SISTEM INFORMASI UNTUK PELAPORAN KEGIATAN MAINTENANCE GEDUNG SEKOLAH (Studi Kasus: Sekolah Kristen Pelita Nusantara Kasih)

Authors

  • Retno Palupi Universitas Teknologi Surakarta
  • Yosua Adi Pradana Pradana Universitas Kristen Teknologi Solo
  • Omega Rimba Gumilang Universitas Kristen Teknologi Solo

DOI:

https://doi.org/10.61179/jurnalinfact.v8i01.468

Keywords:

Building, Maintenance, Fasilities

Abstract

Pengelolaan dan pemeliharaan fasilitas gedung di Sekolah Kristen Pelita Nusantara Kasih Surakarta masih tergolong manual dan belum memiliki sistem perencanaan yang efektif. Akibatnya, informasi mengenai daftar fasilitas yang memerlukan perawatan atau penggantian sulit didapatkan dengan cepat dan tepat, sering kali baru muncul setelah fasilitas mengalami kerusakan.Situasi ini berpotensi mengganggu kelancaran kegiatan pembelajaran dan kenyamanan di sekolah. Oleh karena itu, diperlukan solusi berupa aplikasi Sistem Informasi Pelaporan Pemeliharaan Gedung. Aplikasi ini akan mencakup jadwal perawatan, jenis dan jumlah perbaikan fasilitas yang sedang atau akan dilakukan. Hal ini akan berkontribusi pada peningkatan kualitas pelayanan Sekolah Kristen Pelita Nusantara Kasih Surakarta kepada semua anggota akademiknya.Melalui penelitian ini, dikembangkan aplikasi khusus untuk pemeliharaan fasilitas di sekolah tersebut. Aplikasi ini bertujuan mempermudah manajemen pemeliharaan fasilitas, menyajikan laporan data fasilitas, dan mengatur jadwal perbaikan dengan cepat, akurat, dan selalu terkini. Aplikasi ini diharapkan dapat menjadi alat yang efektif dalam pembuatan laporan dan perencanaan pemeliharaan fasilitas gedung.

References

Daftar Pustaka

T. Rahman, T. Wulansih, S. dan E. , “Sustem Informasi Manajemen Pemeliharaan Fasilitas Gedung Kampus Berbasis Website Studi Kasus STMIK Musirawas Lubuklinggau,” JUTIM (Jurnal Teknik Informatika Musirawas), vol. 4, no. 1, p. 60, 2019.

A. Hidayati, “Pembuatan Aplikasi Otomasi Penjadwalan Untuk Manajemen Pemeliharaan Mesin Industri,” Jurnal ELTEK, vol. 11, no. 1, p. 171, 2013.

S. K. P. N. Kasih, “Sekolah Kristen Pelita Nusantara Kasih,” Sekolah Kristen Pelita Nusantara Kasih, 2023. [Online]. Available:

https://www.pelitanusantarakasih.sch.id/.

Fitriyadi, Pemeliharaan dan Perawatan Bangunan Gedung dalam Masa Pemeliharaan dan Analisa Kerusakannya, Medan: Universitas Medan Area, 2011, p. 1.

C. Novitasari, “PENGERTIAN METODE WATERFALL – PELAJARINDO.COM,” pelajarindo.com, 23 Agustus 2023. [Online]. Available: https://pelajarindo.com/pengertian-

metode-waterfall/.

Downloads

Published

2024-01-30

How to Cite

Palupi, R., Pradana, Y. A. P., & Gumilang, O. R. (2024). SISTEM INFORMASI UNTUK PELAPORAN KEGIATAN MAINTENANCE GEDUNG SEKOLAH (Studi Kasus: Sekolah Kristen Pelita Nusantara Kasih). JURNAL SAINS DAN KOMPUTER, 8(01), 23–28. https://doi.org/10.61179/jurnalinfact.v8i01.468