Pengaruh Teknologi E-Commerce dan Digitalisasi Perpajakan terhadap Kinerja UMKM di Kota Solo
DOI:
https://doi.org/10.61179/ejba.v19i2.786Keywords:
Teknologi E-Commerce, Digitalisasi Perpajakan, Kinerja UMKMAbstract
Perkembangan Teknologi E-commerce membuka peluang baru bagi UMKM untuk menjangkau pasar yang lebih luas, mengurangi ketergantungan pada pasar lokal, serta meningkatkan efisiensi dalam operasional bisnis. Semakin meningkatnya bisnis e-commerce seharusnya pendapatan pajakpun semakin meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh teknologi e-commerce dan digitalisasi perpajakan terhadap kinerja umkm di kota solo. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui kuesioner. Sampel dalam penelitian ini adalah 99 pelaku UMKM yang dipilih menggunakan teknik stratified random sampling dan purposive sampling. Hasil analisis menunjukkan bahwa secara parsial, teknologi e-commerce berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja UMKM, sementara digitalisasi perpajakan tidak menunjukkan pengaruh signifikan. Namun, secara simultan kedua variabel independen tersebut berpengeruh positif terhadap kinerja UMKM. Nilai koefisien determinasi menunjukkan bahwa sebesar 33,8% variabel kinerja UMKM dapat dijelaskan oleh teknologi e-commerce dan digitalisasi perpajakan, sementara sisanya dipengaruhi oleh variabel lain diluar model. Penelitian ini memberikan kontribusi terhadap pemahaman pentingnya penerapan teknologi digital dalam pengembangan UMKM serta relevansi kebijakan perpajakan yang inklusif bagi sektor usaha mikro, kecil, dan menengah,References
Aini, N. Q., & Nurhayati, N. (2022, January). Pengaruh Kebijakan Insentif Pajak Penghasilan bagi UMKM dan Digitalisasi Pajak terhadap Kepatuhan Wajib Pajak. In Bandung Conference Series: Accountancy (Vol. 2, No. 1, pp. 341-346).
Alwendi, A. (2020). Penerapan E-Commerce Dalam Meningkatkan Daya Saing Usaha. Jurnal Manajemen Bisnis, 17(3), 317-325.
Ayu, S., & Lahmi, A. (2020). Peran e-commerce terhadap perekonomian Indonesia selama pandemi Covid-19. Jurnal Kajian Manajemen Bisnis, 9(2), 114-123.
Eryc, E. (2022). Pengaruh Dampak Digitalisasi dan Pemanfaatan Teknologi Informasi terhadap Kinerja UMKM. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(4), 1693-1704.
Etanim, F. (2022). Dampak E-Commerce dan Digitalisasi Perpajakan Terhadap Kinerja UMKM yang Dimoderasi Insentif Pajak. MEDIA AKUNTANSI PERPAJAKAN, 7(1), 27-35.
Kusmawati, R., & Furqon, I. K. (2021). PEMANFAATAN TEKNOLOGI E-COMMERCE BAGI WAJIB PAJAK UMKM DI KOTA PEMALANG (Studi Kasus Kelompok Usaha Siomay di Kecamatan Ampelgading, Kota Pemalang). Jurnal Ilmiah Ekonomi Manajemen Jurnal Ilmiah Multi Science, 12(2), 119-130.
Mayasari, R., & Narsa, I. M. (2020). Kajian kritis terhadap strategi reformasi perpajakan dalam menyambut era digital. e-Jurnal Akuntansi (EJA), 30(2), 414-427.
Mufidah, I. F., & Hasanah, A. (2023). KUPAS TUNTAS PERAN DIGITALISASI PERPAJAKAN. JIMEK: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi, 6(01), 89-97.
Noverdiansyah, R., Khoiriah, A., Kananda, V., Sutoro, M., & Supratikta, H. (2022). Pemanfaatan Teknologi Informasi Berbasis E-Commerce Terhadap Peningkatan Kualitas dan Kinerja SDM Untuk Meningkatkan Profit UKM di Masa Pandemi. Jurnal Peradaban Masyarakat, 2(3), 52-55.
Octavina, L. A., & Rita, M. R. (2021). Digitalisasi umkm, literasi keuangan, dan kinerja keuangan: Studi pada masa pandemi Covid-19. Perbanas Journal of Business and Banking, 11(1), 73-92.
Pratiwi, R. Y., & Sofya, R. (2023). Pengaruh Digitalisasi Pajak dan Kesadaran Wajib Pajak terhadap Kepatuhan Pelaporan Wajib Pajak Orang Pribadi di KPP Pratama Kota Solok. Jurnal Salingka Nagari, 2(1), 146-154.
Salwa, S. Pengaruh Digital Marketing, E-Commerce, Dan Financial Technology Terhadap Pendapatan Usaha Mikro Kecil Menengah (Umkm) Kabupaten Probolinggo (Studi Pada Umkm Kota Kraksaan-Kabupaten Probolinggo) (Bachelor's thesis, FEB UIN JAKARTA).
Satyawati, E., & Cahjono, M. P. (2017). Pengaruh self assessment system dan sistem informasi perpajakan terhadap kepatuhan wajib pajak. Jurnal Riset Akuntansi Dan Keuangan, 13(1), 31.
Simanjuntak, F. E. (2022). Pengaruh Pemanfaatan E-Commerce Dan Digitalisasi Perpajakan Terhadap Kinerja Umkm Di Jakarta Barat Dengan Insentif Pajak Selama Covid-19 Sebagai Variabel Pemoderasi. Jurnal Revenue: Jurnal Ilmiah Akuntansi, 3(1), 107-124.
Suhargo, E. S., Farida, Y. N., & Hidayat, T. (2022). Pengaruh Digitalisasi Umkm Dan Penggunaan Sistem Informasi Akuntansi Terhadap Kinerja UMKM Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Riset Akuntansi Soedirman (JRAS), 1(2), 132-142.
Surjadi, M. (2023). Pengaruh Moral Pajak Dan Etika Uang Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Umkm Dengan Peran Sistem Digitalisasi Pajak Sebagai Pemoderasi Saat Era New Normal Pandemik Covid-19. Jurnal Analisa Akuntansi Dan Perpajakan, 7(1), 1-18.
Wibowo, Galih Aprilia. “Terus Tumbuh, 13.203 UMKM Di Solo Serap 16.348 Tenaga Kerja.” Espos Indonesia, 9 Jan. 2024, ekonomi.espos.id/terus-tumbuh-13-203-umkm-di-solo-serap-16-348 tenaga-kerja-1836888
Zhafira, F. T. (2024). Pengaruh Literasi Keuangan dan Pemanfaatan Financial Technology Terhadap Kepatuhan Pajak UMKM dengan Digitalisasi Perpajakan sebagai Variabel Moderasi (Studi Kasus Pada UMKM Di Yogyakarta) (Doctoral dissertation, Universitas Islam Indonesia).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Obi Kristiawan, Endang Satyawati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.









