Pembuatan Game Visual Novel Sebagai Media Perkuliahan Menggunakan Ren’Py Berbasis Android

Authors

  • Rudi Eko Sanjaya Siagian Universitas Kristen Teknologi Solo
  • Retno Palupi Universitas Kristen Teknologi Solo

DOI:

https://doi.org/10.61179/jurnalinfact.v8i01.467

Keywords:

Visual Novel, Ren’Py, Waterfall, Aplikasi, Android

Abstract

Game visual novel adalah permainan yang menggabungkan narasi dan grafis, memberikan pengalaman interaktif kepada pengguna. Penelitian ini bertujuan mengembangkan game visual novel sebagai media perkuliahan di Android dengan menggunakan platform Ren'Py dan metode air terjun. Langkah-langkahnya meliputi pengumpulan data, analisis kebutuhan, dan perancangan sistem menggunakan metode HIPO. Proses pengembangan meliputi tahap perancangan sistem dan implementasi, termasuk perencanaan materi perkuliahan, desain karakter, dan aset grafis. Penulis mengimplementasikan game dengan Ren'Py, menyesuaikan tampilan antarmuka yang ramah pengguna, memastikan game berjalan lancar di Android, dan menguji kinerja serta kualitas visualnya. Hasilnya adalah game visual novel edukatif yang menarik, Menyampaikan materi kuliah dengan cerita yang menarik dan interaktif, mendorong pengguna belajar dengan cara yang lebih menyenangkan. Game ini diharapkan dapat meningkatkan minat dan motivasi mahasiswa dalam belajar serta menjadi alternatif menarik bagi metode perkuliahan, menggabungkan pendidikan dan hiburan.

References

D. Cavallaro, Anime and the Visual Novel: Narrative Structure, Design and Play at the Crossroads of Animation and Computer Games, United States: McFarland, Incorporated, Publishers, 2014.

Ren'Py, 18 Mei 2023. [Online]. Available: https://www.renpy.org/.

H. Mukhtar, “ Perancangan dan pembuatan visual novel sejarah kh. ahmad dahlan sebagai media pembelajaran berbasis android.,” Rabit: Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi Univrab, 3(2), pp. 66-79, 2018.

D. Deli, “Analisis User Interface pada Media Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis Game Visual Novel.,” Journal of Applied Informatics and Computing, 5(1), pp. 9-20, 2021.

I. R. F. E. Putra, P. kasih and U. Mahdiyah, “Aplikasi game visual novel sebagai media pembelajaran dalam pengenalan teknologi komputer menggunakan aplikasi Ren’py.,” In Prosiding SEMNAS INOTEK (Seminar Nasional Inovasi Teknologi) (Vol. 5, No. 1, pp. 077-084)., pp. 077-084, 2021.

A. Kadir, From Zero to A Pro – Pemrograman aplikasi android, Yogyakarta: Andi, 2013.

D. Abdullah, Merancang Aplikasi Perpustakaan menggunakan SDLC: System Development Life Cycle., Aceh: SEFA BUMI PERSADA, 2017.

B. Indra Yatini, Flowchart, Algoritma dan Pemrogaman Menggunakan Bahasa C++ Builder., Yogyakarta: Graha Ilmu, 2010.

Downloads

Published

2024-01-30

How to Cite

Siagian, R. E. S., & Retno Palupi. (2024). Pembuatan Game Visual Novel Sebagai Media Perkuliahan Menggunakan Ren’Py Berbasis Android. JURNAL SAINS DAN KOMPUTER, 8(01), 13–17. https://doi.org/10.61179/jurnalinfact.v8i01.467