PERAN ETIKA LINGKUNGAN BISNIS DALAM MEMEDIASI PENGARUH GREEN PRODUCT, GREEN MARKETING DAN GREEN ACCOUNTING TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING PASCAPANDEMI COVID-19
Keywords:
green product, green marketing, green accounting, etika lingkungan bisnis, keunggulan bersaingAbstract
          Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh langsung green product, green marketing dan 
green accounting pada keunggulan bersaing dan etika lingkungan bisnis pascapandemi Covid-19. Serta 
mengetahui peran etika lingkungan bisnis sebagai variabel mediasi. Penelitian ini menggunakan non 
probability sampling dengan metode sampling jenuh, sampel sebanyak 37 orang anggota UPPKS 
Kalipakem Baru. Analisa data menggunakan analisis regresi berganda, uji t, uji f, dan path analysis. Hasil 
penelitian membuktikan secara langsung green product, green marketing, green accounting berpengaruh 
secara positif dan signifikan terhadap keunggulan bersaing, sedangkan etika lingkungan bisnis berpengaruh 
negatif terhadap keunggulan bersaing. Hasil penelitian selanjutnya green product dan green marketing
mempunyai pengaruh langsung terhadap etika lingkungan bisnis, namun green accounting tidak mempunyai 
pengaruh. Secara simultan green product, green marketing, green accounting mempunyai pengaruh 
signifikan terhadap keunggulan bersaing dan juga pada etika lingkungan bisnis. Akan tetapi secara tidak 
langsung green product, green marketing dan green accounting tidak berpengaruh terhadap keunggulan 
bersaing, artinya etika lingkungan bisnis tidak berhasil menjadi variabel mediasi.
 
						 
							









