TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN KOMUNIKASI, INFORMASI, DAN EDUKASI (KIE) OBAT OLEH TENAGA KEFARMASIAN DI APOTEK NOGOSARI FARMA

Authors

  • Novalisa Nindhi Soraya Universitas Duta Bangsa Surakarta
  • Era Wandira Universitas Duta Bangsa Surakarta
  • Nadia Aisy Andika Universitas Duta Bangsa Surakarta
  • Nasya Bella Salsabilla Universitas Duta Bangsa Surakarta
  • Aris Prio Agus Santoso Universitas Duta Bangsa Surakarta
  • Tatiana Siska Wardani Universitas Duta Bangsa Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.61179/jfki.v2i1.270

Keywords:

IEC satisfaction level, Information Educational Communication, pharmacy service

Abstract

Telah dilakukan penelitian tentang tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan komunikasi, informasi, dan edukasi (KIE) obat oleh tenaga kefarmasian di apotek nogosari farma.Penelitian dilakukan dengan metode deskriptif dengan model penelitian observasi. Data dikumpulkan dari 50 responden melalui kuesioner pada bulan November 2021. Metode pengambilan sampel yang digunakan yaitu random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 50 responden masih ada kekurangan dari tenaga teknis kefarmasian apotek dalam melakukan pelayanan KIE sesuai standart. Adapun hasil rata- rata presentase kepuasan pasien yakni 82% puas dan 12% pasien tidak puas.

Downloads

Published

2022-03-31