LAYANAN TELEKONSULTASI DALAM MEMPERTAHANKAN LOYALITAS PELANGGAN DI PRODIA CABANG SOLO PADA KONTEKS PANDEMI COVID-19

Authors

  • Lyna

Keywords:

perubahan dalam layanan pemasaran, layanan telekonsultasi, loyalitas pelanggan

Abstract

              Dalam masa Pandemi Covid-19, lembaga bisnis dituntut bisa adaptif terhadap perubahan yang terjadi
dimana pelaku bisnis dan konsumen dibatasi melakukan kontak fisik atau pertemuan terbuka demi menjaga
kesehatan dan keselamatan. Apabila lembaga bisnis tidak bisa adaptif dan memberikan solusi layanan
terbaik maka pelanggan akan beralih ke pesaing yang lebih solutif dalam masa sulit seperti sekarang. Prodia
sebagai penyedia layanan kesehatan juga berupaya mempertahankan pelanggan di masa Pandemi Covid-19
dengan layanan telekonsultasi, dimana pasien dan dokter atau tenaga medis dapat berkomunikasi efektif dan
memberikan layanan kesehatan secara daring sehingga pasien tetap dapat dilayani kesehatannya. Tujuan
penelitian ini untuk membuktikan bahwa layanan telekonsultasi mampu mempertahankan loyalitas
pelanggan Prodia Cabang Solo pada konteks Pandemi Covid-19. Metode penelitian menggunakan uji
signifikansi parameter individu (uji statistik t). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa layanan
telekonsultasi berpengaruh positif dan signifikan pada upaya mempertahankan loyalitas pelanggan Prodia
Cabang Solo pada masa Pandemi Covid-19 dengan nilai uji t dimana Layanan Telekonsultasi diperoleh
thitung sebesar 3,666 dan signifikansi sebesar 0,000. Nilai thitung lebih besar dari ttabel dan signifikansi lebih
kecil dari 0,05 dan nilai koefisien regresi 0,609. Layanan telekonsultasi dianggap menjadi cara yang efektif
bagi pelanggan untuk tetap bisa berkomunikasi aman dan efektif dengan dokter atau tenaga medis pada
masa Pandemi Covid-19.

Downloads

Published

2021-12-27