PERAN ETIKA LINGKUNGAN BISNIS DALAM MEMEDIASI PENGARUH GREEN PRODUCT, GREEN MARKETING DAN GREEN ACCOUNTING TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING PASCAPANDEMI COVID-19
Keywords:
green product, green marketing, green accounting, etika lingkungan bisnis, keunggulan bersaingAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh langsung green product, green marketing dan
green accounting pada keunggulan bersaing dan etika lingkungan bisnis pascapandemi Covid-19. Serta
mengetahui peran etika lingkungan bisnis sebagai variabel mediasi. Penelitian ini menggunakan non
probability sampling dengan metode sampling jenuh, sampel sebanyak 37 orang anggota UPPKS
Kalipakem Baru. Analisa data menggunakan analisis regresi berganda, uji t, uji f, dan path analysis. Hasil
penelitian membuktikan secara langsung green product, green marketing, green accounting berpengaruh
secara positif dan signifikan terhadap keunggulan bersaing, sedangkan etika lingkungan bisnis berpengaruh
negatif terhadap keunggulan bersaing. Hasil penelitian selanjutnya green product dan green marketing
mempunyai pengaruh langsung terhadap etika lingkungan bisnis, namun green accounting tidak mempunyai
pengaruh. Secara simultan green product, green marketing, green accounting mempunyai pengaruh
signifikan terhadap keunggulan bersaing dan juga pada etika lingkungan bisnis. Akan tetapi secara tidak
langsung green product, green marketing dan green accounting tidak berpengaruh terhadap keunggulan
bersaing, artinya etika lingkungan bisnis tidak berhasil menjadi variabel mediasi.