ANALISIS PENGARUH NET PROFIT MARGIN (NPM), RETURN ON ASSETS (ROA), DAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (STUDI KASUS PADA PERUSAHAAN PERTAMBANGAN BATU BARA TERDAFTAR DI BEI TAHUN 2014-2019)

Authors

  • Kristian Suwarni
  • Agus Prasetyanta
  • Lukas Agung Heri Putranto

Keywords:

net profit margin (npm), return on asset (roa), corporate social responsibility (csr), dan nilai perusahaan

Abstract

          Penelitian berjudul Analisis Pengaruh Net Profit Mrgin (NPM), Return On Assets (ROA) Dan
Corporate Social Responsibility (CSR) Terhadap Nilai Perusahaan, Study Kasus pada Perusahaan
Pertambangan Batu Bara yang Terdaftar di BEI Tahun 2014-2019. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui dan menganalisis pengaruh Net Profit Margin (NPM), Return On Asset (ROA), dan Corporate
Social Responsibility (CSR) terhadap nilai perusahaan secara parsial. Serta untuk mengetahui pengaruh dan
analisis Net Profit Margin (NPM), Return on Asset (ROA), dan Corporate Social Responsibility (CSR)
secara simultan terhadap nilai perusahaan. Penelitian ini, menggunakan data sekunder melalui studi pustaka.
Metode pemilihan sampel adalah metode Purposive Sampling. Menggunakan analisis statistik deskriptif,
uji asumsi klasik, regresi sederhana, dan regresi berganda. Berdasarkan hasil analisis regresi sederhana dan
uji t menunjukkan bahwa variabel Net Profit Margin (NPM), Return on Asset (ROA) dan Corporate Social
Responsibility (CSR) secara parsial berpengaruh secara signifikan terhadap nilai perusahaan. Berdasarkan
hasil analisis regresi berganda dan uji F, variabel Net Profit Margin (NPM), Return On Asset (ROA), dan
Corporate Social Responsibility (CSR) secara simultan berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan.

Downloads

Published

2021-12-28