PENGARUH KUALITAS LAYANAN, PERSEPSI HARGA, DAN KETEPATAN WAKTU PENGIRIMAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA J&T EXPRESS DI PERAWANG

Authors

  • Wahyuni Siburian
  • Lucia Nurbani Kartika

Keywords:

kualitas layanan, harga yang dirasakan, ketepatan waktu pengiriman, kepuasan pelanggan

Abstract

                 Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan, persepsi harga, dan
ketepatan waktu pengiriman terhadap kepuasan pelanggan pada J&T Express Perawang. Metode yang
digunakan adalah non-probability sampling, dengan teknik purposive sampling. Metode pengumplan data
yaitu kuesioner, pada 100 sampel. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa kualitas pelayanan
terbukti berpengaruh positif dan signifikan ditunjukkan dengan nilai < 0,05 yaitu 0,011, persepsi harga
terbukti berpengaruh positif dan signifikan ditunjukkan dengan nilai < 0,05, yaitu 0,001, ketepatan waktu
pengiriman terbukti berpengaruh positif dan signifikan yang ditunjukkan dengan nilai < 0,05 yaitu 0,000.
Penelitian ini dilakukan pada bulan Maret 2021. Berdasarkan hasil penelitian ini, variabel kualitas
pelayanan, persepsi harga, dan ketepatan waktu pengiriman berpengaruh signifikan terhadap kepuasan
pelanggan J&T Express di Perawang baik secara simultan maupun parsial. Penelitian ini menunjukkan
bahwa variabel-variabel tersebut mempengaruhi kepuasan pelanggan, sehingga perlu dipertahankan dan
bahkan lebih baik lagi di masa mendatang, di tengah era bisnis digital. Untuk implikasi manajerial, mereka
harus selalu menciptakan nilai tambah bisnis yang akan meningkatkan kepuasan pelanggan.

Downloads

Published

2021-12-27