Pengaruh Efektivitas Iklan Dengan Menggunakan Artis Pevita Pearce Terhadap Minat Beli (Studi Kasus Produk Maybelline)

Authors

  • Evi Triwati Harefa Universitas Kristen Immanuel
  • Chrisentianus Abdi Saptomo Universitas Kristen Immanuel

DOI:

https://doi.org/10.61179/ejba.v16i1.692

Keywords:

Efektifivitas Iklan, Celebrity Endorser, Minat Beli

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah iklan berpengaruh terhadap minat beli produk Maybelline. Untuk mengetahui apakah celebrity endorser berpengaruh terhadap minat beli produk Maybelline. Untuk mengetahui apakah iklan dan celebrity endorser berpengaruh terhadap minat beli produk Maybelline. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan data sekunder melalui studi pustaka. Motode pemilihan sampel yang digunakan adalah metode snowball sampling. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji instrumen, uji analisis persentase, uji asumsi klasik, analisis regresi sederhana, analisis regresi berganda, uji t dan uji F. Berdasarkan hasil analisis regresi linear sederhana yang telah dilakukan oleh peneliti, maka diperoleh hasil bahwa masing-masih independen yakni variabel efektivitas iklan secara parsial berpengaruh signifikan terhadap variabel minat beli, variabel efektivitas iklan secara parsial berpengaruh signifikan terhadap variabel minat beli. Hal ini membuktikan bahwa hipotesis yang berbunyi variabel efektivitas iklan dan celebrity endorser secara parsial berpengaruh signifikan terhadap variabel minat beli. Berdasarkan analisis regresi linear berganda yang telah dilakukan, menunjukan bahwa seluruh variabel independen yang terdiri dari efektivitas iklan dan celebrity endorser secara simultan berpengaruh signifikan terhadap minat beli produk Maybelline. Hal ini juga membuktikan bahwa hipotesis yang berbunyi variabel efektivitas iklan dan celebrity endorserr secara simultan berpengaruh signifikan terhadap minat beli produk Maybelline dinyatakan benar.

References

Ahmad Alfian Hanifuddin, “Pengaruh Kualitas Pelayanan, Gaya Hidup, Dan Penepatan Harga Terhadap Minat Beli Ulang Pada Konsumen Toko 7- Eleven”, (Skripsi S1 Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, 2014)

Ahmad Surya, “Analisis Pengaruh Store Atmosphere Dan Harga Terhadap Minat Beli Konsumen Serta Dampaknya Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen: Studi Kasus Pada Convience Store 7- Eleven Ciputat”, (Skripsi S1 Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, 2014)

Aryo Tri Anggoro, “Pengaruh Green Product Terhadap Minat Beli Konsumen: Studi Kasus Pada Lampu Philips Compact Flourescent Light Di Wilayah Depok”, (Skripsi S1 Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Indonesia, 2015)

Corryatul Filacano, “Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Daya Tarik Iklan Dan Celebrity Endorser Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Top Coffe Di Wilayah Tangerang Selatan”, (Skripsi S1 Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, 2014)

George E. Belch dan Michael A. Belch, Advertising and Promotion: An Integrated Marketing Communications Perspective, (New York: The McGraw-Hill Companies, 2001), Ed. 5, h 178-180

Gorga Leornado, “Pengaruh Kredibilitas Celebrity Sebagai Model Iklan Terhadap Niat Pembelian:Studi Kasus Agnes Monica, Dian Sastro, Deddy Mizwar, Dan Komeng,” (Skripsi S1 Fakultas Ekonomi, Universitas Indonesia,2013)

Heru Efendy. 2008. Industri Pertelevisian Indonesia: Sebuah Kajian. Jakarta: Erlangga.

Jennifer Adji dan Prof. Dr. Drs. Hatane Semuel, MS, “Pengaruh Satisfaction Dan Trust Terhadap Minat Beli Konsumen (Purchase Intention) di Starbucks The Square Surabaya,” Jurnal Manajemen Pemasaran Petra Vol.2, No. 1, (2014)

Monle Lee dan Carla Johnson. 2007. Prisinsip-Prinsip Pokok Periklanan Dalam Perspektif Global. Jakarta: Kencana

Muhibbin Syah, psikologi pendidikan dengan pendekatan baru, (Bandung:PT.Remaja Rosdakarya, 2014)

Nurrochim dan Iwan Purwanto. 2010. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Lembaga Penelitian

Philip Kotler dan Gary Armstrong. 2001. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Philip Kotler. 1995. Manajemen Pemasaran: Analisis Perencanaan, Implementasi, dan Pengendalian. Jakarta: Salemba Empat.

Shinta Tri Astika, “Pengaruh Kredibiltas Endorser Celebrity Terhadap Minat Beli Konsumen: Studi Pada Iklan Shampo Loreal Versi Dian Sastro,” (Skripsi S1 Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, Universitas Indonesia, 2015)

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sumanto. 2014. Statistika Terapan: Cetakan pertama. Yogyakarta: CAPS.

Downloads

Published

2022-04-29