Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian pada Konsumen E-Commerce Shopee di Kabupaten Sleman Yogyakarta

Authors

  • Gracemon Sitompul Universitas Kristen Immanuel
  • Riko Gesmani Universitas Kristen Immanuel

DOI:

https://doi.org/10.61179/ejba.v13i2.182

Keywords:

e-commerce, kepercayaan, kualitas produk, harga, promos, varian produk

Abstract

Tujuan yaitu untuk mengetahui pengaruh kepercayaan, kualitas produk, harga,
promosi, dan varian produk terhadap keputusan pembelian konsumen e-commerce Shopee
di Kabupaten Sleman. Dengan sebanyak 130 responden, data dianalisis menggunakan
regresi linear berganda, uji F dan uji-t, p-value terhadap alpha dan koefisien determinasi.
Hasil uji-t menunjukkan bahwa variabel kepercayaan, kualitas produk, harga produk,
promosi, dan varian produk berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian.
Berdasarakan hasil analisis regresi berganda dan diperkuat hasil data uji F menunjukkan
bahwa variabel kepercayaan, kualitas produk, harga produk, promosi, dan varian produk
berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Selanjutnya, hasil p-value terhadap
alpha (?) untuk menentukan variabel yang paling dominan yaitu pada indikator varian
produk yang paling berpengaruh signifikan/dominan terhadap keputusan pembelian.

Downloads

Published

2019-10-31