Pemanfaatan Exelsa Moodle pada Mata Kuliah Aplikasi Komputer dalam Teknologi Informasi untuk Meningkatkan Efektifitas Pembelajaran
DOI:
https://doi.org/10.61179/ejba.v12i1.204Keywords:
exelsa moodle, efektivitas pembelajaran, penelitian tindakan kelasAbstract
Penelitian ini sedang menyelidiki penggunaan Exelsa Moodle untuk meningkatkan efektivitas
pembelajaran pada mata pelajaran praktis Aplikasi Komputer dalam Teknologi Informasi terutama
bagi siswa yang termasuk dalam Program Studi Manajemen CD di Universitas Sanata Dharma.
Metodologi penelitian menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan 17 siswa dari Program
Studi Manajemen yang terlibat dalam mata pelajaran praktis Aplikasi Komputer dalam Informasi dan
Teknologi menjadi sampel penelitian ini. Untuk mengumpulkan data, beberapa hasil evaluasi
pembelajaran diintegrasikan, seperti skor tugas praktis, skor kuis daring, skor Tes Jangka
Menengah, skor tes penyisipan, dan skor tes akhir. Selain itu, data juga diperoleh dari refleksi yang
diunggah ke www.exelsa2012.usd.ac.id dan juga evaluasi yang dilakukan akhir semester melalui
kuesioner. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) penggunaan Exelsa Moodle dapat
meningkatkan nilai tes formatif siswa, meskipun penurunan skor terjadi karena siswa tidak pernah
berpengalaman dalam menggunakan Prezi namun sebagai presentasi online; (2) berdasarkan
refleksi dan kuesioner yang diberikan kepada siswa, kegiatan pembelajaran yang terintegrasi
dengan Exelsa Moodle dapat menjadi cara yang efektif untuk menguasai Aplikasi Komputer
Teknologi Informasi lebih lanjut. Selain itu, para siswa mendapat motivasi yang lebih tinggi dalam
mengikuti dan menerapkan teknologi informasi.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2018 JURNAL BISNIS DAN AKUNTANSI (EQUILIBRIUM)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.