ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN PENGGUNA TERHADAP PENERAPAN RAIL TICKET SYSTEM (RTS) PT KERETA API INDONESIA (PERSERO) DAERAH OPERASI VI YOGYAKARTA
Keywords:
rail ticketing system (rts), tangible, reliability, responsiveness, kepuasan penggunaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji keberhasilan sistem informasi akuntansi Rail Ticket System
(RTS) pada tingkat kepuasan pengguna. Rail Ticket System (RTS) berkaitan dengan system informasi
akuntansi PT KAI untuk membentuk nilai (value) melalui aktivitas utama yaitu Pemasarana & penjualan,
dan Pelayanan. Aktivitas Pemasarana & penjualan, dan Pelayanan berkaitan langsung dengan pelanggan PT
KAI. Kepuasan pelanggan diperoleh melalui kualitas layanan Rail Ticket System. Kualitas layanan meliputi
aspek tangible, reliability, dan responsiveness. Populasi penelitian adalah penumpang Kereta Api Daerah
Operasi VI Yogyakarta di stasiun Yogyakarta (Tugu) dan Stasiun Lempuyangan, karena di Stasiun Tugu
dan Stasiun Lempuyangan sudah disediakan Vending Machine sebagai salah satu fasilitas pembelian tiket
online dengan aplikasi rail ticket system (RTS). Sampel penelitian adalah penumpang Kereta Api di Daerah
Operasi VI Yogyakarta pada stasiun Yogyakarta (Tugu) dan Stasiun Lempuyangan. Sample penelitian
dipilih menggunakan purposive random sampling. Hasil penelitian menunjukkan variabel tangible dan
variabel kedua, yaitu reliability tidak berpegaruh terhadap kepuasan pengguna. Variabel responsiveness
berpengaruh positif terhadap kepuasan pengguna.