PENGARUH HARGA, KUALITAS PRODUK DAN LOKASI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK BATIK DI KAMPUNG BATIK LAWEYAN KOTA SURAKARTA
Keywords:
harga, kualitas produk, lokasi, keputusan pembelianAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh faktor harga, kualitas produk dan lokasi
terhadap keputusan pembelian di kampung batik Laweyan di kota Surakarta. Populasi seluruh konsumen
Batik di Kampung Batik Laweyan. Metode pengambilan sampel menggunakan purposive sampling.
Penelitian ini menggunakan uji analisis regresi berganda dan untuk pengujian hipotesis menggunakan uji t
uji F serta koefisien determinasi. Hasil dari analisis data di nyatakan bahwa harga yang semakin baik akan
membuat para konsumen tertarik untuk membeli batik di Kampung Batik Laweyan. Variabel kualitas
produk tidak terlalu dipedulikan oleh konsumen dan lokasi toko yang jauh ataupun dekat mempengaruhi
keputusan pembelian batik di kampung batik laweyan. Untuk pengujian bersama-sama di simpulkan bahwa
harga, kualitas produk, dan lokasi berpengaruh terhadap keputusan pembelian batik dikampung laweyan.
Sedangkan hasil uji koefisien determinasi hanya 21% variasi dari keputusan pembelian dapat dijelaskan
oleh variabel harga, kualitas produk, dan lokasi, sisanya sebesar 79% dijelaskan oleh variabel lain yang
tidak masuk dalam model penelitian.