Analisis Pengaruh Experiential Marketing terhadap Keputusan Pembelian Produk Kofisyop di Kota Yogyakarta
DOI:
https://doi.org/10.61179/ejba.v12i1.206Keywords:
experiential marketing, sense, feel, think, act, relate, keputusan pembelianAbstract
Penelitian ini adalah "ANALISIS PENGARUH EXPERIENTIAL MARKETING TERHADAP
KEPUTUSAN TERHADAP PRODUK PEMBELIAN DI KOFISYOP YOGYAKARTA". Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui pengaruh variabel pemasaran berdasarkan pengalaman yang terdiri dari: sense,
feel, think, act, dan relate secara parsial dan simultan dengan variabel keputusan pembelian. Proses
pengumpulan data dibagi menjadi data primer melalui kuesioner dan data sekunder melalui studi
literatur. Pengumpulan data primer dilakukan dengan metode purposive sampling pada 100
responden yang membeli produk Kofisyop. Alat analisis yang digunakan adalah analisis persentase,
regresi linier sederhana, uji-t, regresi linier berganda, uji F, dan koefisien determinasi R2
. Hasil
menunjukkan bahwa persentase tertinggi konsumen yang membeli produk Kofisyop adalah pria
berusia 18-25 tahun, pendidikan sekolah menengah atas, jenis pekerjaan siswa dengan tingkat
pendapatan Rp. 1.000.000,00 - Rp. 2.000.000,00, status belum menikah dan frekuensi kunjungan
lebih dari lima kali setahun. Hasil analisis regresi sederhana dan uji-t menunjukkan bahwa variabelvariabel tersebut meliputi experiential marketing, sense, feel, think, act, dan relate secara parsial
berpengaruh signifikan terhadap keputusan konsumen untuk membeli produk di Kofisyop. Hasil
analisis regresi berganda dan uji F menunjukkan bahwa variabel experiential marketing secara
simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Uji melalui R
2 dapat
dilihat bahwa variabel experiential marketing memiliki nilai pengaruh 38% terhadap keputusan
pembelian, sedangkan 62% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2018 JURNAL BISNIS DAN AKUNTANSI (EQUILIBRIUM)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.