruh kualitas produk, harga dan promosi terhadap keputusan pembelian air minum dalam kemasan di kota Bangkinang." Pasca sarjana STIE Bangkinang 2.1 (2020): 50-59.

Downloads

Published

2023-10-31