PENGARUH PENGAJARAN TENTANG KEDEWASAAN DENGAN METODE PEMBELAJARAN STUDI KASUS TERHADAP TANGGUNG JAWAB PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN PAK

Authors

  • Yusak Ezer Kaley
  • Evi Tobeli
  • Puji Astuti

DOI:

https://doi.org/10.61179/jurnalpenabiblos.v14i02.489

Keywords:

kedewasaan, metode pembelajaran studi kasus, tanggung jawab

Abstract

Kedewasaan adalah suatu hal yang dimiliki setiap orang. Dalam pertumbuhan menuju kedewasaan terdapat salah dua komponen penting yang mendasari kedewasaan seseorang. Komponen pertaman adalah kedewasaan usia atau adult dan kedua adalah pola pikir. Kedewasaan usia adalah suatu hal yang mutlak terjadi pada setiap orang, tetapi kedewasaan pola pikir adalah pilihan suatu pilihan. Orang yang dewasa adalah orang yang melakukan yang benar dan tidak mudah untuk digoyahkan dengan hal-hal yang bersiat duniawi. Untuk memahami arti kedewasaan tersebut, metode pembelajaran studi kasus digunakan sebagai sarana atau metode untuk membantu peserta didik memahami, menganalisi dan menemukan solusi terhadap persoalan yang terjadi.Dengan pola pikir yang dawasa maka seseorang dapat menjalankan tugasnya sebagai seorang individu yang dikenal dengan tanggung jawab.

Tanggung jawab adalah suatu hal yang wajib lakukan dengan sepenuh hati diantaranya adalah tanggung jawab kepada Tuhan, diri sendiri, keluarga dan sekolah/pendidikan. Dengan kedewasaan pola pikir dapat memberikanpengaruh terhadap tanggung jawab peserta didik. Hasil penelitian ini memberikan hasil bahwa kedewasaan polapikir yang dimiliki peserta didik memiliki pengaruh terhadap tanggung jawab peserta didik memiliki hubungan yang valid dengan nilai korelasi rendah.

Downloads

Published

2023-11-10