Analisis Pengaruh Persepsi dan Motivasi Mahasiswa Prodi Manajemen terhadap Peminatan Karir dalam Bidang Perbankan
DOI:
https://doi.org/10.61179/ejba.v12i1.200Keywords:
persepsi, motivasi kualitas, motivasi karier, motivasi ekonomiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil responden yang memiliki minat berkarir di
dunia perbankan, juga pengaruh persepsi, kualitas motivasi, motivasi berkarir, dan motivasi
ekonomi, baik secara parsial maupun simultan terhadap minat berkarir di perbankan, serta untuk
mengetahui faktor dominan apa saja yang mempengaruhi minat karier di perbankan. Penelitian ini
menggunakan observasi, wawancara, kuesioner, dan studi referensi dalam mengumpulkan data,
dengan metode cluster sampling dan purposive sampling. Data dianalisis dengan analisis
persentase, regresi sederhana, uji t, regresi berganda, uji F, dan uji asumsi klasik. Hasil analisis
persentase menunjukkan profil responden yang memiliki minat berkarir di perbankan didominasi
oleh pria (63,2%), rentang usia 17-25 tahun (99,2%), tingkat pendapatan rata-rata per bulan adalah
? Rp. 1.000.000 (64,8%), dan sebagian besar responden berasal dari Universitas Pembangunan
Nasional Veteran Yogyakarta. Hasil regresi sederhana dan uji t, menunjukkan bahwa persepsi,
motivasi kualitas, motivasi karier, motivasi ekonomi secara parsial berpengaruh signifikan terhadap
minat karir di perbankan, demikian juga hasil regresi berganda dan uji F, membuktikan bahwa
persepsi, motivasi kualitas, motivasi karier, motivasi ekonomi secara simultan berpengaruh
signifikan terhadap minat karir di perbankan. Selanjutnya, hasil Koefisien determinasi menyatakan
variabel motivasi ekonomi adalah yang paling dominan pengaruhnya terhadap minat karier.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2018 JURNAL BISNIS DAN AKUNTANSI (EQUILIBRIUM)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.