Efektivitas Penggunaan Media Sosial Instagram Terhadap Minat Beli Baju
DOI:
https://doi.org/10.61179/ejba.v17i1.433Keywords:
MEDIA SOSIAL, INSTAGRAM, MINAT BELI, BAJUAbstract
Perkembangan zaman telah mempengaruhi perkembangan internet yang sangat dibutuhkan oleh manusia dalam kehidupan sehari-hari. Internet terus dikembangkan untuk memudahkan komunikasi, salah satunya melalui penggunaan smartphone. Salah satu fitur pada smartphone adalah media sosial yang banyak digunakan oleh masyarakat karena memberikan kemudahan dalam mengakses berbagai informasi dari dulu hingga sekarang. Salah satu platform media sosial yang paling banyak digunakan adalah Instagram, sebuah aplikasi yang memungkinkan pengguna berbagi foto dan memodifikasi gambar dengan filter digital. Penggunaan Instagram tidak hanya untuk berbagi foto dan memodifikasi gambar, tetapi juga sebagai media untuk menjual pakaian. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penggunaan Instagram sebagai platform media sosial untuk menjual pakaian. Data primer digunakan dan dianalisis menggunakan analisis kualitatif deskriptif. Berdasarkan penelitian yang dilakukan diketahui bahwa Instagram membantu konsumen memperoleh informasi tentang kualitas pakaian, membantu responden menemukan trend fashion terkini, memiliki harga yang lebih murah dibandingkan dengan pakaian yang dijual di toko fisik, dan memiliki kualitas pakaian yang baik. Minat responden untuk membeli baju lebih tinggi saat menggunakan Instagram dibandingkan dengan membeli baju di toko fisik.
References
Hafid, & K. (2015). EFEKTIVITAS MEDIA SOSIAL INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA
PROMOSI BATIK SOLO. JURNAL MANAJEMEN, 1(2:)100-112.
Islamy, & Putri, D. (2015). PENGARUH ONLINE SHOP PADA MEDIA SOSIAL
INSTRAGRAM TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF SISWA SMP CIKAL
HARAPAN BUMI SERPONG DAMAI. UIN SYARIF HIDAYATULLAH, 1(2):10-20.
Islamy, D. P. (2016). PENGARUH ONLINE SHIP PADA MEDIA SOSIAL INSTRAGRAM
TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF SISWA-SISWI SMP CIKAL HARAPAN 1
BUMI SERPONG. TANGERANG SELATAN: UIN SYARIF HIDAYATULLAH
JAKARTA.
Kaplan, A. M., & Michael , H. (2016). USER OF THE WORLD, UNITE. THE CHALLENGER
AND OPPERTUNITIES OF SOCIAL MEDIA. JAKARTA: KOMPAS GRAMEDIA .
Kaplan, M., & Haenlin, M. (2010). USER OF THE WORLD, UNITE THE CHALLENGER And
OPPORTUNITIES OF SOCIAL MEDIA. AMERICA: BUSSINES HORIZONS.
Meril , T., Lathan, K., Santalesa , R., & Navetta, D. (2011). SOCIAL MEDIA : THE BUSSINES
BENEFIT MAY BE ENERMOUS BUT CAN THE RISKS REPUTATION AND LEGAL
. AMERICA: LAW GROUP .
Nabilah, H. (2019). Pengertian Whatsapp Beserta Sejarah, Manfaat, Kelebihan, dan
Kekurangan Whatsapp. Jakarta: Media Nasabah.
Novi, K. (2016). Perkembangan Teknologi Komunikasi dan Media Baru : Implikasi Terhadap
Teori Komunikasi. Jurnal Ilmu Komunikasi UGM Yogyakarta, 1(2):280-292.
Pradipptatama, T. S., Suryono, J., & Henny, S. (2022). Efektifitas Pemanfaatan Media Sosial
Instagram Sebagai Media Komunikasi Pemasaran Pada Online Shop. Media and
Empowerment Communication Journal, 1(1):39-52.
Prakoso, & A. (2014). MOBILE MANTRA UANG. JAKARTA: GRASINDO.
Sari, Chacha, & Andira. (2015). PERILAKU BERBELANJA ONLINE DI KALANGAN
MAHASISWI ANTROPOLOGI UNIVERSITAS AIRLANGGA.
ANTROUNAIRDOTNET, 4(2);100-120.
Sugiono, P. (2016). METODE PENELITIAN KUALITATIF KUANTITATIF DAN R&D .
JAKARTA: ERLANGGA
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Ummukifdiyah Rohmatul Huda Umbu Lakeda

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.