Efek Mediasi pada Pengaruh Nilai Produk, Harga dan Citra Merek terhadap Sikap Pelanggan dan Dampaknya pada Niat Beli (Studi pada Pengguna Smartphone Samsung Di FEB UNISBANK Semarang)

Authors

  • Decidiana Natalia Neno Universitas Kristen Immanuel

DOI:

https://doi.org/10.61179/ejba.v13i2.177

Keywords:

nilai produk, , harga, citra merek, sikap, niat beli

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh variabel nilai produk,
harga, dan citra merek terhadap niat beli melalui sikap pelanggan pengguna smartphone
Samsung. Responden penelitian ini adalah mahasiswa FEB Unisbank yang ingin dan pernah
membeli smarpthone Samsung sebanyak 100 orang. Teknik pengambilan sampel dengan
menggunakan purposive sampling, kemudian dianalisis dengan menggunakan regresi
linear berganda. Data dari kuesioner kemudian diuji dengan uji validitas, reliabilitas,
hipotesis, dan regresi berganda. Hasilnya variabel nilai produk, harga, dan citra merek
berpengaruh terhadap signifikan terhadap sikap pelanggan dan nilai produk, harga, citra
merek dan sikap pelanggan berpengaruh terhadap niat beli. Uji mediasi menunjukkan
bahwa sikap bukan merupakan variabel mediasi dalam konteks pengaruh dari nilai produk
harga dan citra merek terhadap niat beli.

Downloads

Published

2019-10-31