Analisis Pola Peserta Didik Baru di SDN 2 Logede Menggunakan Algoritma Apriori

Authors

  • Gregoria Mariana Selvi Universitas Kristen Immanuel, Fakultas Sains dan Komputer, Program Studi Informatika
  • Haeni Budiati

DOI:

https://doi.org/10.61179/jurnalinfact.v8i02.577

Keywords:

Algoritma Apriori, Data Mining, Pola Peserta Didik, SDN 2 Logede, Asosiasi Role, Pendidikan.

Abstract

Abstrak
Menggunakan algoritma Apriori,
salah satu metode data mining yang
digunakan untuk menemukan pola
hubungan antara item dalam dataset yang
besar, penelitian ini bertujuan untuk
menganalisis pola siswa baru di SDN 2
Logede. Data siswa yang digunakan di sini,
terdiri dari agama, jenis kelamin, tempat
lahir, pekerjaan orang tua, pendidikan
terakhir orang tua dan alamat tinggal.
Penelitian ini melibatkan beberapa langkah
seperti pengumpulan data, pra-pemrosesan
data, penerapan algoritma Apriori, dan
analisis hasil. Setelah data peserta didik
baru dikumpulkan dari arsip sekolah,
diproses untuk memastikan bahwa
informasinya konsisten dan lengkap.
Algoritma Apriori digunakan untuk
menemukan hubungan antara sifat yang
sering muncul bersama. Salah satu teknik
data mining yang digunakan dalam
penelitian ini adalah klasifikasi asosiasi role
untuk mengolah data siswa di SDN 2
Logede. Penelitian ini mengolah data siswa
menggunakan bahasa pemograman python
untuk mendapatkan pola dan aturan. Pola
asosiasi adalah teknik data mining yang
berguna untuk menemukan pola atau
korelasi yang paling penting atau menarik
dari kumpulan data yang besar. Algoritma
Apriori, yang menggunakan teknik
peraturan asosiasi untuk melakukan
pencarian itemset sering, dapat
menghasilkan pola siswa dari tahun 2018
hingga 2023 di Sekolah Negeri 2 Logede di
Kabupaten Klaten. Dengan bantuan
Algoritma Apriori, dapat disimpulkan
bahwa jumlah siswa tertinggi akan terjadi
pada tahun 2021. Penelitian ini
menggunakan 73 data jumlah siswa dari
tahun 2018 hingga 2023. Hasil pengujian
menunjukkan bahwa nilai Support tertinggi
adalah 1,0 dan nilai Confiden tertinggi
adalah 1,0.
Kata Kunci: Algoritma Apriori, Data
Mining, Pola Peserta Didik, SDN 2 Logede,
Asosiasi Role, Pendidikan.

References

Tasyirifiah, T., & Pitaloka, A. F. (2023).

Dampak Pemberlakuan Sistem Zonasi

terhadap Daya Saing Pelajar di

Indonesia. Al-DYAS, 2(2), 381–391.

https://doi.org/10.58578/aldyas.v2i2.1

Anas, A., & Zebua, A. J. (2024).

Penerapan Aturan Asosiasi Pada

Pengunjung Perpustakaan

Universitas Graha Karya Muara

Bulian. 18(1), 27–34.

Dwi, K., & Kristoforus, H. (2023).

Pedagogi : Jurnal Pendidikan dan

Pembelajaran Potret Beban

Pendidikan Siswa dan Orangtua

dalam Menghadapi. 3(2), 44–54.

Ardiansyah, A., Zy, A. T., & Nugroho,

A. (2023). Implementasi Data Mining

Algoritma Apriori Pada Sistem

Persediaan Obat (Studi Kasus Klinik

Pratama Keluarga Kesehatan).

JISAMAR (Journal of …, 7(3), 777–

https://doi.org/10.52362/jisamar.v7i3.

Fitriah, Imam Riadi, & Herman. (2023).

Analisis Data Mining Sistem

Inventory Menggunakan Algoritma

Apriori. Decode: Jurnal Pendidikan

Teknologi Informasi, 3(1), 118–129.

https://doi.org/10.51454/decode.v3i1.

Downloads

Published

2024-08-01

How to Cite

[1]
Gregoria Mariana Selvi and H. Budiati, “Analisis Pola Peserta Didik Baru di SDN 2 Logede Menggunakan Algoritma Apriori”, IIJC, vol. 8, no. 02, pp. 66–71, Aug. 2024.