PENERAPAN BALANCED SCORECARD PADA BISNIS KULINER DI KARANGANYAR
Keywords:
balanced scorecard, kinerja manajemen, perspektif keuanganAbstract
Penelitian ini berupa penyajian gambaran secara lengkap tentang suatu penelitian. Pengukuran yang
digunakan untuk perspektif keuangan yaitu dengan Return On Invesment, Sales Growth, dan Profits Margin;
perspektif pelanggan dengan Kepuasan Pelanggan; perspektif bisnis internal dengan Manufacturing
Effectiveness Cycle dan Number of Imperfect Product; serta perspektif pertumbuhan dan pembelajaran
dengan Kepuasan Karyawan, Produktivitas Karyawan dan Tingkat Perputaran Karyawan. Hasil penelitian
menunjukan bahwa perpektif keuangan dan bisnis internal Warung Omahe Karanganyar memerlukan
perbaikan. Sedangkan untuk perspektif pelanggan serta perspektif pertumbuhan dan pembelajaran perlu
dipertahankan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Balanced Scorecard dapat diterapkan pada manajemen
Warung Omahe Karanganyar.