ASPEK CITRA GERAI PADA KOMUNIKASI PEMASARAN ONLINE
Keywords:
konsumen, citra gerai, komunikasi pemasaran daringAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana citra gerai memoderasi pengaruh komunikasi
pemasaran online terhadap niat beli konsumen. Komunikasi pemasaran online ini bisa dilihat dari paparan
mengenai content maupun desain yang terpampang melalui web site perusahaan. Penelitian ini di lakukan
dalam upaya peneliti mengambil peran dalam keberlangsungan industri ritel ditengah suasana pandemi.
Kondisi pandemi ini menuntut industri ritel untuk mengembangkan sistem komunikasi pemasaran yang
berbasis digital. Responden yang diambil adalah mereka yang berbelanja pada gerai Indomaret dengan latar
belakang sosial ekonomi dan demografi yang beragam. Hasil penelitian diolah dan dianalisis dengan
menggunakan alat analisis regresi moderasi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa content dan
desain komunikasi pemasaran online memiliki pengaruh terhadap niat beli. Disisi lain aspek citra gerai juga
memoderasi secara positif pengaruh content komunikasi pemasaran online terhadap niat beli. Untuk
penelitian yang akan datang perlu di lakukan kajian mengenai penggunaan informasi berbasis digital, untuk
melihat prospek pemasaran digital di industri ritel.