http://journal.ukrim.ac.id/index.php/PFE/issue/feedPROSIDING SEMINAR NASIONAL DAN CALL FOR PAPERS FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS KRISTEN IMMANUEL2021-12-29T23:49:36+07:00DERITA SABELEAKEjournal.ukrim@gmail.comOpen Journal Systems<p align="justify">Seminar Nasional & Call for Papers merupakan kegiatan perdana bertema “Transformasi Indonesia 2021: Inovasi dan Strategi Pemulihan Ekonomi Pascapandemi Covid-19” yang diselenggarakan oleh Fakultas Ekonomi Universitas Kristen Immanuel (UKRIM) yang bertujuan untuk memfasilitasi pertukaran informasi dan pengayaan ilmu melalui pemaparan hasil penelitian, pemikiran, dan praktik bisnis pada masa pascapandemi Covid-19.</p> <p align="justify">Manfaatnya diharapkan dapat meningkatkan motivasi dan inspirasi, serta mengasah ketajaman analisis bagi seluruh akademisi untuk melakukan penelitian khususnya pada masa Pascapandemi Covid-19 ini, sekaligus memperkenalkan nama Universitas Kristen Immanuel baik pada kalangan akademisi, maupun masyarakat umum secara nasional.</p>http://journal.ukrim.ac.id/index.php/PFE/article/view/271PENGARUH DAYA TARIK WISATA, FASILITAS LAYANAN DAN LOKASI TERHADAP KEPUASAN WISATAWAN MALIOBORO YOGYAKARTA2021-12-29T23:36:33+07:00Abraham Brillian Nugrohoettyis@staff.ukdw.ac.idEty Istrianiettyis@staff.ukdw.ac.id<p> Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Daya Tarik Wisata dan Fasilitas Layanan dan <br>lokasi terhadap kepuasan wisatawan Malioboro Yogyakarta Data dikumpulkan menggunakan kuesioner <br>yang disebarkan ke sebanyak 100 wisatawan yang pernah berkunjung ke Malioboro Yogyakarta<br>menggunakan Teknik purposive sampling . Metode analisis data pada penelitian ini menggunakan regresi <br>linear berganda, uji signifikansi parsial, uji signifikansi simultan, dan uji koefisien determinasi. Variabel <br>dependen yaitu kepuasan wisatawan sedangkan variabel independen yaitu daya tarik wisata, fasilitas <br>layanan dan lokasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa daya tarik wisata memiliki pengaruh yang <br>signifikan terhadap kepuasan wisatawan, Fasilitas layanan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap <br>kepuasan wisatawan. Begitu juga dengan lokasi, memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan <br>wisatawan. Secara simultan, daya tarik wisata, fasilitas layanan dan lokasi memiliki pengaruh yang <br>signifikan terhadap kepuasan wisatawan. Adapun kepuasan wisatawan dipengaruhi oleh daya tarik wisata, <br>fasilitas layanan dan lokasi sebesar 68%.</p>2021-12-17T00:00:00+07:00Copyright (c) 2021 PROSIDING SEMINAR NASIONAL DAN CALL FOR PAPERS FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS KRISTEN IMMANUELhttp://journal.ukrim.ac.id/index.php/PFE/article/view/274PENGARUH KUALITAS LAYANAN, PERSEPSI HARGA, DAN KETEPATAN WAKTU PENGIRIMAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA J&T EXPRESS DI PERAWANG2021-12-29T23:37:18+07:00Wahyuni Siburianwahyunishara26@gmail.comLucia Nurbani Kartikawahyunishara26@gmail.com<p> Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan, persepsi harga, dan <br>ketepatan waktu pengiriman terhadap kepuasan pelanggan pada J&T Express Perawang. Metode yang <br>digunakan adalah non-probability sampling, dengan teknik purposive sampling. Metode pengumplan data <br>yaitu kuesioner, pada 100 sampel. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa kualitas pelayanan <br>terbukti berpengaruh positif dan signifikan ditunjukkan dengan nilai < 0,05 yaitu 0,011, persepsi harga <br>terbukti berpengaruh positif dan signifikan ditunjukkan dengan nilai < 0,05, yaitu 0,001, ketepatan waktu <br>pengiriman terbukti berpengaruh positif dan signifikan yang ditunjukkan dengan nilai < 0,05 yaitu 0,000. <br>Penelitian ini dilakukan pada bulan Maret 2021. Berdasarkan hasil penelitian ini, variabel kualitas <br>pelayanan, persepsi harga, dan ketepatan waktu pengiriman berpengaruh signifikan terhadap kepuasan <br>pelanggan J&T Express di Perawang baik secara simultan maupun parsial. Penelitian ini menunjukkan <br>bahwa variabel-variabel tersebut mempengaruhi kepuasan pelanggan, sehingga perlu dipertahankan dan <br>bahkan lebih baik lagi di masa mendatang, di tengah era bisnis digital. Untuk implikasi manajerial, mereka <br>harus selalu menciptakan nilai tambah bisnis yang akan meningkatkan kepuasan pelanggan.</p>2021-12-27T00:00:00+07:00Copyright (c) 2021 PROSIDING SEMINAR NASIONAL DAN CALL FOR PAPERS FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS KRISTEN IMMANUELhttp://journal.ukrim.ac.id/index.php/PFE/article/view/275ASPEK CITRA GERAI PADA KOMUNIKASI PEMASARAN ONLINE2021-12-29T23:38:01+07:00Andreas Ari Sukocoandreasas@staff.ukdw.ac.id<p> Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana citra gerai memoderasi pengaruh komunikasi <br>pemasaran online terhadap niat beli konsumen. Komunikasi pemasaran online ini bisa dilihat dari paparan <br>mengenai content maupun desain yang terpampang melalui web site perusahaan. Penelitian ini di lakukan <br>dalam upaya peneliti mengambil peran dalam keberlangsungan industri ritel ditengah suasana pandemi. <br>Kondisi pandemi ini menuntut industri ritel untuk mengembangkan sistem komunikasi pemasaran yang <br>berbasis digital. Responden yang diambil adalah mereka yang berbelanja pada gerai Indomaret dengan latar <br>belakang sosial ekonomi dan demografi yang beragam. Hasil penelitian diolah dan dianalisis dengan <br>menggunakan alat analisis regresi moderasi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa content dan <br>desain komunikasi pemasaran online memiliki pengaruh terhadap niat beli. Disisi lain aspek citra gerai juga <br>memoderasi secara positif pengaruh content komunikasi pemasaran online terhadap niat beli. Untuk <br>penelitian yang akan datang perlu di lakukan kajian mengenai penggunaan informasi berbasis digital, untuk <br>melihat prospek pemasaran digital di industri ritel.</p>2021-12-27T00:00:00+07:00Copyright (c) 2021 PROSIDING SEMINAR NASIONAL DAN CALL FOR PAPERS FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS KRISTEN IMMANUELhttp://journal.ukrim.ac.id/index.php/PFE/article/view/276PENGARUH KOMPENSASI, MOTIVASI, DAN KOMITMEN ORGANISASIONAL TERHADAP KINERJA KARYAWAN: STUDI KASUS DI COMMANDITAIRE VENOOTSCHAP DELTA SUKSES MAKMUR SURAKARTA2021-12-29T23:38:43+07:00Dyah Ayu Puri Palupidyahayupuripalupi@gmail.comMardanung Patmo Cahjonodyahayupuripalupi@gmail.com<p> Kinerja karyawan merupakan topik utama yang menarik untuk diteliti dalam penelitian ini. Karyawan <br>memberikan pengaruh terhadap pencapaian perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bukti <br>empiris pengaruh kompensasi, motivasi, dan komitmen organisasional terhadap kinerja karyawan di <br>Commanditaire Venootschap Delta Sukses Makmur Surakarta. Populasi dalam penelitian ini adalah <br>karyawan Commanditaire Venootschap Delta Sukses Makmur Surakarta sebanyak 34 karyawan, <br>pengambilan sampel menggunakan metode sensus. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak <br>34 orang karyawan. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis data dilakukan dengan uji analisis <br>regresi linear berganda dengan software SPSS 16.00. Hasil penelitian menunjukan bahwa kompensasi <br>berpengaruh signifikan dengan nilai signifikansi 0,023, motivasi berpengaruh signifikan dengan nilai <br>signifikansi 0,040, komitmen organisasi berpengaruh signifikan dengan nilai signifikansi 0,012 dan <br>kompensasi, motivasi, dan komitmen organisasi berpengaruh simultan dan signifikan terhadap kinerja <br>karyawan dengan nilai signifikansi 0,000. Secara keseluruhan, kompensasi, motivasi, dan komitmen <br>organisasional, harus tetap diperhatikan oleh perusahaan, karena dapat meningkatkan kinerja karyawan</p>2021-12-27T00:00:00+07:00Copyright (c) 2021 PROSIDING SEMINAR NASIONAL DAN CALL FOR PAPERS FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS KRISTEN IMMANUELhttp://journal.ukrim.ac.id/index.php/PFE/article/view/277PENGARUH LIKUIDITAS, GROWTH, RASIO AKTIVA TETAP DAN RASIO HUTANG TERHADAP PROFITABILITAS PERUSAHAAN MANUFAKTUR DI BURSA EFEK INDONESIA TH 2010-20192021-12-29T23:39:36+07:00Umi Murtiniumimt@staff.ukdw.ac.idDorkas Yonatanumimt@staff.ukdw.ac.id<p> Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh likuiditas, growth, rasio aktiva dan rasio hutang <br>terhadap profitabilitas untuk perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2010-<br>2019. Pupulasi penelitian adalah semua perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (677 <br>perusahaan). Metode sampling digunakan purposive sampling maka diperoleh 82 perusahaan sebagai <br>sampel penelitian. Perioda penelitian 10 tahun, dari tahun 2010 sampai dengan 2019. Jumlah data penelitian <br>820. Pengujian hipotesis dilakukan menggunakan regresi berganda untuk data panel. Model yang terpilih <br>adalah fixed effect model. Hasil pengujian dengan menggunakan alat bantu eview 14 mendukung semua <br>hipotesis penelitian ini, yaitu: likuiditas, rasio aktiva tetap dan rasio hutang berpengatuh negative terhadap <br>profitabilitas, sedangkan growth berpengaruh positif terhadap profitabilitas.</p>2021-12-27T00:00:00+07:00Copyright (c) 2021 PROSIDING SEMINAR NASIONAL DAN CALL FOR PAPERS FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS KRISTEN IMMANUELhttp://journal.ukrim.ac.id/index.php/PFE/article/view/278PENGARUH HARGA, KUALITAS PRODUK DAN LOKASI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK BATIK DI KAMPUNG BATIK LAWEYAN KOTA SURAKARTA2021-12-29T23:40:37+07:00Basuki Nugrahamasnugi70@gmail.comMarice Antohmasnugi70@gmail.comHernawati Pramestimasnugi70@gmail.com<p> Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh faktor harga, kualitas produk dan lokasi <br>terhadap keputusan pembelian di kampung batik Laweyan di kota Surakarta. Populasi seluruh konsumen <br>Batik di Kampung Batik Laweyan. Metode pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. <br>Penelitian ini menggunakan uji analisis regresi berganda dan untuk pengujian hipotesis menggunakan uji t <br>uji F serta koefisien determinasi. Hasil dari analisis data di nyatakan bahwa harga yang semakin baik akan <br>membuat para konsumen tertarik untuk membeli batik di Kampung Batik Laweyan. Variabel kualitas <br>produk tidak terlalu dipedulikan oleh konsumen dan lokasi toko yang jauh ataupun dekat mempengaruhi <br>keputusan pembelian batik di kampung batik laweyan. Untuk pengujian bersama-sama di simpulkan bahwa<br>harga, kualitas produk, dan lokasi berpengaruh terhadap keputusan pembelian batik dikampung laweyan. <br>Sedangkan hasil uji koefisien determinasi hanya 21% variasi dari keputusan pembelian dapat dijelaskan <br>oleh variabel harga, kualitas produk, dan lokasi, sisanya sebesar 79% dijelaskan oleh variabel lain yang <br>tidak masuk dalam model penelitian.</p>2021-12-27T00:00:00+07:00Copyright (c) 2021 PROSIDING SEMINAR NASIONAL DAN CALL FOR PAPERS FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS KRISTEN IMMANUELhttp://journal.ukrim.ac.id/index.php/PFE/article/view/279LAYANAN TELEKONSULTASI DALAM MEMPERTAHANKAN LOYALITAS PELANGGAN DI PRODIA CABANG SOLO PADA KONTEKS PANDEMI COVID-192021-12-29T23:42:17+07:00Lynalynaraharjo@yahoo.com<p> Dalam masa Pandemi Covid-19, lembaga bisnis dituntut bisa adaptif terhadap perubahan yang terjadi <br>dimana pelaku bisnis dan konsumen dibatasi melakukan kontak fisik atau pertemuan terbuka demi menjaga <br>kesehatan dan keselamatan. Apabila lembaga bisnis tidak bisa adaptif dan memberikan solusi layanan <br>terbaik maka pelanggan akan beralih ke pesaing yang lebih solutif dalam masa sulit seperti sekarang. Prodia <br>sebagai penyedia layanan kesehatan juga berupaya mempertahankan pelanggan di masa Pandemi Covid-19 <br>dengan layanan telekonsultasi, dimana pasien dan dokter atau tenaga medis dapat berkomunikasi efektif dan <br>memberikan layanan kesehatan secara daring sehingga pasien tetap dapat dilayani kesehatannya. Tujuan <br>penelitian ini untuk membuktikan bahwa layanan telekonsultasi mampu mempertahankan loyalitas <br>pelanggan Prodia Cabang Solo pada konteks Pandemi Covid-19. Metode penelitian menggunakan uji <br>signifikansi parameter individu (uji statistik t). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa layanan <br>telekonsultasi berpengaruh positif dan signifikan pada upaya mempertahankan loyalitas pelanggan Prodia <br>Cabang Solo pada masa Pandemi Covid-19 dengan nilai uji t dimana Layanan Telekonsultasi diperoleh <br>thitung sebesar 3,666 dan signifikansi sebesar 0,000. Nilai thitung lebih besar dari ttabel dan signifikansi lebih <br>kecil dari 0,05 dan nilai koefisien regresi 0,609. Layanan telekonsultasi dianggap menjadi cara yang efektif <br>bagi pelanggan untuk tetap bisa berkomunikasi aman dan efektif dengan dokter atau tenaga medis pada <br>masa Pandemi Covid-19.</p>2021-12-27T00:00:00+07:00Copyright (c) 2021 PROSIDING SEMINAR NASIONAL DAN CALL FOR PAPERS FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS KRISTEN IMMANUELhttp://journal.ukrim.ac.id/index.php/PFE/article/view/280PENGARUH KESEIMBANGAN KEHIDUPAN KERJA TERHADAP KOMITMEN ORGANISASI DAN KINERJA2021-12-29T23:43:00+07:00Ambar Kusuma Astutiambarka@staff.ukdw.ac.idAgustini Dyah Respatiambarka@staff.ukdw.ac.id<p> Penelitian ini bertujuan untuk melihat dampak pertukaran sosial yang terjadi pada karyawan hotel di <br>Yogyakarta. Teori utama yang digunakan adalah Teori Pertukaran Sosial. Kategori karyawan yang dijadikan <br>responden adalah mereka yang sudah menikah. Responden dianggap cocok dengan penelitian ini karena <br>salah satu variabel yang diamati adalah work life balance. Seorang pekerja yang sudah menikah perlu <br>mengatur waktu dan pikirannya dengan bijaksana agar ia dapat menjalankan perannya dalam kehidupan <br>kerja dan non-kerja. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini meliputi keseimbangan kehidupan kerja, <br>komitmen organisasi, dan kinerja. Untuk mengukur variabel penelitian digunakan referensi dari penelitian <br>sebelumnya. Instrumen pengumpulan data primer yang digunakan adalah kuesioner. Sedangkan untuk <br>teknis pelaksanaannya, responden memilih lima alternatif pilihan sesuai dengan persepsinya. Statistik <br>deskriptif digunakan untuk menganalisis profil responden penelitian. Untuk mengolah data profil responden <br>digunakan program SPSS. Sedangkan untuk menguji hipotesis penelitian digunakan PLS-SEM dan <br>menggunakan program SmartPLS. Beberapa parameter yang diamati pada model pengukuran antara lain <br>loading factor, AVE, dan composite reliability. Untuk pengujian model struktural, kegiatan yang dilakukan <br>adalah pengujian hipotesis dan pengamatan nilai R-square. Hasil penelitian menunjukkan keseimbangan <br>kehidupan kerja berpengaruh terhadap komitmen organisasi dan kinerja. Implikasi dari penelitian ini adalah <br>perlunya meningkatkan work-life balance dan menjaga komitmen organisasi karyawan.</p>2021-12-27T00:00:00+07:00Copyright (c) 2021 PROSIDING SEMINAR NASIONAL DAN CALL FOR PAPERS FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS KRISTEN IMMANUELhttp://journal.ukrim.ac.id/index.php/PFE/article/view/281PARIWISATA HIJAU DAN PEMASARAN PARIWISATA HIJAU SEBAGAI UPAYA MEWUJUDKAN PARIWISATA BERKELANJUTAN DI ERA COVID-192021-12-29T23:43:50+07:00Jumadijmd.mataram@gmail.comAscasaputra Adityajmd.mataram@gmail.com<p> Tulisan ini bertujuan untuk membangun model pariwisata hijau dan pemasaran pariswisata hiaju <br>dalam mewujudkan pariwisata berkelanjutan di masa Covid-19. Mengelola produk pariwisata dan strategi <br>pemasaran pariwisata yang baik menjadi sebagai suatu keniscayaan. Salah satu konsep pengelolaan <br>kepariwisataa yang diharapkan dapat memberikan nilai tambah ganda adalah melalui konsep pengembangan <br>green tourism dan green marketing tourism. Namun green tourism dan green marketing tourism tidak dapat <br>berjalan dengan baik jika tidak ada dukungan pemerintah berupa kebijakan. Oleh karena itu idelanya dibuat <br>kebijakan pemerintah yang mengarah kepada pelaksanaan green tourism maupun green marketing tourism <br>dapat mempermudah tercapainya pariwisata berkelanjutan.</p>2021-12-27T00:00:00+07:00Copyright (c) 2021 PROSIDING SEMINAR NASIONAL DAN CALL FOR PAPERS FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS KRISTEN IMMANUELhttp://journal.ukrim.ac.id/index.php/PFE/article/view/282SKALA WIRAUSAHA, LAMA WIRAUSAHA PADA EKSISITENSI UMKM DI MASA PANDEMI COVID -19 DI KOTA YOGYAKARTA2021-12-29T23:49:36+07:00Aris Indriyantiarisindriyanti@stieykp.ac.id Selo Winarniarisindriyanti@stieykp.ac.id Edi Setiyawanarisindriyanti@stieykp.ac.idHening Nakuloadiarisindriyanti@stieykp.ac.idFajar Aribowoarisindriyanti@stieykp.ac.id<p> Perekonomian Indonesia saat ini sedang mengalami sedikit hambatan karena adanya pandemi Covid19. Adanya pandemi ini membuat beberapa sektor di Indonesia mengalami dampak yang cukup signifikan <br>terutama dalam bidange terutama UMKM. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh skala <br>wirausaha, lama wirausaha terhadap eksistensi UMKM yang dapat bertahan dimasa pandemic di kota <br>Yogyakarta. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu menggunakan kuesioner. Analisis data <br>menggunakan model regresi berganda dengan bantuan analisis SPSS. Metode pengambilan sampel untuk <br>penelitian ini berpedoman pada penentuan jumlah sampel sebanyak 50 pemilik UMKM. Teknik pengujian <br>instrumen dalam penelitian ini yaitu uji validitas dan reliabilitas, uji regresi, uji hipotesis berupa uji t, uji F <br>dan uji determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial, skala wirausaha (X1) dan lama <br>wirausaha (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap eksistensi pada UMKM terutama dimasa <br>pandemi Covid-19. Maka dari itu, pihak-pihak yang memiliki kepentingan terhadap peningkatan usaha <br>mikro terutama Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi di Kota Yogyakarta dapat meningkatkan <br>skala wirausaha dan lama wirausaha sehingga UMKM dapat mempertahankan eksistensinya dimasa <br>Pandemi Covid-19.</p>2021-12-27T00:00:00+07:00Copyright (c) 2021 PROSIDING SEMINAR NASIONAL DAN CALL FOR PAPERS FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS KRISTEN IMMANUELhttp://journal.ukrim.ac.id/index.php/PFE/article/view/283BAGAIMANA MARKETING MEMBANTU MELALUI PANDEMI COVID-192021-12-28T19:29:02+07:00Cahya Purnama Asricahyapurnama.uwm@gmail.comArdhi Khairicahyapurnama.uwm@gmail.comI Kadek Suartanacahyapurnama.uwm@gmail.com<p> Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana marketing membantu melalui pandemi <br>Covid-19. Penelitian ini menggunakan metode studi pustaka untuk mengetahui hal-hal yang terkait dengan <br>marketing dan pandemi Covid-19. Artikel penelitian yang digunakan diambil dari laman sciencedirect.com. <br>Hasil studi pustaka menunjukkan bahwa terdapat beberapa hal yang terkait dengan marketing dan pandemi <br>Covid 19 yaitu coopetition, radical change initiatives by marketing middle manager, market shaping <br>strategies, dan marketing innovations.</p>2021-12-28T00:00:00+07:00Copyright (c) 2021 PROSIDING SEMINAR NASIONAL DAN CALL FOR PAPERS FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS KRISTEN IMMANUELhttp://journal.ukrim.ac.id/index.php/PFE/article/view/284PERAN ETIKA LINGKUNGAN BISNIS DALAM MEMEDIASI PENGARUH GREEN PRODUCT, GREEN MARKETING DAN GREEN ACCOUNTING TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING PASCAPANDEMI COVID-192021-12-28T19:42:26+07:00Bahribahri@widyamataram.ac.idNiken Permata Saribahri@widyamataram.ac.idDicky Arnendra Dwi Nugrahabahri@widyamataram.ac.id<p> Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh langsung green product, green marketing dan <br>green accounting pada keunggulan bersaing dan etika lingkungan bisnis pascapandemi Covid-19. Serta <br>mengetahui peran etika lingkungan bisnis sebagai variabel mediasi. Penelitian ini menggunakan non <br>probability sampling dengan metode sampling jenuh, sampel sebanyak 37 orang anggota UPPKS <br>Kalipakem Baru. Analisa data menggunakan analisis regresi berganda, uji t, uji f, dan path analysis. Hasil <br>penelitian membuktikan secara langsung green product, green marketing, green accounting berpengaruh <br>secara positif dan signifikan terhadap keunggulan bersaing, sedangkan etika lingkungan bisnis berpengaruh <br>negatif terhadap keunggulan bersaing. Hasil penelitian selanjutnya green product dan green marketing<br>mempunyai pengaruh langsung terhadap etika lingkungan bisnis, namun green accounting tidak mempunyai <br>pengaruh. Secara simultan green product, green marketing, green accounting mempunyai pengaruh <br>signifikan terhadap keunggulan bersaing dan juga pada etika lingkungan bisnis. Akan tetapi secara tidak <br>langsung green product, green marketing dan green accounting tidak berpengaruh terhadap keunggulan <br>bersaing, artinya etika lingkungan bisnis tidak berhasil menjadi variabel mediasi.</p>2021-12-28T00:00:00+07:00Copyright (c) 2021 PROSIDING SEMINAR NASIONAL DAN CALL FOR PAPERS FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS KRISTEN IMMANUELhttp://journal.ukrim.ac.id/index.php/PFE/article/view/285DAMPAK PHYSICAL DISTANCING TERHADAP PENDAPATAN PEDAGANG DI PASAR TRADISIONAL SOROGENEN YOGYAKARTA PADA ERA PANDEMI COVID-192021-12-28T19:50:37+07:00Riko Gesmanirikogesmanibima@gmail.com<p> Pandemi Covid-19 yang sekarang menjadi menjadi hambatan bagi pedagang maupun konsumen <br>dalam bertransaksi. Peraturan pemerintah yang mewajibkan masyarakat melakukan pembatasan sosial <br>(physical distancing) membuat para pedagang terhambat dalam proses perdagangan. Penelitian ini bertujuan <br>(1) mengidentifikasi dampak yang ditimbulkan akibat adanya pembatasan sosial (physical distancing) bagi <br>pedagang dan konsumen dan (2) langkah yang diambil para pedagang pada era pandemi Covid-19. <br>Pendekatan penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Sumber data berasal dari beberapa pedagang yang <br>berjualan di Pasar Sorogenen Yogyakarta, seperti pedagang sembako, pedagang sayuran, pedagang buah, <br>pedagang daging, dan pedagang bahan kebutuhan lainnya yang berjumlah 80 responden. Pengumpulan data <br>pada penelitian ini menggunakan teknik wawancara, rekam, dan kuesioner. Analisis data pada penelitian ini <br>menggunakan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan (1) dampak yang ditimbulkan akibat <br>adanya pembatasan sosial (physical distancing) bagi pedagang di Pasar Tradisional Sorogenen yaitu pasar <br>cenderung sepi pembeli, daya beli konsumen menurun, dan variasi dagang yang ditawarkan pedagang <br>terbatas; (2) langkah-langkah yang diambil para pedagang di Pasar Tradisional Sorogenen Yogyakarta pada <br>era Covid-19 yakni mengurangi jumlah dan variasi dagangannya, menjual barang dagangan dengan cara <br>menjual secara daring dan mengantar permintaan konsumen ke rumah pembeli.</p>2021-12-28T00:00:00+07:00Copyright (c) 2021 PROSIDING SEMINAR NASIONAL DAN CALL FOR PAPERS FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS KRISTEN IMMANUELhttp://journal.ukrim.ac.id/index.php/PFE/article/view/286CALL FOR MULTI HELIX INNOVATION COLLABORATION IN CHANGING THE COVID-19 PANDEMIC ENVIRONMENT2021-12-28T20:01:12+07:00Hadi Purnomohadipurnomo@ukrimuniversity.ac.id<p> Kerjasama berbagai aktor dalam riset dan inovasi sangat diperlukan dalam menghadapi kondisi <br>pademi COVID-19. Situasi pademi COVID-19 merupakan kondisi perubahan yang ekstrim, suatu bencana <br>yang perlu direspon oleh pemerintah. Respon dilakukan dalam kerangka kerja bentuk kolaborasi. Studi <br>tentang riset teknologi, inovasi serta peran ilmu pengetahuan pada kesuksessan inovasi pada kondisi <br>perubahan lingkungan sangat penting. Riset-riset dilakukan oleh badan riset, pemerintah dan organisasi <br>internasional. Adanya peningkatan pada Responsible Research dan Innovation (RRI) menunjukkan upaya <br>serius untuk menangani tantangan perubahan. Riset yang dilakukan meliputi kerjasama multi helix, <br>pengembangan kapabilitas serta peran masing-masing aktor dalam menciptakan ekosistem inovasi. <br>Keterhubungan industri dan universitas berperan penting dalam open innovation, sehingga diperlukan <br>kemitraan perusahaan dan universitas bertujuan untuk memecahkan masalah dalam bentuk riset. Kerjasama <br>pemerintah, industri dan universitas menjadi elemen penting bagi strategi inovasi yang berkontribusi secara <br>nyata pada situasi perubahan lingkungan karena pandemi COVID-19. Salah satu bentuk respon kerjasama <br>dilakukan oleh pemerintah Indonesia dengan secara aktif melakukan riset inovasi guna memberikan <br>kontribusi bagi penanganan kondisi perubahan lingkungan. Konseptual paper ini bertujuan: pertama untuk <br>pengembangan konseptual bentuk kerjasama sebagai respon kondisi perubahan lingkungan, serta tujuan <br>kedua memberikan gambaran kontekstual riset inovasi kerjasama multi helix khususnya di Indonesia.</p>2021-12-28T00:00:00+07:00Copyright (c) 2021 PROSIDING SEMINAR NASIONAL DAN CALL FOR PAPERS FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS KRISTEN IMMANUELhttp://journal.ukrim.ac.id/index.php/PFE/article/view/287KOMPARASI KINERJA APARATUR SIPIL NEGARA YOGYAKARTA DI MASA PANDEMI COVID-192021-12-28T20:54:25+07:00Chrisentianus Abdi Saptomochrisabdisaptomo@ukrimuniversity.ac.idForman Halawachrisabdisaptomo@ukrimuniversity.ac.idAgus Kartinachrisabdisaptomo@ukrimuniversity.ac.idRita Kristinachrisabdisaptomo@ukrimuniversity.ac.id<p> Judul penelitian yang diusulkan ini adalah Perbandingan Kinerja Aparatur Sipil Negara Di <br>Yogyakarta pada Masa Pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan studi kasus Dinas Tenaga Kerja dan <br>Transmigrasi, Kantor Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Kemendagri Daerah Yogyakarta, dan <br>Kantor Balai Besar Wilayah Sungai Serayu Opak, semuanya di Daerah Istimewa Yogyakarta. Penelitian ini <br>bertujuan untuk mengetahui apakah gaya kepemimpinan, motivasi kerja, lingkungan kerja dan <br>pengembangan karir berpengaruh terhadap kinerja Aparatur Sipil Negara selama masa pandemi Covid-19 <br>di Yogyakarta. Tujuan selanjutnya adalah untuk membandingkan seberapa besar pengaruh variabel <br>independen terhadap variabel dependen yang ada di ketiga instansi pemerintah Daerah Istimewa <br>Yogyakarta. Tujuan lainnya adalah, untuk mengetahui mana dari ketiga studi kasus tersebut, variabel <br>independen yang paling berpengaruh terhadap variabel dependen, selama masa pandemi Covid-19, <br>menunjukkan persamaan atau perbedaan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah <br>dengan melakukan survei di tiga kantor sebagai sampel. Dengan metode purposive sampling, diambil 110 <br>sampel di setiap kantor. Alat yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif, yaitu regresi<br>linier sederhana dan regresi linier berganda. Sebelumnya, instrumen tersebut diuji validitas dan <br>reliabilitasnya, serta diuji asumsi klasiknya. Alat lain yang digunakan adalah Koefisien Determinasi dan <br>analisis nilai p. Diharapkan hasil penelitian dengan membandingkan situasi di ketiga kantor tersebut, di <br>tengah situasi pandemi Covid-19, menunjukkan kinerja yang positif.</p>2021-12-28T00:00:00+07:00Copyright (c) 2021 PROSIDING SEMINAR NASIONAL DAN CALL FOR PAPERS FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS KRISTEN IMMANUELhttp://journal.ukrim.ac.id/index.php/PFE/article/view/288ANALISIS PENGARUH NET PROFIT MARGIN (NPM), RETURN ON ASSETS (ROA), DAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (STUDI KASUS PADA PERUSAHAAN PERTAMBANGAN BATU BARA TERDAFTAR DI BEI TAHUN 2014-2019)2021-12-28T21:05:03+07:00Kristian Suwarniaprasetyanta@gmail.comAgus Prasetyantaaprasetyanta@gmail.comLukas Agung Heri Putrantoaprasetyanta@gmail.com<p> Penelitian berjudul Analisis Pengaruh Net Profit Mrgin (NPM), Return On Assets (ROA) Dan <br>Corporate Social Responsibility (CSR) Terhadap Nilai Perusahaan, Study Kasus pada Perusahaan <br>Pertambangan Batu Bara yang Terdaftar di BEI Tahun 2014-2019. Tujuan penelitian ini adalah untuk <br>mengetahui dan menganalisis pengaruh Net Profit Margin (NPM), Return On Asset (ROA), dan Corporate <br>Social Responsibility (CSR) terhadap nilai perusahaan secara parsial. Serta untuk mengetahui pengaruh dan <br>analisis Net Profit Margin (NPM), Return on Asset (ROA), dan Corporate Social Responsibility (CSR) <br>secara simultan terhadap nilai perusahaan. Penelitian ini, menggunakan data sekunder melalui studi pustaka. <br>Metode pemilihan sampel adalah metode Purposive Sampling. Menggunakan analisis statistik deskriptif, <br>uji asumsi klasik, regresi sederhana, dan regresi berganda. Berdasarkan hasil analisis regresi sederhana dan <br>uji t menunjukkan bahwa variabel Net Profit Margin (NPM), Return on Asset (ROA) dan Corporate Social <br>Responsibility (CSR) secara parsial berpengaruh secara signifikan terhadap nilai perusahaan. Berdasarkan <br>hasil analisis regresi berganda dan uji F, variabel Net Profit Margin (NPM), Return On Asset (ROA), dan <br>Corporate Social Responsibility (CSR) secara simultan berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan.</p>2021-12-28T00:00:00+07:00Copyright (c) 2021 PROSIDING SEMINAR NASIONAL DAN CALL FOR PAPERS FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS KRISTEN IMMANUELhttp://journal.ukrim.ac.id/index.php/PFE/article/view/289REKAPITALISASI MODAL SOSIAL DAN PENGEMBANGAN EKONOMI KREATIF BERBASIS TRIPLE HELIX DI YOGYAKARTA ERA NORMAL BARU2021-12-28T21:11:59+07:00Supriyantaoktivabiyan@yahoo.co.idOktiva Anggrainioktivabiyan@yahoo.co.id<p> Dengan mengambil studi kasus Program Gandeng-gendong pemkot Yogyakarta, penelitian ini <br>mengkaji rekapitalisasi modal sosial dan pengembangan ekonomi kreatif berbasis triple helix di kota <br>Yogyakarta. Dengan desain penelitian kualitatif deskriptif, pengumpulan data dengan wawancara, observasi <br>dan sumber data sekunder. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modal sosial dapat menjadi jembatan <br>dalam memperoleh akses sumber daya baik modal, fasilitas maupun instrumen-instrumen perekonomian <br>seperti pendidikan dan pelatihan bagi pengembangan ekonomi kreatif di Yogyakarta. Peran komunitas <br>cukup penting menjamin terjadinya rekapitalisasi modal sosial di balik keterbatasan era New Normal.<br>Pendokumentasian data, afirmasi politik, sinergi perguruan tinggi, pemerintah dan swasta, dibutuhkan agar <br>program Gandeng Gendong dapat mempercepat pemulihan perekonomian khususnya pengembangan <br>ekonomi kreatif di kota Yogyakarta.</p>2021-12-28T00:00:00+07:00Copyright (c) 2021 PROSIDING SEMINAR NASIONAL DAN CALL FOR PAPERS FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS KRISTEN IMMANUELhttp://journal.ukrim.ac.id/index.php/PFE/article/view/290ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN PENGGUNA TERHADAP PENERAPAN RAIL TICKET SYSTEM (RTS) PT KERETA API INDONESIA (PERSERO) DAERAH OPERASI VI YOGYAKARTA2021-12-28T21:22:53+07:00Edi Susantoagustini@staff.ukdw.ac.idAgustini Dyah Respatiagustini@staff.ukdw.ac.id<p> Penelitian ini bertujuan untuk menguji keberhasilan sistem informasi akuntansi Rail Ticket System <br>(RTS) pada tingkat kepuasan pengguna. Rail Ticket System (RTS) berkaitan dengan system informasi <br>akuntansi PT KAI untuk membentuk nilai (value) melalui aktivitas utama yaitu Pemasarana & penjualan, <br>dan Pelayanan. Aktivitas Pemasarana & penjualan, dan Pelayanan berkaitan langsung dengan pelanggan PT <br>KAI. Kepuasan pelanggan diperoleh melalui kualitas layanan Rail Ticket System. Kualitas layanan meliputi<br>aspek tangible, reliability, dan responsiveness. Populasi penelitian adalah penumpang Kereta Api Daerah <br>Operasi VI Yogyakarta di stasiun Yogyakarta (Tugu) dan Stasiun Lempuyangan, karena di Stasiun Tugu <br>dan Stasiun Lempuyangan sudah disediakan Vending Machine sebagai salah satu fasilitas pembelian tiket <br>online dengan aplikasi rail ticket system (RTS). Sampel penelitian adalah penumpang Kereta Api di Daerah <br>Operasi VI Yogyakarta pada stasiun Yogyakarta (Tugu) dan Stasiun Lempuyangan. Sample penelitian <br>dipilih menggunakan purposive random sampling. Hasil penelitian menunjukkan variabel tangible dan <br>variabel kedua, yaitu reliability tidak berpegaruh terhadap kepuasan pengguna. Variabel responsiveness<br>berpengaruh positif terhadap kepuasan pengguna.</p>2021-12-28T00:00:00+07:00Copyright (c) 2021 PROSIDING SEMINAR NASIONAL DAN CALL FOR PAPERS FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS KRISTEN IMMANUELhttp://journal.ukrim.ac.id/index.php/PFE/article/view/291PENERAPAN BALANCED SCORECARD PADA BISNIS KULINER DI KARANGANYAR2021-12-28T21:32:33+07:00Hernawati Pramestihernawatipram@gmail.comKristian Prasetyo Sidhikhernawatipram@gmail.com<p> Penelitian ini berupa penyajian gambaran secara lengkap tentang suatu penelitian. Pengukuran yang <br>digunakan untuk perspektif keuangan yaitu dengan Return On Invesment, Sales Growth, dan Profits Margin; <br>perspektif pelanggan dengan Kepuasan Pelanggan; perspektif bisnis internal dengan Manufacturing <br>Effectiveness Cycle dan Number of Imperfect Product; serta perspektif pertumbuhan dan pembelajaran <br>dengan Kepuasan Karyawan, Produktivitas Karyawan dan Tingkat Perputaran Karyawan. Hasil penelitian <br>menunjukan bahwa perpektif keuangan dan bisnis internal Warung Omahe Karanganyar memerlukan <br>perbaikan. Sedangkan untuk perspektif pelanggan serta perspektif pertumbuhan dan pembelajaran perlu <br>dipertahankan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Balanced Scorecard dapat diterapkan pada manajemen <br>Warung Omahe Karanganyar. </p>2021-12-28T00:00:00+07:00Copyright (c) 2021 PROSIDING SEMINAR NASIONAL DAN CALL FOR PAPERS FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS KRISTEN IMMANUELhttp://journal.ukrim.ac.id/index.php/PFE/article/view/292PENGEMBANGAN MODEL VISUALISASI PENGUKURAN KINERJA KEUANGAN PADA UMKM2021-12-28T21:40:09+07:00Endang Satyawatiendangsatyawati@uks.ac.id Mujiyonoendangsatyawati@uks.ac.id<p> Tulisan ilmiah ini, membahas visualisasi pengukuran kinerja keuangan usaha mikro kecil dan <br>menengah. Obyek penelitian yang dipilih peneliti adalah UMKM. Perkembangan teknologi yang sangat <br>cepat dan kebutuhan informasi yang akurat, relevan dan tepat waktu, sangat diharapkan oleh pengguna/user <br>informasi baik pihak internal maupun eksternal perusahaan. Sedangkan dalam kenyataan, masih banyak <br>UMKM yang menggunakan sistem manual dalam pengolahan data operasional. Metode penelitian yang <br>digunakan adalah metode participatory action research (PAR). Hasil penelitian memberikan kontribusi <br>perkembangan UMKM, dengan memberikan bukti bahwa visualisasi pengukuran kinerja keuangan sangat <br>penting untuk mengetahui baik buruknya kondisi keuangan yang mencerminkan prestasi perusahaan dalam <br>periode tertentu.</p>2021-12-28T00:00:00+07:00Copyright (c) 2021 PROSIDING SEMINAR NASIONAL DAN CALL FOR PAPERS FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS KRISTEN IMMANUELhttp://journal.ukrim.ac.id/index.php/PFE/article/view/293PENGARUH PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN DAN PENGALAMAN BERWIRAUSAHA TERHADAP SIKAP BERWIRAUSAHA MAHASISWA PMW UNIVERSITAS JAMBI2021-12-28T21:53:36+07:00Arpizalarpizalh@gmail.comNovia Sri Dwijayantiarpizalh@gmail.com<p> Penelitian bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan dan Pengalaman <br>Berwirausaha terhadap Sikap Berwirausaha mahasiswa PMW Universitas Jambi. Pengumpulan data dengan <br>angket. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi berganda. Dari penelitian <br>ini hasilnya adalah secara parsial terdapat pengaruh yang signifikan antara pendidikan kewirausahaan (X1) <br>terhadaap sikap berwirausaha (Y) namun tingkat signifikansi yang dihasilkan rendah. Terdapat pengaruh <br>positif dan juga signifikan antara Pengalaman Berwirausaha (X2) terhadap Sikap Berwirausaha (Y). Dan <br>secara simultan ada pengaruh yang positif dan signifikan antara pendidikan kewirausahaan (X1) dan <br>pengalaman berwirausaha (X2) terhadap sikap berwirausaha (Y) mahasiswa PMW UNJA.</p>2021-12-28T00:00:00+07:00Copyright (c) 2021 PROSIDING SEMINAR NASIONAL DAN CALL FOR PAPERS FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS KRISTEN IMMANUELhttp://journal.ukrim.ac.id/index.php/PFE/article/view/294PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY, GOOD CORPORATE GOVERNANCE DAN SALES GROWTH TERHADAP PENGHINDARAN PAJAK2021-12-28T22:01:12+07:00Felinne Pirenne Kusdionoindriprass@staff.ukdw.ac.idXaveria Indri Prasasyaningsihindriprass@staff.ukdw.ac.id<p> Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh corporate social responsibility, good corporate <br>goverance dan sales growth terhadap penghindaran pajak. Jenis data dalam penelitian ini adalah data <br>kuantitatif. Data diperoleh dari laporan tahunan yang diakses melalui website Bursa Efek Indonesia dan <br>website perusahaan, serta data keuangan pada database Osiris. Metode yang digunakan dalam pengambilan <br>sampel menggunakan purposive sampling. Penelitian ini menggunakan data penelitian berjumlah 32 <br>perusahaan selama 5 tahun sehingga didapatkan 160 data observasi. Metode analisis data yang digunakan <br>adalah metode regresi data panel. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) corporate social <br>responsibility yang diproksikan dengan pengungkapan CSR menggunakan GRI (Global Reporting <br>Initiative) 4 berpengaruh negatif terhadap penghindaran pajak. (2) good corporate governance yang <br>diproksikan dengan proporsi dewan komisaris independen tidak berpengaruh terhadap penghindaran pajak <br>dan, (3) sales growth tidak berpengaruh terhadap penghindaran pajak.</p>2021-12-28T00:00:00+07:00Copyright (c) 2021 PROSIDING SEMINAR NASIONAL DAN CALL FOR PAPERS FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS KRISTEN IMMANUELhttp://journal.ukrim.ac.id/index.php/PFE/article/view/295EFEKTIVITAS LAYANAN KEUANGAN BERBASIS MACHINE LEARNING SEBAGAI KOMPONEN PENDUKUNG KEBIJAKAN MAKROPRUDENSIAL PASCAPANDEMI COVID-192021-12-28T22:07:18+07:00Imanuel Adhitya Wulanata Chrismastiantoimanuel.wulanata@uph.edu<p> Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin pesat di era digital mendorong <br>munculnya berbagai inovasi layanan keuangan berbasis machine learning yang diharapkan dapat <br>mempermudah akses masyarakat dalan melakukan transaksi finansial, apalagi saat ini aksesibilitas tatap <br>muka menjadi sangat terbatas dalam situasi pandemi Covid-19. Tujuan penulisan artikel ini untuk <br>memberikan kontribusi pemikiran perihal efektivitas layanan keuangan berbasis machine learning sebagai <br>komponen pendukung kebijakan makroprudensial pasca pandemi Covid-19. Metode penelitian yang <br>digunakan adalah deskriptif kualitatif melalui tinjauan literatur yang relevan dengan layanan keuangan <br>terkini di era digital kemudian dianalisis menggunakan pendekatan SWOT. Berdasarkan hasil analisis dan <br>pembahasan dapat disimpulkan bahwa layanan keuangan berbasis machine learning sangat efektif dijadikan <br>sebagai komponen pendukung kebijakan makroprudensial pasca pandemi Covid-19 guna menjaga stabilitas <br>sistem keuangan nasional dengan mempertimbangkan faktor kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman <br>sebagai implikasi logis dari implementasi layanan keuangan berbasis machine learning tersebut dalam <br>sistem perekonomian Indonesia.</p>2021-12-28T00:00:00+07:00Copyright (c) 2021 PROSIDING SEMINAR NASIONAL DAN CALL FOR PAPERS FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS KRISTEN IMMANUELhttp://journal.ukrim.ac.id/index.php/PFE/article/view/296FAKTOR-FAKTOR YANG DAPAT DILAKUKAN UMKM DALAM MENGHADAPI PANDEMI COVID-19 (SUATU STUDI LITERATUR)2021-12-28T22:13:49+07:00Bhenu Arthabhenoz27@gmail.comUtami Tunjung Saribhenoz27@gmail.com<p> Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hal-hal yang dapat digunakan UMKM untuk <br>menghadapi kondisi pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan metode studi literatur seperti yang <br>dikemukakan Riley dkk (2020) untuk mengetahui faktor-faktor yang terkait dengan UMKM khususnya pada <br>masa pandemi. Artikel penelitian yang digunakan diambil dari laman sciencedirect.com. Hasil studi pustaka <br>menunjukkan bahwa terdapat beberapa variabel yang mempengaruhi UMKM yaitu dukungan keuangan <br>pemerintah, digital technologies, digitazion, symbiotic relations, dan banking lending.</p>2021-12-28T00:00:00+07:00Copyright (c) 2021 PROSIDING SEMINAR NASIONAL DAN CALL FOR PAPERS FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS KRISTEN IMMANUEL