PENGEMBANGAN E-MODUL PERDAMAIAN PADA MATA KULIAH PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DI PERGURUAN TINGGI
DOI:
https://doi.org/10.61179/jurnalpenabiblos.v13i02.320Keywords:
Pendidikan Agama Kristen, Perdamaian, E-modulAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan E-modul berdamai dengan diri sendiri pada
mata kuliah Pendidikan Agama Kristen di UKRIM Yogyakarta, dan (2) mengetahui kelayakan
produk E-modul. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (R&D) model Borg
and Gall yang terdiri dari 8 langkah, yaitu: penelitian dan pengumpulan informasi,
perencanaan, pengembangan produk awal, uji coba lapangan skala kecil, revisi produk uji
coba lapangan skala kecil, uji coba, produk revisi uji coba lapangan, produk akhir. Subjek
tryout dalam penelitian ini adalah 28 siswa UKRIM 2020, terdiri dari: 8 siswa uji coba
lapangan skala kecil, 20 siswa untuk uji coba lapangan. Kelayakan produk E-modul divalidasi
oleh 2 ahli materi, 1 ahli media dan 1 ahli pembelajaran.
Hasil penelitian yang diperoleh: pertama, produk yang dihasilkan adalah E-modul berdamai
dengan diri sendiri dengan menggunakan aplikasi Flip PDF Professional. E-modul terdiri dari
4 materi yaitu: who am I; Tuhan adalah sumber kedamaian; tahu potensi Anda; dan
kementerian rekonsiliasi. Setiap materi terdiri dari 5 kegiatan yaitu pengalaman, belajar
kebenaran, kegiatan, ketaatan dan penjurnalan. E-modul yang dihasilkan memungkinkan
mahasiswa untuk mempelajari mata kuliah PAK secara mandiri. Kedua, E-modul berdamai dengan diri sendiri dinyatakan sangat layak berdasarkan penilaian ahli materi, ahli media,
ahli pembelajaran dan siswa dalam kategori “sangat baik”. Rata-rata penilaian ahli materi I
dan II adalah 94,44%. Ahli media memberikan penilaian sebesar 96,42%. Selanjutnya ahli
pembelajaran memberikan penilaian sebesar 96,59%. Hasil uji coba lapangan skala kecil
siswa memberikan penilaian sebesar 89,23% dan uji coba lapangan sebesar 94,25%.