IMPLEMENTASI PERENCANAAN PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI SEKOLAH
DOI:
https://doi.org/10.61179/jurnalpenabiblos.v15i2.624Keywords:
Implementasi, perencanaan pembelajaran, mutu pendidikanAbstract
Pembelajaran merupakan aktivitas terencana yang disusun guru agar peserta didik
mampu belajar dan mencapai setiap kemampuan atau potensi yang dimilikinya, dengan tujuan
agar peserta didik yang tidak tahu menjadi tahu, dan yang tidak paham menjadi paham. Sebagai
pendidik yang profesional dituntut untuk bisa menampilkan setiap keahlian khususnya ketika
mengajar di dalam kelas. Salah satu keahliannya tersebut yaitu dapat menyampaikan setiap
pembelajaran kepada peserta didik. Untuk dapat menyampaikan informasi yang efektif dan
efesien, pendidik perlu memilih strategi, metode pembelajaran dan yang terutama yaitu dapat
menyusun perencanaan pembelajaran.1 Perencanaan pembelajaran merupakan pedoman dan
standar dalam usaha mencapai tujuan pembelajaran. Maka hal itu dapat menjadi bahan
pertimbangan pendidik yang harus di siapkan, misalnya persiapan seperti kurikulum, materi
pembelajaran, metode dan strategi pembelajaran, media pembelajaran, dengan demikian mutu
pendidikan akan meningkat.2 Dalam penelitian ini penulis akan membahas mengenai
implementasi perencanaan pembelajaran yang bisa meningkatkan empat kompetensi guru
berjalan dengan baik.