Efektivitas Penggunaan Media Sosial Instagram Terhadap Minat Beli Baju

Authors

  • Ummukifdiyah Rohmatul Huda Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Anjar Puji Asmeru Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Rosa Indah Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Muhammad Yasin Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.61179/ejba.v17i1.433

Keywords:

MEDIA SOSIAL, INSTAGRAM, MINAT BELI, BAJU

Abstract

Perkembangan zaman telah mempengaruhi perkembangan internet yang sangat dibutuhkan oleh manusia dalam kehidupan sehari-hari. Internet terus dikembangkan untuk memudahkan komunikasi, salah satunya melalui penggunaan smartphone. Salah satu fitur pada smartphone adalah media sosial yang banyak digunakan oleh masyarakat karena memberikan kemudahan dalam mengakses berbagai informasi dari dulu hingga sekarang. Salah satu platform media sosial yang paling banyak digunakan adalah Instagram, sebuah aplikasi yang memungkinkan pengguna berbagi foto dan memodifikasi gambar dengan filter digital. Penggunaan Instagram tidak hanya untuk berbagi foto dan memodifikasi gambar, tetapi juga sebagai media untuk menjual pakaian. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penggunaan Instagram sebagai platform media sosial untuk menjual pakaian. Data primer digunakan dan dianalisis menggunakan analisis kualitatif deskriptif. Berdasarkan penelitian yang dilakukan diketahui bahwa Instagram membantu konsumen memperoleh informasi tentang kualitas pakaian, membantu responden menemukan trend fashion terkini, memiliki harga yang lebih murah dibandingkan dengan pakaian yang dijual di toko fisik, dan memiliki kualitas pakaian yang baik. Minat responden untuk membeli baju lebih tinggi saat menggunakan Instagram dibandingkan dengan membeli baju di toko fisik.

References

Hafid, & K. (2015). EFEKTIVITAS MEDIA SOSIAL INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA

PROMOSI BATIK SOLO. JURNAL MANAJEMEN, 1(2:)100-112.

Islamy, & Putri, D. (2015). PENGARUH ONLINE SHOP PADA MEDIA SOSIAL

INSTRAGRAM TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF SISWA SMP CIKAL

HARAPAN BUMI SERPONG DAMAI. UIN SYARIF HIDAYATULLAH, 1(2):10-20.

Islamy, D. P. (2016). PENGARUH ONLINE SHIP PADA MEDIA SOSIAL INSTRAGRAM

TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF SISWA-SISWI SMP CIKAL HARAPAN 1

BUMI SERPONG. TANGERANG SELATAN: UIN SYARIF HIDAYATULLAH

JAKARTA.

Kaplan, A. M., & Michael , H. (2016). USER OF THE WORLD, UNITE. THE CHALLENGER

AND OPPERTUNITIES OF SOCIAL MEDIA. JAKARTA: KOMPAS GRAMEDIA .

Kaplan, M., & Haenlin, M. (2010). USER OF THE WORLD, UNITE THE CHALLENGER And

OPPORTUNITIES OF SOCIAL MEDIA. AMERICA: BUSSINES HORIZONS.

Meril , T., Lathan, K., Santalesa , R., & Navetta, D. (2011). SOCIAL MEDIA : THE BUSSINES

BENEFIT MAY BE ENERMOUS BUT CAN THE RISKS REPUTATION AND LEGAL

. AMERICA: LAW GROUP .

Nabilah, H. (2019). Pengertian Whatsapp Beserta Sejarah, Manfaat, Kelebihan, dan

Kekurangan Whatsapp. Jakarta: Media Nasabah.

Novi, K. (2016). Perkembangan Teknologi Komunikasi dan Media Baru : Implikasi Terhadap

Teori Komunikasi. Jurnal Ilmu Komunikasi UGM Yogyakarta, 1(2):280-292.

Pradipptatama, T. S., Suryono, J., & Henny, S. (2022). Efektifitas Pemanfaatan Media Sosial

Instagram Sebagai Media Komunikasi Pemasaran Pada Online Shop. Media and

Empowerment Communication Journal, 1(1):39-52.

Prakoso, & A. (2014). MOBILE MANTRA UANG. JAKARTA: GRASINDO.

Sari, Chacha, & Andira. (2015). PERILAKU BERBELANJA ONLINE DI KALANGAN

MAHASISWI ANTROPOLOGI UNIVERSITAS AIRLANGGA.

ANTROUNAIRDOTNET, 4(2);100-120.

Sugiono, P. (2016). METODE PENELITIAN KUALITATIF KUANTITATIF DAN R&D .

JAKARTA: ERLANGGA

Downloads

Published

2023-04-30