http://journal.ukrim.ac.id/index.php/JIF/issue/feed JURNAL SAINS DAN KOMPUTER 2024-01-30T00:00:00+07:00 Sunneng Sandino Berutu sandinoberutu@ukrimuniversity.ac.id Open Journal Systems <p>Jurnal sains dan komputer (INFACT) berisi artikel bidang informatika dengan scope: Database Management, Computer Networks, Software Engineering, Graphics and Multimedia, Theory of Computation, Web Technology, Soft Computing, Web Data Management, Software Quality Testing, Artificial Intelligence, Robotics, Augmented and Virtual Reality, Mobile application development, Cloud and Big Data, Cyber security, Data Mining, Information Retrieval, Multimedia Technology, Mobile Computing, Artificial Intelligence, Computer Vision, Image Processing, dan Internet of Things</p> <p>Jurnal INFACT mengundang peneliti, pengajar dan praktisi di bidang Teknologi dan Informasi untuk menerbitkan karya penelitian dalam bentuk original research dan literature review dalam bahasa Indonesia maupun dalam bahasa Inggris. </p> http://journal.ukrim.ac.id/index.php/JIF/article/view/439 Analisis Digital Forensik Metadata pada Rekayasa Digital Image sebagai barang bukti Digital 2023-06-28T10:32:06+07:00 Mansuestus Fransiskus zfrantps@gmail.com Noviyanti P noviyanti@shantibhuana.ac.id <table width="654"> <tbody> <tr> <td width="361"> <p>Perkembangan zaman digital telah mengubah segala hal, termasuk dalam hal fotografi. Foto digital memiliki keunggulan dan kekurangan, termasuk kemampuan untuk dimanipulasi dengan software editing sehingga sulit membedakan antara foto asli dan hasil manipulasi. Foto rekayasa tersebut dapat dengan mudah menyebar melalui media sosial dan menimbulkan kecemasan serta keraguan terhadap kebenaran berita. Motif-motif seperti politik, agama, dan motif pribadi dapat menjadi alasan seseorang melakukan rekayasa foto. Keberadaan berbagai software editing yang mudah digunakan memudahkan proses rekayasa foto. Dalam bidang penelitian, forensik citra digital digunakan sebagai metode ilmiah untuk memperoleh bukti-bukti yang dapat digunakan dalam menentukan keaslian sebuah gambar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeteksi adanya pemalsuan pada foto digital dengan menggunakan pendekatan tersebut. Penelitian ini menggunakan analisa&nbsp; dengan sebuah Tools Offline yaitu Metadata++. Hasil yang di dapat dari penelitian ini yaitu perbedaan Metadata antara foto asli dan foto manipulasi yang menunjukkan adanya perubahan dari kedua foto tersebut.</p> </td> </tr> </tbody> </table> 2024-01-30T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 Mansuestus Fransiskus, Noviyanti P http://journal.ukrim.ac.id/index.php/JIF/article/view/496 Implementasi Text Clustering Terkait Pilpres 2024 Menggunakan Metode K-Means 2024-01-04T17:13:25+07:00 Miquel Yosafat yosafatmiquel@gmail.com Jatmika jatmika@ukrimuniversity.ac.id <p>This research focuses on implementing the K-Means Clustering method to analyze public opinion regarding the 2024 presidential election. The K-Means algorithm, as a data mining method without direction, is used to group opinion data that has similar characteristics. The results of the cluster analysis confirmed the absence of text that was sarcastic or sarcastic in the Twitter data taken. Clusters were divided and categorized based on the text approach, and the results showed that the word "pilpres" appeared the most with a total count of 1778, while the word "ahy" appeared the least with a total count of 15. This research provides in-depth insight into public perceptions of the 2024 presidential election through analysis opinion data clusters on social media.</p> 2024-01-30T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 Miquel Yosafat http://journal.ukrim.ac.id/index.php/JIF/article/view/467 Pembuatan Game Visual Novel Sebagai Media Perkuliahan Menggunakan Ren’Py Berbasis Android 2024-01-02T16:38:09+07:00 Rudi Eko Sanjaya Siagian rudy.eko28@gmail.com Retno Palupi palupiretno748@gmail.com <p><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;">Game visual novel adalah permainan yang menggabungkan narasi dan grafis, memberikan pengalaman interaktif kepada pengguna. </span><span style="vertical-align: inherit;">Penelitian ini bertujuan mengembangkan game visual novel sebagai media perkuliahan di Android dengan menggunakan platform Ren'Py dan metode air terjun. </span><span style="vertical-align: inherit;">Langkah-langkahnya meliputi pengumpulan data, analisis kebutuhan, dan perancangan sistem menggunakan metode HIPO. </span><span style="vertical-align: inherit;">Proses pengembangan meliputi tahap perancangan sistem dan implementasi, termasuk perencanaan materi perkuliahan, desain karakter, dan aset grafis. </span><span style="vertical-align: inherit;">Penulis mengimplementasikan game dengan Ren'Py, menyesuaikan tampilan antarmuka yang ramah pengguna, memastikan game berjalan lancar di Android, dan menguji kinerja serta kualitas visualnya. </span><span style="vertical-align: inherit;">Hasilnya adalah game visual novel edukatif yang menarik, </span><span style="vertical-align: inherit;">Menyampaikan materi kuliah dengan cerita yang menarik dan interaktif, mendorong pengguna belajar dengan cara yang lebih menyenangkan. </span><span style="vertical-align: inherit;">Game ini diharapkan dapat meningkatkan minat dan motivasi mahasiswa dalam belajar serta menjadi alternatif menarik bagi metode perkuliahan, menggabungkan pendidikan dan hiburan.</span></span></p> 2024-01-30T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 Rudi Eko Sanjaya Siagian, Retno Palupi http://journal.ukrim.ac.id/index.php/JIF/article/view/456 Sistem Pendataan Desa Berbasis Website Di Desa Kampet 2024-01-02T16:42:16+07:00 Lili Lerian sari lilileriansari@gmail.com Maya Sari maya.sari@shantibhuana.ac.id <p>Pendataan desa ini sangat bermanfaat bagi kalangan perdesaan sekarang ini apalagi dengan adanya dunia teknologi-teknologi di era sekarang ini apapun akan serba cangih dan serba teknologi, oleh karena itu kami telah membuat sistem pendataan desa berbasis website ini dengan adanya sistem ini pemerintah desa bisa lebih mudah menginput dan mencari data-data penduduk desa tersebut. Sistem ini juga akan menyimpan data-data masyarakat desa dengan aman sehingga tidak akan hilang begitu saja. Sistem ini juga akan dikembangkan sehingga akan semakin cangih bila dipergunakn pemerintah. Dalam merancang sistem ini terdapat begitu banyak referensi-referensi dan komentar yang saya dapatkan sehingga terbentuklah sebuah sistem pendataan sederhana ini.</p> 2024-01-30T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 Lili Lerian sari, Maya Sari http://journal.ukrim.ac.id/index.php/JIF/article/view/468 SISTEM INFORMASI UNTUK PELAPORAN KEGIATAN MAINTENANCE GEDUNG SEKOLAH (Studi Kasus: Sekolah Kristen Pelita Nusantara Kasih) 2023-11-29T12:39:02+07:00 Retno Palupi palupiretno748@gmail.com Yosua Adi Pradana Pradana xcellent.yap@gmail.com Omega Rimba Gumilang omega.rimba@gmail.com <p>Pengelolaan dan pemeliharaan fasilitas gedung di Sekolah Kristen Pelita Nusantara Kasih Surakarta masih tergolong manual dan belum memiliki sistem perencanaan yang efektif. Akibatnya, informasi mengenai daftar fasilitas yang memerlukan perawatan atau penggantian sulit didapatkan dengan cepat dan tepat, sering kali baru muncul setelah fasilitas mengalami kerusakan.Situasi ini berpotensi mengganggu kelancaran kegiatan pembelajaran dan kenyamanan di sekolah. Oleh karena itu, diperlukan solusi berupa aplikasi Sistem Informasi Pelaporan Pemeliharaan Gedung. Aplikasi ini akan mencakup jadwal perawatan, jenis dan jumlah perbaikan fasilitas yang sedang atau akan dilakukan. Hal ini akan berkontribusi pada peningkatan kualitas pelayanan Sekolah Kristen Pelita Nusantara Kasih Surakarta kepada semua anggota akademiknya.Melalui penelitian ini, dikembangkan aplikasi khusus untuk pemeliharaan fasilitas di sekolah tersebut. Aplikasi ini bertujuan mempermudah manajemen pemeliharaan fasilitas, menyajikan laporan data fasilitas, dan mengatur jadwal perbaikan dengan cepat, akurat, dan selalu terkini. Aplikasi ini diharapkan dapat menjadi alat yang efektif dalam pembuatan laporan dan perencanaan pemeliharaan fasilitas gedung.</p> 2024-01-30T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 Retno Palupi, Yosua Adi Pradana Pradana, Omega Rimba Gumilang http://journal.ukrim.ac.id/index.php/JIF/article/view/466 Analisis Sentimen Masyarakat Terhadap Direktorat Jenderal Pajak 2024-01-02T16:39:45+07:00 Juli Supriyanto Gea supriyantogea@gmail.com Haeni Budiati heni@ukrimuniversity.ac.id Kristian Juri Damai Lase kristian@ukrimuniversity.ac.id Sunneng Sandino Berutu sandinoberutu@ukrimuniversity.ac.id <p>One process of recognizing opinions in the form of text to determine emotions neutrally, positively, or negatively is called sentiment analysis. Sentiment analysis will explore people's emotions from texts conveyed through various social media.</p> <p>Directorate general of taxes as data taken from twitter for analysis was used by the author to support research. Data collection is done by searching and collecting data with tax keywords from twitter, so that it can be analyzed to determine public sentiment. From the data collected and analyzed, 40.5% were neutral, 39.4% positive, and 20.1% negative.</p> 2024-01-30T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 Juli Supriyanto Gea, Haeni Budiati