The Impact of Entrepreneurship Education and Family Environment on Entrepreneurship Motivation of College Students
DOI:
https://doi.org/10.61179/ejba.v15i1.220Keywords:
pendidikan kewirausahaan, lingkungan keluarga, motivasi berwirausahaAbstract
Penelitian ini mengkaji pengaruh pendidikan kewirausahaan dan lingkungan keluarga
terhadap motivasi belajar pada siswa Sekolah Bisnis STIE YKPN. Motivasi berwirausaha
sebagai variabel terikat dan variabel bebas adalah pendidikan kewirausahaan dan
lingkungan keluarga. Jumlah populasi untuk penelitian ini adalah 183 orang. Mengingat
masih ada siswa yang telah lulus maka tidak semua populasi diambil sebagai sampel. Untuk
merepresentasikan populasi penelitian digunakan rumus Slovin untuk menentukan jumlah
sampel. Berdasarkan perhitungan rumus Slovin maka sampel dalam penelitian ini berjumlah
126 responden. Kemudian data dianalisis menggunakan metode regresi berganda. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa pendidikan kewirausahaan dan lingkungan keluarga terbukti
berpengaruh positif signifikan terhadap motivasi berwirausaha. Penelitian ini membuktikan
bahwa proses pendidikan yang telah diterapkan di YKPN Business School baik secara teori
maupun praktek telah berhasil memotivasi mahasiswa untuk menjadi wirausaha. Di sisi lain,
lingkungan keluarga yang berisi bimbingan, dukungan, dan arahan dari keluarga mahasiswa
juga berpengaruh terhadap motivasi berwirausaha.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 JURNAL BISNIS DAN AKUNTANSI (EQUILIBRIUM)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.