Pengaruh Citra Prodi dan Biaya Pendidikan terhadap Keputusan Mahasiswa dalam Memilih Pendidikan S1 Manajemen UKRIM dengan Word of Mouth sebagai Variabel Moderasi

Authors

  • Yehizkia Putra Krisnadi Universitas Kristen Immanuel

DOI:

https://doi.org/10.61179/ejba.v19i2.785

Keywords:

Citra Prodi, Biaya Pendidikan, Keputusan Memilih Prodi Manajemen, Word of Mouth, PLS-SEM

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh citra program studi dan biaya pendidikan terhadap keputusan mahasiswa dalam memilih pendidikan S1 Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis UKRIM, dengan word of mouth sebagai variabel moderasi. Data diperoleh dari 120 responden melalui kuesioner berskala Likert. Analisis data menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) berbasis Partial Least Squares (PLS). Hasil menunjukkan bahwa citra prodi berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan memilih prodi manajemen, sementara biaya pendidikan tidak berpengaruh signifikan. Word of mouth berpengaruh langsung secara signifikan, namun tidak memoderasi hubungan antara citra prodi maupun biaya pendidikan terhadap keputusan memilih prodi. Implikasi hasil ini menunjukkan pentingnya membangun citra prodi dan memperkuat peran word of mouth dalam strategi promosi institusi pendidikan tinggi.

References

Engel, J. F., Blackwell, R. D., & Miniard, P. W. (1995). Consumer Behavior. The Dryden

Ghozali, I. & Latan, H. (2015). Partial Least Squares: Konsep, Teknik dan Aplikasi Menggunakan SmartPLS 3.0. Semarang: Badan Penerbit UNDIP.

Hair, J. F., Hult, G. T. M., Ringle, C. M., & Sarstedt, M. (2017). A Primer on Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM). 2nd ed. Sage Publications.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management (15th ed.). Pearson.

Press. Fitriani, D. (2021). Pengaruh Biaya Pendidikan dan Fasilitas Terhadap Minat Masuk Perguruan Tinggi. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 15(2), 101-109.

Riyadi, A. (2019). Pengaruh Citra Institusi dan Word of Mouth Terhadap Keputusan Memilih Perguruan Tinggi. Jurnal Manajemen dan Bisnis, 20(1), 55-65. Silverman, G. (2001). The Secrets of Word-of-Mouth Marketing. AMACOM.

Downloads

Published

2025-10-30