Analisis Pengaruh Ukuran Perusahaan, Leverage, dan Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan (Studi Kasus pada Industri Kerajinan Gerabah Kasongan Kabupaten Bantul Yogyakarta)

Authors

  • Jusmita Luahambowo Universitas Kristen Immanuel
  • Riko Gesmani Universitas Kristen Immanuel

DOI:

https://doi.org/10.61179/ejba.v15i1.224

Keywords:

ukuran peusahaan, leverage, profitabilitas, nilai perusahaan

Abstract

           Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh secara parsial dan simultan dari
ukuran perusahaan, leverage, dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan pada Industri
Kerajinan Gerabah Kasongan Kabupaten Bantul Yogyakarta. Populasi dalam penelitian ini
adalah seluruh usaha Gerabah Kasongan Kabupaten Bantul Yogyakarta yang berjumlah 120
usaha periode 2014-2018. Teknik penentuan sampel yang digunakan adalah purposive
sampling, sehingga didapatkan sampel sebanyak 55 perusahaan. Teknik analisis data yang
digunakan dalam penelitian ini adalah uji statistik deskriptif, uji analisis regresi, uji asumsi
klasik, dan olah data menggunakan SPSS version 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
ukuran perusahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan, leverage
berpengaruh negatif dan signifikan terhadap nilai perusahaan dan profitabilitas tidak
berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan. Koefisien determinasi sebesar 93,9%
menunjukkan bahwa variasi ukuran perusahaan, leverage dan profitabilitas dapat
menjelaskan variasi nilai perusahaan sebesar 93,9%, sedangkan sisanya 6,1% disebabkan
oleh variabel-variabel lain diluar model penelitian.

Downloads

Published

2021-04-30